“Konsolidasi Data Pendidikan bersama Pusdatikomdik, LPMP Provinsi DKI Jakarta Bersiap Meluncurkan Profil Data Kependidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021”

Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Melalui pendidikan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan. Selain   memberi   kontribusi   secara   signifikan   terhadap   pembangunan kesejahteraan rakyat dan ekonomi, pendidikan juga menetaskan sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki pengetahuan dan keterampilan, serta menguasai teknologi, sehingga dapat menumbuhkan iklim bisnis yang sehat dan kondusif bagi pertumbuhan ekonomi.

Untuk mengatasi berbagai kekurangan dalam dunia pendidikan, pemerintah mengupayakan berbagai hal agar kualitas pendidikan di Indonesia bisa berkembang dan maju. Untuk mengukur dan menentukan arah kebijakan pemerintah, khususnya dibidang pendidikan, saat ini, tidak hanya pemerintah di level pusat saja tetapi juga pemerintah  daerah  sudah  semakin  membutuhkan  data  yang terkait dengan pendidikan seperti jumlah sekolah, jumlah guru, jumlah siswa, dan lain-lain. Data-data tersebut merupakan ukuran-ukuran kuantitif yang lazim digunakan untuk mengukur kinerja pembangunan pendidikan. Konsekuensi dari globalisasi teknologi informasi yang semakin terbuka dan serba cepat adalah semakin tingginya tuntutan terhadap kualitas data.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada tanggal 22 Oktober 2021, LPMP Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan “Penyusunan Profil Data Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021” yang bertujuan untuk:

  • Memberikan gambaran secara rinci dan menyeluruh mengenai kondisi data pendidikan di Provinsi DKI Jakarta, baik pada tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Kondisi dan perkembangan pendidikan dalam publikasi ini akan dilihat dari beberapa aspek yaitu: satuan pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan, guru dan tenaga kependidikan, serta peserta didik.
  • Menyajikan data pendidikan yang sangat bermanfaat sebagai bahan pencerahan, monitoring dan evaluasi kebijakan, maupun program pembangunan di bidang pendidikan.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh peserta internal LPMP Provinsi DKI Jakarta yang merupakan perwakilan dari berbagai urusan serta fungsi, dengan total jumlah peserta sebanyak 45 orang.

Kasubbag Tata Usaha LPMP Provinsi DKI Jakarta, Rina Harjanti, M.Pd,  dalam arahannya di pembukaan kegiatan menegaskan hasil akhir dari kegiatan ini agar dapat menghasilkan “Buku Profil Data Kependidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021” yang memuat gambaran  rinci  dan  menyeluruh  kondisi  data  pendidikan  di Provinsi DKI Jakarta.  Data pendidikan tersebut dapat digunakan sebagai bahan atau acuan dalam pembuatan kebijakan di bidang pendidikan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, dilaksanakan konsolidasi dengan Pusdatikomdik Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta terkait data pendidikan di Provinsi DKI Jakarta. Kepala Pusat Pusdatikomdik (Junaedi, S.Pd, M.M) beserta Tim Pusdatikomdik (Budi Setiya Ashari, S.Kom dan Raja Gantino Mufti, S.Kom) memberikan paparan yang menyeluruh terkait data pendidikan yang ada di provinsi DKI Jakarta. Selain itu, setelah paparan materi dilanjutkan dengan diskusi dan mengupas tuntas data pendidikan tersebut antara narasumber Tim Pusdatikomdik serta para peserta yang hadir.

Kegiatan ditutup dengan rencana tindak lanjut dan penguatan dari Koordinator Fungsi Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi LPMP Provinsi DKI Jakarta, Uswatun Hasanah, SE, M.Ak, yang  menetapkan sistematika serta penyajian data pendidikan di Provinsi DKI Jakarta, yang selanjutnya akan dicetak dalam bentuk “Buku Profil Data Kependidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021”.

Tetap semangat berkonsolidasi dengan pihak terkait untuk menghasilkan Buku Profil Data Kependidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021 yang akurat dan berkualitas.
(Nurfa).

 

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..