Kiprah Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan (JLMP) LPMP Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021

Sejak tahun 2008 LPMP Provinsi DKI Jakarta telah membantu melatih guru dan tenaga kependidikan dalam mempublikasikan hasil penelitian guru melalui Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan (JLMP) LPMP Provinsi DKI Jakarta. Dengan kata lain LPMP melalui JLMP telah 13 tahun berkiprah dalam memberikan bimbingan dan wadah  bagi guru dan tenaga kependidikan dalam mempublikasikan jurnal ilmiah.

Keberadaan JLMP tidak hanya untuk di Provinsi DKI Jakarta namun berskala nasional. Penulis dari luar DKI Jakarta juga banyak terlibat dan menjadi kontributor JLMP baik dari unsur guru, tenaga kependidikan dan jabatan fungsional lainnya.

 

Pada tahun 2021 ini kegiatan JLMP diawali Inventarisir naskah yang telah lulus di tahun 2020.  Selanjutnya dilakukan penyusunan anggota Dewan Redaksi JLMP Tahun 2021.  Rapat perdana Dewan Redaksi JLMP LPMP Provinsi DKI Jakarta berisi tentang pengenalan anggota Dewan Redaksi JLMP Tahun 2021, evaluasi pelaksanaan penerbitan JLMP Tahun 2021, evaluasi mitra bebestari tahun 2020 dan menentukan mitra bebestari tahun 2021, membuat rencana penerbitan JLMP Tahun 2021, membuat rundown penerbitan JLMP Tahun 2021, merencanakan penerbitan JLMP secara online atau e-jurnal, serta merencanakan pelatihan penulisan jurnal secara online.

 

Upaya meningkatkan kualitas JLMP diperkuat dengan mengadakan Rapat Koordinasi JLMP dengan Mitra Bebestari Tahun 2021, dengan mengundang 5 Mitra Bebestari yang berasal dari Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, dan Universitas Indraprasta PGRI.  Agenda rapat antara lain Evaluasi JLMP LPMP Provinsi DKI Jakarta tahun 2020 oleh Mitra Bebestari, Penyusunan langkah-langkah JLMP LPMP Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021, dan Penjelasan gaya Selingkung JLMP LPMP Provinsi DKI Jakarta.

 

Proses penjaringan naskah jurnal dilakukan melalui Pelatihan Penulisan Jurnal Tahun 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 21 April 2021 secara daring.  Narasumber pada kegiatan pelatihan ini adalah Bapak Agung Sedayu, M.Sc dari Universitas Negeri Jakarta.  Antusiasme  peserta cukup banyak, hingga peserta yang mengikuti zoom meeting secara langsung terdapat 252 orang, sedangkan yang melalui Youtube terdapat 40 orang, sehingga totalnya terdapat 292 orang.  Pelatihan bertujuan memberikan pemahaman mengenai cara mengubah hasil penelitian menjadi naskah jurnal, memberikan pemahaman mengenai Gaya Selingkung JLMP Tahun 2021, dan memberikan informasi mengenai proses penerbitan JLMP Tahun 2021.  Berbekal pengetahuan tersebut, maka hasil yang diharapkan adalah peserta dapat mengirimkan naskah hasil penelitiannya yang akan diseleksi dan diterbitkan di JLMP Tahun 2021 dengan pedoman selingkung JLMP yang berlaku.

Naskah yang masuk ke Sekeretariat JLMP dari peserta pelatihan sebanyak 50 naskah.  Seleksi administrasi dengan kriteria bahwa tahun penelitian naskah maksimal 2 tahun terakhir, naskah harus penelitian pendidikan, naskah bukan best practices, dan yang berhak mengirimkan naskah adalah peserta pelatihan penulisan jurnal.  Hasil seleksi administrasi terdapat 3 naskah yang tidak lulus, dan 47 naskah yang lulus.  Naskah yang lulus akan mengikuti proses selanjutnya yaitu seleksi konten dan plagiarisme.

 

Setelah melalui proses seleksi konten dan plagiarisme, pada tanggal 16 Juni 2021 dilakukan Rapat Penentuan Kelulusan 30 naskah JLMP Tahun 2021.  Hasilnya, dari 47 naskah yang masuk tahun 2021 terdapat 30 naskah yang lulus dan 17 naskah yang tidak lulus.  Rapat menetapkan 25 naskah lulus tahun 2021 dan 5 naskah lulus dari tahun 2020 serta terdapat 5 naskah cadangan yang berasal dari hasil seleksi tahun 2021.  Penetapan Kelulusan 30 naskah JLMP Tahun 2021 melalui SK Plt. Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta Nomor: 1064/C7.41/KP.04.00/2021 tentang Kelulusan 30 Naskah Penelitian Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan (JLMP) LPMP Provinsi DKI Jakarta Tahun 2021 tanggal 18 Juni 2021.

