Memanfaatkan Canva for Education untuk Membuat Media Pembelajaran Digital
Ati Rosidah, M.Pd PTP LPMP Provinsi DKI Jakarta

Melalui program Kemdikbud dengan pemberian akun belajar.id kepada seluruh guru jenjang SD, SMP, SMA,  SMK dan SLB, maka akun belajar ini bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran yang bervariatif. Salah satu pemanfaatan akun belajar.id, yaitu bisa dimanfaatkan untuk mendaftar pada platform Canva For Education.

Canva adalah platform berbasis web yang bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai desain menarik. Berdasarkan info pada web canva for education, berikut kelebihan jika kita telah mendapatkan akunnya yaitu:

  1. Lebih dari 420.000 template
  2. Lebih dari 75 juta foto stok, video, dan grafis premium yang dapat digunakan secara gratis
  3. Lebih dari 3.000 font
  4. Publikasikan tugas dan aktivitas untuk siswa Kamu
  5. Akses konten Kamu dari Google Drive, Dropbox, dan Folder
  6. Buat desain Kamu menarik dengan Bitmoji, Giphy, dan YouTube
  7. Bagikan desain Kamu melalui Google Classroom, Microsoft Teams, dan

Dengan berbagai kelebihan yang diperoleh oleh guru yang berhasil mendaftarkan akun belajar.id nya, maka guru bisa menggunakan berbagai fasilitas desain grafis baik gambar maupun video secara gratis untuk membuat media pembelajaran digital secara maksimal dan menarik bagi siswa.

Untuk bisa mendapatkan akun canva for education maka guru bisa mendaftar dengan menggunakan akun belajar.id. Untuk mendaftar di canva for education maka guru terlebih dahulu menyiapkan sertifikat pendidik dan akun belajar.id nya. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Mengakses alamat web https://www.canva.com/id_id/pendidikan/
  2. Setelah masuk alamat web kita diarahkan untuk melakukan pendaftaran. Untuk mendaftar klik daftar sekarang

 

  1. Lalu kita akan mendaftar dengan akun gmail

 

  1. Selanjutnya masukan akun belajar.id kita

 

  1. Setelah memasukan akun belajar.id, silahkan klik ajukan akun sekarang

6. Langkah selanjutnya adalah mengisi form pengajuan akun

Pada bagian ini silahkan isi data-data yang diminta sampai lengkap, termasuk pada bagian akhir kita diminta untuk mengupload                 file bukti kualifikasi mengajar (bisa SK Penetapan Profesi Guru)

 

Setelah mendaftar akun canva for education dengan akun belajar, maka nanti tinggal tunggu persetujuan admin canva pada gmail kita.

Setelah disutujui pengajuan akun canva premium dengan akun belajar.id, maka guru dapat memafaatkan berbagai fitur desain grafis yang berbagai pilihan template menarik untuk membuat media pembelajaran.

Manfaat yang bisa kita dapatkan ketika memiliki akun canva for education menurut info pada laman canva adalah sebagai berikut

a. Hemat waktu dengan template siap pakai

Akses ribuan template pendidikan berkualitas tinggi untuk setiap mata pelajaran, kelas, dan keterampilan. Mulai dari IPA dan Matematika, hingga bahasa Inggris, IPS, dan banyak lagi. Canva dapat digunakan untuk semua. Kita juga bisa menemukan lembar kerja, rencana pelajaran, presentasi, poster, laporan, dan banyak lagi, semuanya siap untuk disesuaikan.

b.   Guru bisa menuangkan berbagai kreativitas dalam membuat media dengan akses canva pro

c.   Guru bisa membuat tugas grafis kepada anak-anak baik secara individu maupun kelompok. Tugas ke bisa dibagikan di Google Classroom, Microsoft Teams, atau dari dalam Canva.

d.  Canva juga memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dalam membuat tugas yang diberikan guru. Tugas bisa dikerjakan bersama walaupun anak-anak sedang PJJ. Hal ini karena file bisa dishare kepada orang lain dan bisa diatur settingnya bisa edit atau hanya bisa melihat saja. Untuk kolaborasi berarti setting dibuat tim bisa saling mengedit.

Ada banyak template dan desain yang tersedia, bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran digital, diantaranya bahan paparan materi, e-modul, komik pembelajaran, poster pendidikan dan lain-lain. Sementara canva for education adalah adalah canva dengan akses freemium (premium gratis) untuk para guru. Seperti akun premium atau pro berbayar, Canva memberikan fasilitas pro tersebut secara cuma-cuma untuk guru. Sehingga guru dapat membuat presentasi, dekorasi kelas, infografis, lembar kerja, rencana pelajaran, dan banyak lagi secara bebas tanpa harus membayar.

 

 

 

Bagikan ..
  •  
  •  
  •  
  •  

Noor Fatimah

Bagikan ..
  •  
  •  
  •  
  •  

Open chat