Menuju Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan Tahun 2021

Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan (JLMP) LPMP Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2008 telah banyak membantu guru dan tenaga kependidikan dalam menerbitkan karya tulis ilmiahnya.  Pada tahun 2021 ini diharapkan pelaksanaan penerbitan JLMP dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Proses pelaksanaan penerbitan hasil penelitian guru dan jabatan fungsional lainnya melalui JLMP dilakukan melalui serangkaian kegiatan dimulai dengan Rapat Persiapan Penyusunan Jurnal Tahun 2021 dengan Dewan Redaksi. Setelah itu maka dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi dengan Mitra Bebestari dan dilanjutkan dengan kegiatan Pelatihan Penulisan Jurnal yang bertujuan menjaring naskah baru, seleksi administrasi dan konten oleh penyunting internal, pengumuman, Finalisasi Penulisan Jurnal, revisi naskah, layout dan percetakan.

Pada hari Rabu tanggal 21 April 2021, telah dilaksanakan Pelatihan Penulisan Jurnal Tahun 2021. Pelatihan ini dilakukan secara daring dan diikuti oleh oleh 293 peserta, dimana 252 peserta mengikuti melalui zoom meeting, sedangkan 41 peserta mengikuti melalui siaran langsung di youtube.  Pemisahan peserta karena keterbatasan kuota untuk zoom meeting yang hanya memiliki kapasitas 300 orang.  Pelatihan ini dibuka oleh Ibu Uswatun Hasanah, SE, M.Ak selaku Pemimpin Redaksi JLMP dan Koordinator Fungsi Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi.

 

Tujuan Pelatihan Penulisan Jurnal Tahun 2021 adalah memberikan pemahaman mengenai cara mengubah hasil penelitian menjadi naskah jurnal;  Memberikan pemahaman mengenai Gaya Selingkung JLMP Tahun 2021;  serta memberikan informasi mengenai proses penerbitan JLMP Tahun 2021.  Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini peserta memahami mengenai cara mengubah hasil penelitian menjadi naskah jurnal; peserta memahami mengenai Gaya Selingkung JLMP Tahun 2021;  serta peserta memahami mengenai proses penerbitan JLMP Tahun 2021.

Materi pertama yang berjudul Sosialisasi Pelaksanaan Penyusunan   JLMP, yang disampaikan oleh Ibu Uswatun Hasanah, SE, M.Ak.  Isi materi berkaitan dengan latar belakang, tujuan, hasil yang diharapkan, sasaran peserta, kepanitiaan, struktur program, jadwal penerbitan, sistematika dan gaya selingkung JLMP, dan tata tertib pelatihan.

Materi kedua disampaikan oleh Bapak Agung Sedayu, M.Sc, Lektor di Program Studi Biologi FMIPA, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).  Pak Agung Sedayu menyampaikan materi Teknik penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI), khususnya penulisan jurnal.  Isi materi Pak Agung antara lain: Cara menyiapkan manuskrip, cara agar tulisan diperhatikan oleh editor, pemberdayaan pustaka daring, pemanfaatan Google Scholar, dan cara menggunakan aplikasi Mendeley untuk membuat sitasi dan daftar pustaka secara akurat.

       

Setelah pelatihan selesai, peserta diharapkan dapat membuat naskah jurnal yang berkualitas dan sesuai gaya selingkung JLMP, sehingga dapat lulus seleksi dan dapat masuk ke tahap berikutnya.  Semoga pelaksanaan penerbitan JLMP Tahun 2021 dapat berjalan dengan sukses dan lancar, sesuai dengan rencana yang  ditetapkan. (HM)

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..