OJS, Langkah Pertama!
Uswatun Hasanah, SE, M.Ak

Tahun 2008 adalah kelahiran bagi Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan (JLMP) LPMP Provinsi DKI Jakarta. Hingga kini tahun 2021 media JLMP menjadi wadah candradimuka dalam menerbitkan jurnal ilmiah pendidik, tenaga kependidikan, dosen, praktisi pendidikan dan jabatan fungsional lainnya di dunia pendidikan.

Para penulis terlebih dahulu melewati tahap sosialisasi, pelatihan karya tulis ilmiah, seleksi naskah, dan pembimbingan, sehingga artikel dinyatakan layak untuk terbit cetak. Untuk memastikan standarisasi tulisan, setiap penulis akan didampingi oleh tim penyunting yang berasal dari tim internal LPMP Provinsi DKI Jakarta yang akan mereviu kesesuaian artikel dengan pedoman selingkung yang ditetapkan. Selain itu, terdapat tim Mitra Bebestari yang merupakan dosen dan praktisi pendidikan dengan latar belakang yang disesuaikan dengan masing-masing naskah sehingga dapat memberikan masukan dan saran perbaikan secara substansi.

Setiap tahunnya JLMP terbit 3 edisi dengan masing-masing edisi terdiri dari 10 jurnal ilmiah. Cetakan jurnal tersebut kemudian akan disebar ke para penulis dan stakeholder LPMP Provinsi DKI Jakarta lainnya. Hal ini telah berlangsung selama 13 tahun hingga tahun 2021. Namun kini, kita tidak dapat menafikan perubahan zaman. Tujuan dasar dari program JLMP tidak hanya memberikan pelayanan bagi peningkatan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dalam penerbitan karya tulis ilmiah serta memberikan ruang publikasi naskah yang dapat digunakan sebagai penilaian angka kredit. Selain itu, jurnal ilmiah yang dihasilkan melalui media JLMP LPMP Provinsi DKI Jakarta ini diharapkan dapat didiseminasikan bagi PTK lainnya sehingga bermanfaat secara global.

Mengglobal tidak terbatas di skala nasional, namun hingga menjadi santapan jurnal ilmiah internasional adalah tuntutan saat ini. Globalisasi yaitu terpublikasinya setiap jurnal secara online sehingga dapat dengan mudah diakses oleh berbagai pihak yang membutuhkan. LPMP Provinsi DKI Jakarta menjawab tantangan tersebut dengan memulai tahapan untuk bertransformasi dari versi cetak menjadi e-journal.

Kegiatan Bimtek Manajemen OJS yang dilaksanakan pada tanggal 28 s.d. 30 Oktober 2021 bertempat di Hotel Aston Grogol Jakarta diikuti oleh 28 orang peserta yang bergabung dalam dewan redaksi dan staf ASN lainnya. Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd, membuka kegiatan dan memberikan pengarahan agar setiap ASN selalu semangat dan optimis mengemban tugas dan beradaptasi menghadapi berbagai tantangan zaman.

Where there is a will, there is a way.” yang bermakna jika seseorang sudah bertekad untuk melakukan sesuatu maka ia akan menemukan cara untuk mencapainya terlepas dari hambatan yang ada. Sejalan dengan “Langkah Pertama” yang dilakukan oleh Tim JLMP yang memulai wajah baru pengiriman dan penerbitan jurnal semula cetak menjadi elektronik melalui media OJS.

OJS atau Open Journal System adalah aplikasi open source yang familiar digunakan untuk mem-publish tulisan ilmiah. Peralihan dari media cetak menjadi online ini memberikan berbagai manfaat baik bagi pengelola maupun penulis.

Pengelolaan JLMP berada di bawah koordinasi Fungsi Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi, yaitu Ibu Uswatun Hasanah, SE, M.Ak selaku Koordinator dan Pemimpin Redaksi. Beliau menyampaikan berbagai manfaat pengelolaan jurnal melalui OJS bagi pengelola, diantaranya proses penerbitan menjadi lebih cepat, biaya penerbitan dan pengelolaan menjadi lebih murah, distribusi lebih cepat dan murah, memudahkan mendapatkan sponsor/hibah, serta jurnal dikenal luas oleh komunitas akademik, industri dan lainnya.

Selain itu, penulis juga akan memperoleh kepastian artikel diterima/tidak lebih cepat, diseminasi pemikiran atau hasil temuan penulis ke pembaca lebih cepat dan meluas, memperbanyak jumlah pembacanya, penulis dikenal luas, semakin bermanfaat bagi sesama, dapat digunakan untuk pengajuan peningkatan jabatan fungsional dan karir akademik, serta bisa mendatangkan “berkah ekonomi” (gaining finding).

Sesuai dengan target kegiatan, selanjutnya pengenalan tentang web jlmp.kemdikbud.go.id, tata cara penggunaan aplikasi OJS sebagai Editor in Chief, Manager Editor, Section Editor, Reviewer,  Manager Editor, Layout Editor, Jurnal Manager dan Copy Editor dibahas dan diuji coba kepada seluruh peserta kegiatan melalui bimbingan narasumber Dr. Leonard, MM, M.Pd, Konsultan Eduresearch Mitra Inovasi.

Berbagai peran ini akan melibatkan tim internal LPMP Provinsi DKI Jakarta, diantaranya terkait dengan ketentuan penulisan dan plagiarisme serta tim Mitra Bebestari untuk melakukan reviu secara substansi sesuai dengan displin ilmunya masing-masing.

Persiapan menuju OJS ini merupakan langkah awal dari rencana untuk melakukan akreditasi terhadap JLMP LPMP Provinsi DKI Jakarta. Akreditasi jurnal menjadi poin penting untuk memastikan bahwa kelembagaan penerbit jurnal, manajemen pengelolaan jurnal, SDM pendukung, subtansi artikel, keberkalaan dan hal-hal lainnya yang telah dilakukan oleh JLMP Provinsi DKI Jakarta sesuai dengan standar mutu Lembaga Akreditasi yang ada di Indonesia yaitu Arjuna (Akreditasi Jurnal Nasional).

Widyaprada sekaligus Wakil Pemimpin Redaksi Ibu Rakhmah Kurniawaty, S.Kom, S.S, S.T, melakukan invetarisasi kesiapan JLMP, kompetensi SDM, dukungan lembaga, tahapan rencana kerja, dan kesepakatan POS JLMP, bersama seluruh peserta di akhir kegiatan. Informasi ini sangat penting untuk mengawal setiap tahapan agar dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

Hidup…

terlalu menantang untuk diabaikan,

terlalu manis untuk dirasakan tawar,

terlalu besar untuk dinikmati sendirian.

 

Semangat tim!

Manfaat yang mengglobal adalah sebuah Mimpi Besar

Yang indah untuk diperjuangkan!

 

 

 

 

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..