Meningkatkan Mutu Naskah Penelitian Melalui Seleksi Naskah JLMP

Menulis Karya Tulis Ilmiah adalah suatu ketrampilan yang dimiliki oleh setiap individu yang telah melakukan penelitian. Begitu juga untuk tenaga pendidik dalam kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, juga diharapkan memiliki ketrampilan membuat karya tulis ilmiah. Tetapi pada kenyataannya sebagian besar tenaga pendidik masih berkutat pada proses pembelajaran dan pola pembelajaran yang harus diterapkan pada satuan pendidikan tempat bertugas.

Tenaga pendidik belum terbiasa untuk melakukan penelitian saat proses belajar mengajar yang diciptakan berlangsung dan menuliskannya dalam bentuk karya tulis ilmiah. Padahal jika ketrampilan ini sudah dimiliki oleh para tenaga pendidik, hal ini sangat bermanfaat untuk pengembangan profesionalisme yang bersangkutan.

LPMP DKI Jakarta melalui Seksi Sistem Informasi yang memiliki tugas pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan menengah, sejak tahun 2008 telah banyak membantu mempublikasikan hasil penelitian guru melalui Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan (JLMP).  Pada tahun 2019 ini untuk mempublikasikan kegiatan hasil penelitian guru ini dimulai dengan kegiatan Seminar Teknik Penulisan Karya Tulis dan Artikel Ilmiah pada bulan Maret lalu. Sebagai prasarat peserta yang dapat  mengikuti kegiatan seminar ini harus mengirimkan karya tulis ilmiahnya atau hasil penelitiannya terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan naskah yang bermutu dan  dapat dipublikasikan, maka dirancang rangkaian kegiatan mempublikasikan penelitian guru ini. Rangkaian kegiatan dimulai dari seminar, seleksi administrasi, seleksi naskah dan  pendampingan penulisan artikel ilmiah secara online  sebelum dimuat di Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan (JLMP) 3 edisi tahun 2019 ini.

Kegiatan seleksi administrasi telah dilaksanakan  dengan menyeleksi 100 naskah yang sudah masuk dari peserta seminar, didapat 60 naskah yang akan diseleksi melalui paparan penulis untuk mendapatkan 30 naskah yang akan didampingi secara online dan dimuat pada Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan LPMP DKI Jakarta.

Pada kegiatan seleksi naskah ini, 60 peserta  harus memaparkan naskah penelitiannya , dan tiap 10 pemapar akan diseleksi oleh tim pembahas yang terdiri dari widyaiswara, PTP, dan staf SI. Dari 60 naskah ini akan terseleksi menjadi 30 naskah yang akan diundang untuk bertemu dengan mitra bebestari sebelum mereka didampingi secara online. Melakukan penelitian itu tidaklah hal mudah bagi seorang pendidik yang tugas dan fungsinya adalah mendidik, tetapi apresiasi setinggi-tingginya bagi seluruh peserta yang sudah hadir dan sebagian besar adalah pendidik yang sudah dapat membuat naskah untuk mengikuti seleksi agar dapat dimuat di JLMP. Hasil dari seleksi ini akan diterima panitia pada tanggal 10 Juni 2019 karena tim seleksipun harus melakukan penilaian untuk keorisinilan naskah yang terseleksi.

Rangkaian kegiatan ini disusun dengan tujuan dapat terus meningkatkan mutu naskah penelitian yang akan dimuat di Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan (JLMP) LPMP DKI Jakarta. (dsl)

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta