Kunjungan Studi Tiru Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Waropen terkait Implementasi Kurikulum Merdeka, Literasi, dan Numerasi
Noor Fatimah, S.KM
Pada tanggal 4 Oktober 2024, BPMP Provinsi DKI Jakarta menerima kunjungan studi tiru dari Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Waropen Papua.. Kunjungan studi tiru ini disambut oleh Ketua Tim Kerja Inovasi dan Transformasi (Susiah Budiarti, M.Pd), Ketua Tim Kerja Data dan Penjaminan Mutu (Sri Sulastri, M.Pd), serta perwakilan PIC dari kedua tim kerja dan beberapa staf Subbagian Umum. Adapun Tim Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Waropen berjumlah 35 orang terdiri dari Koordinator Kepala Seksi Sarana Prasarana (Eddy Leson Nussi) dan staf, 30 orang Kepala Sekolah , dan 3 orang pendamping.
Dalam sambutannya mewakili kepala BPMP Provinsi DKI Jakarta, Ibu Susiah Budiarti, menyampaikan sangat senang dengan kunjungan dari Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Waropen. Selanjutnya beliau berharap diskusi dan sharing praktik baik antar kedua lembaga selama kunjungan akan menjadi spirit dan motivasi bagi teman-teman di Waropen untuk meningkatkan mutu Pendidikan.Semoga dengan berkolaborasi semua pihak peningkatan mutu Pendidikan dapat terwujud.
Selanjutnya Koordinator Kepala Seksi Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Waropen (Eddy Leson Nussi) menyampaikan terima kasih atas sambutan yang hangat dari BPMP Provinsi DKI Jakarta. Bapak Eddy Leson menjelaskan bahwa di Kabupaten Waropen jarak antar satu sekolah dengan sekolah lainnya berjauhan, sebaran sekolah yang tidak merata, susah dijangkau oleh transportasi, jaringan internet sulit terjangkau, dan jumlah pendidik yang terbatas. Hal-hal tersebut berdampak kurang lancarnya terhadap pelaksanaan proses belajar-mengajar dan implementasi Kurikulum Merdeka.Selain itu, program prioritas Kemdikbudristek seperti literasi dan numerasi belum berjalan dengan baik. Beliau sangat berharap melalui kunjungan studi tiru ini akan mendapatkan pengetahuan dan pencerahan terkait pelaksanaan literasi dan numerasi serta mendapatkan praktik baik pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka.
Suasana kunjungan studi tiru semakin hangat pada saat paparan materi dan diskusi antar kedua lembaga. Pembahasan utama pada saat kunjungan ini seputar program Kurikulum Merdeka, Literasi, dan Numerasi. Fokus pembahasan pada implementasi, kendala yang ada, dan strategi untuk menyukseskan program-program tersebut. Hadir membersamai dan memaparkan materi pada saat kunjungan narasumber dari BPMP Provinsi DKI Jakarta yakni Ketua Tim Kerja Data dan Penjaminan Mutu, ibu Sri Sulatri yang memaparkan dengan lengkap terkait Kebijakan BPMP Provinsi DKI Jakarta pada implementasi Kurikulum Merdeka serta Literasi dan Numerasi. Dalam paparannya beliau menegaskan bahwa Rapor Pendidikan adalah alat bantu sekolah dan Pemerintah Daerah dalam melakukan refleksi dan perencanaan yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran untuk murid. Beliau juga memaparkan Best Practice BPMP Provinsi DKI Jakarta pada program literasi dan numerasi pada pembuatan buku pemanfaatan rapor pendidikan yang dapat digunakan oleh para pemangku pendidikan untuk menetapkan kebijakan dalam peningkatan m
utu pendidikan. Ibu Fatmah Yunita, Beliau menyampaikan paparan mulai dari apa itu Kurikulum Merdeka, dasar hukum dan regulasi terkait, Kurikulum Merdeka serta intervensi implementasi Kurikulum Merdeka. Selanjutnya menyampaikan pula mitra kolaborasi dalam menyukseskan implementasi Kurikulum Merdeka. Dari paparan materi dan sharing praktik baik selama kunjungan, selanjutnya Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Waropen berkomitmen akan mencoba mengimplementasikan apa-apa yang didapat selama kunjungan, walaupun dengan keterbatasan yang ada, mereka akan mencoba membuat program-program terkait implementasi Kurikulum Merdeka, Literasi, dan Numerasi.
Kunjungan yang bertempat di kelas Wijaya Kusuma BPMP Provinsi DKI Jakarta ditutup dengan berbagi cinderamata dan foto bersama. Semoga kunjungan ini dapat meningkatkan silahturahmi antar lembaga dan optimalisasi dalam mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka, Literasi, dan Numerasi.