LPMP DKI Jakarta Menghadirkan Para Pakar Sebagai Mitra Bebestari Untuk Pendampingan Online JLMP

LPMP DKI Jakarta melalui Seksi Sistem Informasi yang memiliki tugas pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan menengah, sejak tahun 2008 telah banyak membantu melatih guru dalam penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian guru melalui Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan (JLMP).  Pada tahun 2019 ini untuk mempublikasikan kegiatan hasil penelitian guru dilakukan serangkaian kegiatan, dimulai dengan kegiatan Seminar Teknik Penulisan Karya Tulis dan Artikel Ilmiah, seleksi administrasi, seleksi naskah dan  pendampingan penulisan artikel ilmiah secara online.

Untuk mendapatkan naskah yang bermutu dan  dapat dipublikasikan, rangkaian kegiatan diatas sudah dilakukan hingga seleksi naskah. Sebagai rangkaian kegiatan pendampingan penulisan artikel secara online maka dibutuhkan mitra bebestari dan penyunting internal yang akan mendampingi penulis secara online untuk 30 naskah yang sudah lolos pada seleksi naskah. Pendampingan yang akan dilakukan dari naskah penelitian yang sudah dibuat diubah hingga menjadi bentuk tulisan jurnal yang akan dipublikasikan.

Dengan upaya yang maksimal utuk peningkatan mutu artikel ilmiah yang akan dipublikasikan ini, para penulis didampingi oleh mitra bebestari yang akan melakukan reviuw terhadap artikel yang sudah dibuat penulis.

 

Siapakah mitra bebestari untuk tim pendamping yang dipilih LPMP DKI Jakarta?

Mitra Bebestari adalah  orang/ilmuwan/akademisi yang dianggap setara keahlian dan kepakarannya dengan si penulis naskah yang ditanganinya yang dipilih berdasarkan kecendikiaannya karena masih giat dan aktif berkecimpung di dunia penelitian sehingga selalu mempunyai pengetahuan dan keahlian yang terbarukan.  Biasanya dipilih berdasarkan hasil karyanya pada suatu jurnal 10 tahun terakhir.

Pada tahun 2019 ini LPMP DKI Jakarta menghadirkan 5 Mitra Bebestari yaitu:

NO

NAMA

JABATAN / UNIT KERJA

1 Prof. Dr. Yetti Supriyati, M.Pd Guru Besar pada Pendidikan Fisika UNJ
2 Dr. Kadir, M.Pd Lektor Kepala pada Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
3 Dr. Aleks, M.Pd Lektor pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
4 Dr. Diding Nurdin, M.Pd Lektor Kepala bidang studi Administrasi Pendidikan UPI Bandung
5 Dr. Yuliatri Sastra Wijaya, M.Pd Lektor Kepala bidang studi Teknik Informatika Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

 

Mengapa mereka yang dipilih?

Mereka dipilih oleh LPMP DKI Jakarta karena:

  1. Ketersohoran reputasi sebagai seorang ilmuwan
  2. Rekomendasi dari penulis naskah /para pemakalah pertemuan ilmiah berbobot
  3. Memiliki Indeks penulis artikel dan daftar referensi atau pustaka acuan
  4. Sejawat dan mitra berkolaborasi pimpinan/tokoh di lingkungan kerja penyunting ilmuwan kenalan penyunting saat berkegiatan ilmiah
 Apa saja tugas  mitra bebestari itu ?

Tugas Mitra Bebestari adalah :

  • membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial yang selanjutnya disampaikan kepada penulis. Bantuan yang diberikan oleh mitra bestari menyangkut reviuw secara konten terhadap sebuah naskah/artikel.
  • Menerima setiap naskah untuk di reviuw harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
  • Melakukan reviuw secara objektif dengan argumen yang mendukung sesuai kaidah ilmiah.

LPMP DKI Jakarta menghadirkan mereka pada kegiatan Rakor Penetapan Naskah dan tim pendamping untuk Pendampingan Online JLMP. Pada Kegiatan ini tiap-tiap Mitra bebestari melakukan verifikasi naskah yang sudah terseleksi sesuai pengalamannya mereviuw naskah. Para mitra bebestari juga memberikan tips dan trik bagaimana sebuah penelitian yang sudah dilakukan oleh penulis dengan mudah dijadikan naskah /artikel ilmiah dalam bentuk jurnal. Penulis begitu antusias dan memberikan apresiasi kepada LPMP yang sudah memfasilitasi agar naskah yang sudah dibuat dapat dipubikasikan di JLMP LPMP DKI Jakarta.

Kegiatan yang dibuka dan ditutup  bapak Widyatmo, M.Pd, Kasi Sistem Informasi utamanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas isi naskah/artikel ilmiah dalam bentuk jurnal.  Tigapuluh judul naskah yang sudah lulus seleksi oleh tim penyunting internal, akan didampingi oleh 5 mitra bebestari secara online selama 2 bulan. Sehingga diharapkan pada bulan September naskah tersebut sudah dapat masuk ke dalam Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan (JLMP) LPMP DKI Jakarta dalam 3 edisi di tahun 2019 ini.

Di akhir kegiatan, para Mitra Bebestaripun sudah dapat berkelompok dengan para penulis. Tiap mitra bebestari mendapat 6 naskah yang harus di reviuw dari penulis, dan merekapun sudah membuat kesepakatan pendampingan online ini untuk memenuhi waktu 2 bulan yang sudah ditetapkan panitia.

Semoga dengan pendampingan online dari para pakar dan semangat menulis naskah/artikel ilmiah, dapat terus dilakukan, sehingga dapat meningkatkan kualitas naskah yang akan dipublikasikan. (DSL)

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK