Kinerja Harus Dipertanggungjawabkan

Anti Kesuma -

LPMP DKI Jakarta baru saja melaksanakan Workshop Penyusunan Laporan Kinerja tahun 2019 dan Draft Renstra 2020-2024 di Hotel Mirah, Bogor pada tanggal 6-9 November 2019.  Peserta kegiatan adalah seluruh unsur internal lembaga yang didukung penuh oleh seluruh unsur pimpinan meliputi kepala, kasubbag dan para kasi.  Seluruh peserta bekerja dalam kelompok untuk memenuhi target kegiatan, yang dibagi dalam beberapa tim yakni tim kinerja, tim pemantauan pelaksanaan program, tim SPI, tim SPIP dan unsur subbag umum bagian rumah tangga dan perwakilan dari seksi serta kelompok jabatan fungsional (widyaiswara dan PTP) yang berkontribusi sebagai tim renstra.

Tujuan utama kegiatan workshop ini adalah menjaga komitmen bersama untuk menyusun pertanggungjawaban atas program kerja yang telah dilaksanakan. Dan dengan semangat sinergi bersama menyusun rancangan perencanaan untuk 5 tahun yang akan datang.  Seluruh aktivitas penyusunan dokumen-dokumen kelembagaan tersebut diharapkan bukan sebuah prestasi baik di atas kertas saja, namun lebih penting lagi adalah terjaganya keberlangsungan sistem kinerja yang telah terbangun dengan baik. Wangi harus berbanding lurus dengan rasa, begitu Kepala LPMP DKI Jakarta mengiaskan.

Kegiatan ini difasilitasi oleh narasumber dari Biro Umum, Biro PKLN dan Setditjen Dikdasmen, Kemendikbud.  Selain itu juga ada presentasi praktik baik dari LPMP Jawa Tengah dan Kalimantan Barat.  Berikut adalah petikan hasil kegiatan workshop 4 hari tersebut:

    • Ciri organisasi yang sehat adalah yang karyawannya merasa senang bekerja
    • Dokumen Renstra disusun untuk menjadi acuan lembaga, bukan pemenuhan formalitas semata
    • Mengoptimalkan peran Tim SPI-SPIP
    • Aktivitas organisasi menjadi lebih akurat hasilnya, efektif-efisien, dan minim konflik jika dikemas dalam konsep/prosedur yang tersistem berbantuan teknologi.
    • Menerapkan kepatuhan terhadap peraturan dan petunjuk kerja dari pusat

Dari kegiatan ini juga dihasilkan usulan visi lembaga dan usulan tata nilai lembaga untuk 2020-2024 dimana penetapannya sangat perlu keterlibatan seluruh pimpinan dalam rapat-rapat renstra selanjutnya.

Semoga apa yang dihasilkan dari workshop ini dapat menjadi produk kerja yang bermanfaat.

   

Kerja sama dan fokus  dalam pemenuhan tugas dan fungsi lembaga menjadi pemicu semangat untuk mencapai tujuan peningkatan mutu pendidikan di Provinsi DKI Jakarta.

LPMP DKI Jakarta, berintegritas dan berkualitas.

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK