Pejuang Data Mutu DKI Jakarta Beraksi Sukseskan PMP 2020-EDS Covid19

Dalam rangka meningkatkan pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan, LPMP Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengumpulan Data Mutu Pendidikan Provinsi DKI Jakarta yang dilaksanakan secara bertahap dalam 5 Angkatan.  Angkatan 1 (9-10 November 2020) untuk wilayah Jakarta Selatan, Angkatan 2 wilayah Jakarta Utara dan Kepualauan Seribu (12-13 November 2020), Angkatan 3 wilayah Jakarta Timur (16-17 November 2020), Angkatan 4 wilayah Jakarta Pusat (19-20 November 2020) dan diakhiri dengan Angkatan 5 wilayah Jakarta Barat (23-24 November 2020). Seluruh kegiatan dilakukan secara daring dihadiri oleh 540 orang peserta terdiri dari Kasatlak Kecamatan, Pengawas dan Operator Sekolah di wilayah DKI Jakarta.

Pada pembukaan kegiatan Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Bapak Moh. Salim Somad, S.Kom, M.Pd menyampaikan evaluasi pelaksanaan pengumpulan data PMP tahun 2019. Berdasarkan batas akhir waktu pengiriman data di 1 Oktober 2020 progres pengiriman data propinsi DKI Jakarta berada di urutan ke-12 dari seluruh Indonesia dengan persentase sebesar 97,91%.

Terdapat beberapa terobosan aplikasi e-EDS Tahun 2020, sehingga diharapkan pengumpulan data PMP tahun 2020 harus lebih baik lagi. Agar bisa mencapai target 100% pengumpulan data PMP di wilayah Provinsi DKI Jakarta diperlukan koordinasi dan sinergi antara Setditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, LPMP Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Satuan Pelaksana Kecamatan serta Operator Satuan Pendidikan yang merupakan ujung tombak dari pengumpulan data. Seluruh pemangku kepentingan di atas bertugas mengawal dan membina seluruh pejuang data mutu di setiap wilayah agar fokus  pada data dengan kuantitas dan kualitas yang lebih baik.  Dengan demikian, kebijakan yang diambil berdasarkan data yang valid, akurat dan terpercaya akan tepat pada sasaran serta mengimbaskan ilmu yang diperoleh ke rekan sejawat atau sekolah di wilayahnya masing-masing.

Sesaat setelah acara pembukaan, materi Pemanfaatan Data PMP di Provinsi DKI Jakarta disampaikan oleh narasumber dari perwakilan unsur Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta antara lain Bapak Suharno selaku Kepala Pusdatikomdik dan M. Husin, M.Pd selaku Kepala Bidang SMP-SMA. Materi kedua disampaikan oleh Koordinator Penjaminan Mutu dan Kerja Sama, Katman, S.Pd., M.A. serta Jusuf Rokhmat, MT dari Setditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, Kemdikbud yang membahas tentang Kebijakan Penjaminan Mutu 2020 dan Rancangan Kebijakan Penjaminan Mutu 2021. Salah satu isi materi yang menarik adalah terkait dengan program Merdeka Belajar dan perubahan struktur organisasi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) menjadi Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) di tahun 2021.

Materi Konsep Pengukuran Mutu Pendidikan disampaikan secara lugas dan bersemangat oleh Tim Fasilitator Nasional antara lain Parjuangan Lubis M.Pd dan Purwanto, M.Pd yang juga merupakan Pengawas Sekolah di Provinsi DKI Jakarta. Selanjutnya materi tekait Aplikasi EDS 2020 Covid19 dibahas tuntas oleh Henry Gunawan Ardi SP, MBA beserta rekan-rekan dari Tim Pengembang PMP Setditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen mulai dari proses instalasi, registrasi, prefil dan tarik data sampai dengan pengisian instrumen melalui aplikasi EDS 2020 versi desktop dan offline surveys (melalui hp android).

Di hari kedua materi Manajemen PMP serta E-Supervisi masih bersama Tim Pengembang PMP yang dilanjutkan dengan praktek pengisian instrumen di aplikasi EDS 2020 serta penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) Strategi pengumpulan data mutu pendidikan yang dipandu oleh narasumber Tim Fasilitator Daerah sesuai dengan wilayah di masing-masing angkatan.

Seluruh peserta mengikuti rangkaian kegiatan dengan sangat antusias dan bersemangat, terlebih di hari kedua ada kuis dengan hadiah menarik yang disampaikan oleh Bapak Henry selaku narasumber melalui aplikasi Diskuis yang juga merupakan hasil karya Tim Pengembang PMP ini.

Sebelum penutupan masing-masing kelompok yang terdiri dari Pengawas Sekolah, Kasatak dan operator sekolah berdasarkan wilayah kecamatan mempresentasikan hasil diskusi kelompok berupa evaluasi instrumen, aplikasi dan strategi pengumpulan data mutu pendidikan yang dilaksanakan segera setelah para peserta melaksanakan kegiatan Bimtek.

Di akhir kegiatan, Koordinator Fungsi Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi, Ibu Uswatun Hasanah, SE, M.Ak menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman pada peserta tentang pemetaan mutu pendidikan berdasarkan 8 SNP serta yang terpenting yaitu “Kerjasama, Koordinasi, Kepedulian” oleh masing-masing pemangku kepentingan yaitu para pejabat di tingkat Dinas Pendidikan Provinsi, Suku Dinas  Pendidikan, Satlak di Kecamatan, Operator Fasnas dan Fasda, serta Operator Sekolah untuk melaksanakan hasil Rencana Tindak Lanjut terkait strategi percepatan pengumpulan data rapor mutu melalui Sistem Aplikasi e-EDS Tahun 2020 sehingga proses pengumpulan data tersebut dapat selesai sesuai dengan target waktu yang telah ditetapkan.

Di akhir kegiatan disampaikan testimoni oleh perwakilan peserta yang juga merupakan pemenang Diskuis dari wilayah Jakarta Barat, Adjie Suprayitno dari SD NEGERI KAPUK 15 PAGI, Jakarta Barat menyampaikan : “Terima kasih atas kesempatan mengikuti Bimtek ini, mudah-mudahan kegiatan ini bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas penjaringan data yang hanya diberikan waktu beberapa hari saja, semoga DKI Jakarta bisa menjadi peringkat 1 seluruh Indonesia”.

(OMS)

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..