Memaksimalkan Berbagi Praktik Baik melalui Pelaksanaan Studi Tiru antara Lembaga

Studi Tiru pada saat sekarang ini sering dilakukan oleh beberapa lembaga/instansi, baik yang berada dalam satu wilayah/provinsi maupun lintas wilayah/provinsi. Studi tiru dilaksanakan dengan salah satu tujuan untuk membawa manfaat, meningkatkan sinergi, dan membangun kerja sama antara masing-masing lembaga pelaksana Studi Tiru. Pada kegiatan Studi Tiru biasanya diisi dengan berbagi praktik baik yang telah dilaksanakan maupun peninjuan di area kerja yang menjadi tujuan sasaran Studi Tiru. LPMP Provinsi DKI Jakarta pada bulan November 2021 dan bulan Desember 2021 menerima kunjungan Studi Tiru dari Museum Kebangkitan Nasional Jakarta dan LPMP Provinsi Sumatra Selatan.

Museum Kebangkitan Nasional Jakarta pada tanggal 8 Desember 2021 yang terdiri dari Tim Reformasi Birokrasinya melaksanakan Studi Tiru dalam rangka pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)-Reformasi Birokrasi yang bertempat di Ruang Rapat dan meninjau secara langsung beberapa area kerja di LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta (Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd), Kasubbag Tata Usaha (Rina Harjanti, S.Si, M.Pd), Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Ahli Muda/Koordinator Fungsi Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi (Uswatun Hasanah, S.E, M.Ak), serta perwakilan dari masing-masing pengungkit Tim Komite Integritas menerima Tim Reformasi Birokrasi Museum Kebangkitan Nasional Jakarta dengan hangat dan saling berdiskusi tentang praktik baik yang telah dilaksanakan pada masing-masing lembaga.

Kunjungan Tim Reformasi Birokrasi Museum Kebangkitan Nasional Jakarta ditutup dengan kunjung ke beberapa area kerja di LPMP Provinsi DKI Jakarta, antara lain ke Unit Layanan Terpadu (ULT), Security, dan Cleaning Service untuk melihat lebih dekat dan memperoleh informasi terkait implementasi kinerja petugas pada masing-masing area kerja.

Kunjungan Studi Tiru Tim LPMP Provinsi Sumatera Selatan ke LPMP Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan pada tanggal 26 November 2021 dalam rangka Pembangunan Zona Integritas (ZI)-Wilayah Bebas Korupsi (WBK), pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), pengelolaan publikasi, dan membahas tuntas mengenai aplikasi SI PITUNG (Sistem Informasi Program Inovasi Terpadu Unggulan) LPMP Provinsi DKI Jakarta, khususnya mengenai fitur e-supervisi mutu pendidikan.

Kunjungan LPMP Provinsi Sumatera Selatan yang berjumlah 7 orang diterima dengan hangat oleh Widyaprada Ahli Muda/Koordinator Fungsi Pemetaan Mutu dan Supervisi (Upi Purnama Sari, S.Si), Pengelola PBJ Ahli Muda/Koordinator Fungsi Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi (Uswatun Hasanah, S.E, M.Ak), serta beberapa  perwakilan dari masing-masing pengungkit Tim Komite Integritas. Pelaksanaan ini bertempat di Ruang Rapat dan beberapa area kerja di LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Tim dari LPMP Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan kunjungan Studi Tiru ke beberapa area kerja pada masing-masing urusan dan fungsi di LPMP Provinsi DKI Jakarta untuk melihat lebih dekat dan berdiskusi  praktik baik yang telah dilaksanakan dengan para petugas pada masing-masing area kerja, serta pemenuhan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Pada setiap pelaksanaan Studi Tiru ditutup dengan saling bertukar cenderamata antara masing-masing lembaga. Diharapkan melalui Studi Tiru dapat memaksimalkan berbagi praktik baik pada masing-masing lembaga yang akan membawa manfaat, meningkatkan sinergi, dan membangun kerja sama antara lembaga.

Semangat untuk melaksanakan studi tiru dengan semua stakeholder yang ada untuk kemajuan bersama dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. (Nurfa)

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..