Layanan Konsultasi Teknis Pendaftaran Bagi Kepala Sekolah Dalam Program Sekolah Penggerak
Sri Rakhmawanti, S.E., M.M.

Kemdikbud telah meluncurkan Program Merdeka Belajar episode ke-7 yakni Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak (PSP) merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya, dimana program ini merupakan Program kolaborasi antara Kemdikbud dengan Pemerintah Daerah dan komitmen Pemda menjadi kunci utama. Intervensi dilakukan secara holistik, mulai dari SDM sekolah, pembelajaran, perencanaan, digitalisasi, dan pendampingan Pemerintah Daerah. Sekolah yang disasar bukanlah sekolah unggulan, baik negeri maupun swasta, namun sekolah yang mampu bergerak maju dengan delta perubahan yang tinggi. Pendampingan dilakukan selama 3 tahun ajaran hingga sekolah melanjutkan upaya transformasi secara mandiri. Program ini dilakukan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Sekolah Penggerak.

Wilayah yang menjadi sasaran PSP di Provinsi DKI Jakarta adalah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur untuk jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SLB. Setelah dilakukan sosialisasi yang difasilitasi oleh Sudin Pendidikan Wilayah 1 dan 2 Kota Adminstrasi Jakarta Selatan dan Jakarta Timur kemudian dilanjutkan Coaching Clinic dari Kemdikbud pada tanggal 1 Maret 2021.

Mengingat berbagai pertanyaan seputar pendaftaran dari para kepala sekolah, LPMP Provinsi DKI Jakarta sebagai UPT Kemdikbud bekerjasama dengan Ditjen GTK Kemdikbud senantiasa berupaya mensukseskan PSP dengan memberikan bantuan pada kepala sekolah yang bersemangat untuk ikut serta dalam PSP. Pada tanggal 3 – 4 Maret 2021 pukul 13.00 – 16.00 WIB dan 5 Maret 2021 pukul 09.00 – 11.00 WIB, LPMP Provinsi DKI Jakarta membuka Layanan Konsultasi Teknis Pendaftaran bagi Kepala Sekolah dalam PSP. Layanan konsultasi melalui video conference ini inisiatif LPMP Provinsi DKI Jakarta yang bertujuan agar kepala sekolah yang mendaftar bisa mencapai target 4 kali kuota yang ditetapkan untuk Provinsi DKI Jakarta.

Pada Layanan Konsultasi Teknis Pendaftaran bagi Kepala Sekolah dalam PSP ini, Widyatmo, M.Pd, Koordinator Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Kerjasama Peningkatan Mutu Pendidikan menyampaikan bahwa untuk semangat mengikuti PSP dan optimis bahwa 224 sekolah dari Jakarta Selatan dan Jakarta Timur bisa sukses mendaftar.

Kemudian Ulfa Mahmudah, M.Pd dari Ditjen GTK Kemdikbud memandu secara setahap demi setahap mengisi aplikasi pendaftaran PSP dan memberikan solusi bagi kepala sekolah yang mengalami kendala baik administrasi maupun teknis. Dengan Layanan Konsultasi Teknis Pendaftaran bagi Kepala Sekolah dalam PSP ini, terjadi peningkatan jumlah pendaftar, maupun peningkatan status tahapan penyelesaian pendaftaran.

           

Kendala teknis menjadi hambatan yang dirasakan oleh para kepala sekolah, sehingga dengan Layanan Konsultasi Teknis Pendaftaran bagi Kepala Sekolah dalam PSP yang terus menerus, hal itu dapat diatasi. Layanan Konsultasi Teknis Pendaftaran bagi Kepala Sekolah dalam PSP LPMP Provinsi DKI Jakarta juga memfasilitasi sharing pengalaman dari kepala sekolah yang telah berhasil mengirim berkas via aplikasi. Sharing kiat-kiat ini membantu kepala sekolah lain yang juga ingin ikut berpartisipasi pada PSP.

Berikut ini seputar tanya jawab yang terjadi pada Layanan Konsultasi Teknis Pendaftaran bagi Kepala Sekolah dalam PSP

Tanya :  Bagaimana jika lupa akun SIMPKB ?

Jawab :  Silahkan menghubungi operator SIMPKB di Sudin wilayah

 

Tanya :  Bagaimana Pengisian CV dan dokumen apa saja yang harus di kirim?

Jawab :  Isilah CV sesuai dengan data yang diminta, dan melengkapi data yang sudah ada.

Dokumen penting yang wajib di upload adalah :

KTP (dalam bentuk file jpeg/PNG)

 Surat Pernyataan (dalam bentuk PDF)

 

Tanya : Bagaimana cara tips mengisi essai

Jawab :  – Essai terdiri dari 8 butir pertanyaan

  • Pertanyaan essai tentang pengalaman Bapak/Ibu selama menjadi kepala sekolah
  • Pengisian essai harus sesuai nomor urutan (pertanyaan selanjutnya akan terbuka jika pertanyaan sebelumnya sudah di jawab)
  • Salin pertanyaan dan tuliskan jawabannya terlebih dahulu di dalam dokumen word.
  • Selanjutnya, Salin jawaban essai ke dalam aplikasi.

(hal ini membantu Bapak/Ibu jika terkendala  aplikasi tertutup secara otomatis)

Tanya  : Jika sudah mengisi lengkap CV dan essai apa tahap selanjutnya?

Jawab  : Tahap selanjutnya adalah Kirim Berkas

 

Tanya  : Bagaimana cara mengirim berkas ?

Jawab : –  Pastikan terlebih dahulu pengisian CV dan essai sudah lengkap  (tanda ceklis hijau)

–  Klik Kolom Kirim Berkas

  • Selanjutnya berkas Bapak/Ibu akan di validasi oleh tim GTK

 

Tanya : Jika seluruh berkas sudah di setujui, apa langkah selanjunya

Jawab : Bapak/Ibu menunggu jadwal Tes Bakat Skolastik (TBS) yang akan dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan, yaitu antara tgl 8 – 10 Maret 2021 (jadwal akan disampaikan melalui akun SIMPKB atau undangan lainnya)

 

Tanya  : Apakah Tes Bakat Skolastik itu?

Jawab  : Silahkan Bapak Ibu membuka tautan ini :

https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/tbs/https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/tbs

Salam Sukses PSP dan berjayalah sekolah-sekolah di Provinsi DKI Jakarta

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..