LPMP DKI Jakarta siap melaksanakan Pemetaan Mutu Pendidikan di tingkat Provinsi

Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) merupakan suatu sistem yang meliputi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). SPMI merupakan kegiatan penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan  dan dilaksanakan dalam satu siklus penjaminan mutu pendidikan. Siklus tersebut meliputi tahap pemetaan mutu, tahap perencanaan peningkatan mutu, tahap pelaksanaan pemenuhan mutu, tahap monitoring dan evaluasi serta tahap penyusunan strategi peningkatan mutu.

Tahapan pemetaan mutu pendidikan merupakan salah satu tahap penting dalam SPMI karena pada tahap ini, setiap pihak/responden di sekolah melakukan evaluasi diri kondisi masing-masing sekolah. Pada tahun 2019, dikembangkan instrumen pemetaan mutu pendidikan yang telah disesuaikan dengan instrumen program K13, PPK, dan literasi sekolah. Dengan demikian terdapat penyesuaian dalam aplikasi pemetaan mutu.

Rangkaian kegiatan Pemetaan Mutu Pendidikan secara nasional diawali dengan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Fasilitator Nasional Pemetaan Mutu yang dilanjutkan dengan kegiatan Bimtek Fasilitator Daerah Pemetaan Mutu di masing-masing provinsi seluruh Indonesia. Kegiatan ini  bertujuan untuk memperoleh fasilitator daerah yang mampu menggunakan aplikasi pemetaan mutu dan nantinya akan melatih pengawas sekolah dan operator.

Bimtek Fasda Pemetaan Mutu di Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 telah dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 15 sampai dengan 17 Juli 2019 di PPPPTK Penjas BK, Parung, Bogor. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Seksi Sistem Informasi LPMP DKI Jakarta, Widyatmo, M.Pd ini dilaksanakan dalam waktu dengan pola kegiatan 24 JP dengan narasumber Tim PMP Pusat dan Fasnas LPMP DKI Jakarta. Peserta kegiatan ini berjumlah 90 orang yang terdiri dari operator Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Operator Sudin Pendidikan Kab/Kota, Operator Kasi Kecamatan dan staf LPMP DKI Jakarta yang terdiri dari widyaiswara, PTP dan fungsional umum. Setelah mengikuti kegiatan ini peserta dipersiapkan menjadi fasilitator pada kegiatan Bimtek Pengumpulan Data Pemetaan Mutu DKI Jakarta tahun 2019 untuk 383 sekolah sasaran serta pada rangkaian kegiatan pemetaan mutu selanjutnya.

   

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..