Kunjungan Studi Tiru BPMP Provinsi Maluku Meninjau Pengelolaan Fasilitas di BPMP Provinsi DKI Jakarta
BPMP Provinsi Maluku melaksanakan kunjungan silaturahmi dan studi tiru ke BPMP Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 29 Desember 2022 sebagai salah satu upaya untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan fasilitas.
Kasubbag Umum BPMP Provinsi Maluku (Mobud Soumene, S.Pd, M.Si) bersama timnya meninjau secara langsung fasilitas-fasilitas yang ada di BPMP Provinsi DKI Jakarta. Adapun fasilitas-fasiltas yang dikunjungi meliputi Aula Mitra Nusantara, Unit Layanan Terpadu (ULT), perpustakaan, fasiltas penginapan (Asrama Edelweis dan Asrama Bougenville), dan ruang kelas. Kunjungan Tim BPMP Provinsi Maluku berakhir dengan mengunjungi ruang-ruang kerja setiap Pokja dan urusan untuk melihat fasilitas kerja secara langsung, saling berkenalan antara sesama tim, dan berdiskusi dengan petugas terkait.
Selama berkunjung ke fasilitas-fasilitas tersebut, kedua tim saling berdiskusi dan berbagi pratik baik terkait pengelolaan fasilitas. Hadir menemani Tim Maluku yaitu beberapa perwakilan dari Urusan Keuangan, Urusan Rumah Tangga, serta Urusan Kehumasan dan Layanan perpustakaan BPMP Provinsi DKI Jakarta.
Fokus pengelolaan fasilitas yang diskusikan bersama antara kedua tim terkait Standar Pelayanan yang sudah ditetapkan, prosedur dalam pengajuan peminjaman fasilitas, dokumen-dokumen pelengkap peminjaman fasilitas, sumber daya manusia (SDM) yang terlibat dan tata kelolanya, dan hal-hal lainnya. Untuk BPMP Provinsi DKI Jakarta Standar Pelayanan telah ditetapkan perjenis layanan yang ada termasuk didalamnya Standar Pelayanan Peminjaman Fasilitas. Terdapat pula POS Peminjaman Fasilitas. Dalam pemberian layanan peminjaman fasilitas, pengguna hadir terlebih dahulu ke ULT, dari ULT akan diarahkan dan langsung difasilitasi oleh Unit Layanan Fasilitas (ULF) untuk pemenuhan syarat-syarat dan ketentuan serta pemenuhan dokumen sebagai pengguna layanan. Terdapat data rekap pengguna yang menggunakan layanan peminjaman fasilitas dan data survey kepuasan pengguna layanan sebagai evaluasi terhadap layanan yang diberikan. Terdapat pula tindak lanjut terhadap terhadap hasil survey kepuasan pengguna layanan jika layanan yang diberikan tidak sesuai dengan Standar Pelayanan yang ada.
Informasi Semua fasilitas yang ada di BPMP Provinsi DKI Jakarta secara rinci dapat diakses oleh pengguna layanan melalui website BPMP Provinsi DKI Jakarta. Pada website tercantum penjelasan semua fasilitas yang dimiliki oleh BPMP Provinsi DKI Jakarta, mulai dari foto-foto fasilitas yang ada, penjelasan terkait fungsi masing-masing fasilitas, sarana pendukung yang ada pada masing-masing fasilitas, daya tampung ruangan, dan penjelasan lainnya.
Hal lain yang menjadi fokus perhatian selain berkunjung ke beberapa fasilitas, pada kunjungan kali ini Tim BPMP Maluku terkesan dengan layanan Tim Security BPMP Provinsi DKI Jakarta yang telah menerapkan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) pada saat menerima tamu, demikian pula dalam hal penggunaan pakaian seragam, Tim Security BPMP Provinsi DKI Jakarta telah menggunakan pakaian seragam yang sesuai dengan ketentuan dan terlihat rapih.
Melalui diskusi hangat dan berbagi praktik baik ketika kunjungan ini, diharapkan peningkatan SDM terkait pengelolaan fasilitas dapat tercapai, yang pada akhirnya akan bermuara pada pelayanan prima pada masing-masing lembaga. Dengan saling berkenalan masing-masing tim diharapkan dapat menguatkan jalinan silaturahmi ke dua lembaga. (Nurfa)