 

Proses penerbitan JLMP Tahun 2021 dilanjutkan dengan kegiatan Finalisasi Penyusunan JLMP Tahun 2021.  Terdapat 5 kelompok, yaitu  Kelompok I hingga V  yang masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang peserta. Pembagian kelompok bertujuan memudahkan dalam proses selanjutnya di kegiatan Finalisasi Penyusunan JLMP Tahun 2021.

 

Kegiatan Finalisasi Penyusunan Jurnal Tahun 2021 untuk Kelompok 1, dilaksanakan pada hari Senin tanggal 5 Juli 2021 dengan narasumber Mitra Bebestari Bapak Dr. Kadir, M.Pd dari UIN Syarif Hidayatullah, sedangkan narasumber dari Penyunting Internal yaitu Rahmah Kurniawaty, S.S, S. Kom, M.T dan Dini Pratiwindya, M.Pd.

 

 

Kegiatan Finalisasi Penyusunan Jurnal Tahun 2021 Kelompok 2 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 6 Juli 2021.  Pendampingan dan konsultasi substansi naskah penelitian kelompok 2 oleh Mitra Bebestari Rakhmat Hidayat, Ph.D dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).  Penyunting Internalnya Dr. Didang Setiawan, M.Pd dan Oktora Melansari, S.Sos, MA.

 

Kelompok 3 dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 7 Juli 2021.  Pendampingan dan konsultasi substansi naskah penelitian kelompok 3 oleh Mitra Bebestari Bapak Agung Sedayu, M.Sc  dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan penyunting Internalnya Sri Sulastri, M.Pd, dan Ani Purwati, M.Pd.

 

Kelompok 4 dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 8 Juli 2021.  Pendampingan dan konsultasi substansi naskah penelitian kelompok 4 oleh Mitra Bebestari Bapak Dr. Alek, SS, M.Pd dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah dan  Penyunting Internal Susiah Budiarti, M.Pd dan Endang Setiariny, S.Pd.

 

Kegiatan Finalisasi Penyusunan Jurnal Tahun 2021 Kelompok 5, dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 9 Juli 2021.  Pendampingan dan konsultasi substansi naskah penelitian kelompok 2 oleh Mitra Bebestari Dr. Leonard, MM, M.Pd dari Universitas Indraprasta PGRI.  Penyunting Internalnya Ati Rosidah, M.Pd dan Magfirotun Nur Insani, S.Pd.

 

Saat kegiatan Finalisasi Penyusunan Jurnal, Mitra Bebestari di awal penyampaian memberikan pembekalan materi Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Khususnya Jurnal).  Mitra Bebestari memberikan penekanan terhadap Substansi Naskah agar naskah sesuai dengan disiplin keilmuannya. Antusiasme peserta sangat tinggi karena pembahasan, pemberian masukan, bimbingan dan konsultasi diberikan secara komprehensif kepada masing-masing penulis. Sementara  penyunting Internal saat kegiatan Finalisasi Penyusunan Jurnal menyampaikan materi mengenai Gaya Selingkung JLMP LPMP Provinsi DKI Jakarta, dan materi mengenai plagiarisme.

 

Setelah kegiatan Finalisasi Penyusunan JLMP Tahun 2021 proses akan dilanjutkan dengan pembimbingan secara daring oleh Mitra Bebestari masing-masing kelompok selama dua minggu, dengan batas waktu sampai 23 Juli 2021.  Naskah yang sudah disetujui oleh Mitra Bebestari dibuktikan dengan Lembar Pengesahan Jurnal yang ditandatangani Mitra Bebestari.  Selanjutnya dilakukan pengecekan gaya selingkung JLMP dan plagiarisme oleh Penyunting Internal (TPI) JLMP selama dua minggu, yaitu dari tanggal 24 Juli 2021 sampai tanggal 6 Agustus 2021.

 

Naskah yang sudah siap akan diproses layout, percetakan, dan pendistribusian.  Hasil dari proses seleksi dan pendampingan naskah ini adalah JLMP untuk Volume 18 Tahun 2021.  Naskah yang telah diterbitkan  melalui JLMP tidak hanya diharapkan memberikan poin angka kredit bagi guru dan tenaga kependidikan, namun secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, minat dan motivasi bagi guru untuk melakukan penelitian dan peningkatan proses pendidikan yang  hasil akhirnya berdampak pada penigkatan kualitas peserta didik di setiap satuan Pendidikan. Semoga. (HM)

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat