Kunjungan SDN Pondok Pinang 10 Jakarta Ke Perpustakaan LPMP Provinsi DKI Jakarta

LPMP Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 16 Desember 2021 kedatangan Sang Sahabat, tamu istimewa Tim dari SDN Pondok Pinang 10 Jakarta.  Tim tersebut terdiri guru-guru, para siswa terbaik, serta perwakilan dari komite, yang dikawal langsung oleh bapak kepala  sekolah. Kedatangan Sang Sahabat ini adalah untuk kunjungan edukatif secara khusus ke Perpustakaan LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Seperti dalam prinsip merdeka belajar yaitu belajar di mana saja dan kapan saja, proses belajar tak selalu harus di dalam kelas. Lingkungan untuk belajar bisa di mana saja, salah satunya adalah perpustakaan. Perpustakaan yang merupakan tempat penyimpanan koleksi dan bahan pustaka (buku) juga berfungsi sebagai sumber belajar, sehingga dapat mendukung dan melengkapi proses belajar di sekolah

Pengenalan tentang perpustakaan dan buku pada siswa secara lebih awal akan menjadi lebih baik, sehingga siswa akan mendapat kesan dan pengalaman lain dari belajar, serta akan lebih membangun budaya rasa keingintahuannya terhadap ilmu pengetahuan.

Kunjungan Tim dari SDN Pondok Pinang 10 Jakarta diterima oleh Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta (Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd); Kasubbag TU (Rina Harjanti, S.Si, M.Pd), perwakilan Widyaprada, Tim PTP, dan Tim Perpustakaan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa senang dan apresiasi atas kunjungan ini, yang menggambarkan adanya semangat yang tinggi dari SDN Pondok Pinang 10 Jakarta untuk menggiatkan literasi dalam berbagai cara. Dalam kesempatan yang baik ini, Bapak Salim Somad juga komunikasi interaktif dengan para siswa yang hadir, dan meminta para siswa untuk tampil unjuk dalam prestasinya masing-masing. Siswa terlihat sangat bersemangat dan antusias, sehingga membuat suasana ruang pertemuan menjadi akrab, hangat dan penuh tawa.

Di awal kedatangan, dalam sesi salam pembuka, Kepala Sekolah SDN Pondok Pinang 10 Jakarta menyampaikan tujuan dari kunjungan edukatif ini. Selain untuk bersilaturahmi agar lebih dekat dengan LPMP, sekolah juga berharap untuk dapat saling bertukar informasi dan pengalaman tentang kegiatan literasi apa saja yang sudah dan akan dilakukan baik oleh sekolah maupun LPMP. Sekolah juga berharap LPMP dapat selalu mendampingi, mengawal, dan mefasilitasi hal-hal terkait peningkatan mutu, khususnya penguatan literasi dan numerasi (litnum) melalui buku dan perpustakaan.

Dalam sesi berbagi pengalaman, Tim LPMP menyampaikan dua layanan perpustakaan yang ada, yaitu Webinar Series Membangun Minat Membaca, dan Layanan Perpustakaan Keliling dengan kegiatan Mendongeng untuk Siswa. SDN Pondok Pinang 10 merupakan salah satu Sekolah Binaan LPMP Provinsi DKI Jakarta sangat berharap mendapatkan dua layanan tersebut, mengingat pelatihan tentang kepustakaan cukup jarang.

Di sesi inti kegiatan, para siswa dan guru memasuki ruang Perpustakaan LPMP Provinsi DKI Jakarta. Perpustakaan yang tengah membangun konsep ramah anak melalui program-programnya memiliki 600 koleksi buku cerita anak yang update. Di masa sebelum pandemi, buku-buku tersebut biasanya dibawa berkeliling ke beberapa sekolah di Jakarta, sebagai layanan membaca anak melalui Perpustakaan Keliling. Saat ini jumlah koleksi buku perpustakaan LPMP Provinsi DKI Jakarta secara keseluruhan terdapat sekitar 7.000 judul, dengan 13.000 eksemplar.

Di sesi sharing dapat terlihat bahwa komunikasi dan bertukar pengalaman adalah hal yang penting, karena baik sekolah maupun LPMP dapat saling menginspirasi. Sesuai arahan Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta di awal kunjungan, Tim Perpustakaan akan mencatat apa saja yang dibutuhkan sekolah dalam hal layanan pendidikan terkait perpustakaan yang dapat dilakukan bersama sebagai wujud sinergitas untuk bersama membangun penguatan  litnum di sekolah. Prestasi-prestasi siswa SDN Pondok Pinang 10 yang sempat ditayangkan dalam slide video seperti olah vokal, puisi, pencak silat, dan bermain bola adalah kompetensi yang menjadi aset sekolah yang harus tetap dan terus dipupuk agar semakin berkembang.

Di akhir kegiatan, Kepala Sekolah SDN Pondok Pinang 10 Jakarta menyampaikan rasa terima kasih atas penerimaan yang hangat, serta layanan program-program bermanfaat yang selama ini diperoleh dari LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..