KERJA SAMA: Sama-sama bekerja, sama-sama berkarya
Anti Kesuma

Awan mendung memerlukan angin, agar hujan jatuh merintik
Seperti jantung yang membutuhkan udara untuk berdetak
Seperti itulah prestasi dan karya lahir tercipta
Karena terbangun kerja sama dari seluruh pelakunya

Pandemi belum kunjung usai, namun ini tak menyurutkan optimisme LPMP Provinsi DKI Jakarta untuk menegakkan komitmen konsistensinya. Pelaksanaan program inovasi berbasis literasi tahun 2020 merupakan tahun ke-3 obor semangat ini kembali dinyalakan.

Kali ini mengusung tema ‘Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah Ramah Anak’. Tema tersebut merupakan pemekaran dari program perpustakaan keliling (Pusling) yang telah berkiprah sejak tahun 2018 melalui program mendongeng ke sekolah. Kemudian di tahun 2019 fokus penguatan literasi dikembangkan lagi dalam kegiatan pelatihan keterampilan menulis satu guru satu buku bertema penjaminan mutu pendidikan. Kemudian di tahun ini lahirlah kolaborasi antara dongeng Pusling dan keterampilan guru menulis menjadi sebuah konsep yang lebih bermakna lagi yaitu memompa nafas perpustakaan sekolah yang mengalami lemah denyut eksistensinya.

Berpijak pada fungsi LPMP dalam dasar hukum organisasi dan tata kerjanya, Permendikbud RI Nomor 26 Tahun 2020, termuat salah satu peran penting LPMP untuk melakukan pengembangan dan pelaksanaan kemitraan di bidang penjaminan mutu pendidikan secara nasional. Pada fungsi ini terbaca jelas tuntutan perwujudan semangat kerja sama, yang berarti ada urgensi pelibatan mitra kerja untuk saling bergandeng tangan mewujudkan penjaminan mutu pendidikan di wilayah kerja LPMP.

Workshop Menulis Satu Guru Satu Buku
‘Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah Ramah Anak’

 Kegiatan inovasi LPMP Provinsi DKI Jakarta, diawali dengan kegiatan pembuka berupa workshop menulis yang dilaksanakan pada tanggal 8 s.d. 10 Oktober 2020 secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh 150 peserta guru/pengelola perpustakaan sekolah jenjang SD/SDLB DKI Jakarta. Pembukaan kegiatan diawali pengarahan oleh Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moch. Salim Somad dan dilanjutkan dengan penguatan literasi oleh Kabid SD & PLB Disdik Provinsi DKI Jakarta, Momon Sulaeman.

Acara pembukaan diperkaya juga dengan penyampaian materi perpustakaan ramah anak yang disampaikan oleh Pustakawan Ahli Muda Kemdikbud, Chaidir Amir. Lalu, menapak pada rundown paling esensialnya yakni fasilitasi keterampilan menulis oleh tim MediaGuru, Mohammad Ihsan dan Eko Prasetyo selama 3 hari.

Pelaksanaan kegiatan 3 hari yang begitu hangat, mengalir luwes dan semarak. Kesan positif ini dimotori oleh Kasubbag TU LPMP Provinsi DKI Jakarta, Rina Harjanti, yang dikemas koordinatif bersama seluruh tim teknis pendukungnya. Setidaknya ada 3 ruh kerja sama yang tercipta dari kegiatan tersebut, yakni:

  • Kerja sama antar lembaga

Cita-cita LPMP Provinsi DKI Jakarta untuk berkontribusi aktif mendongkrak kualitas perpustakaan sekolah merupakan jalinan jabat tangan yang erat antara 3 unsur mitra kerja, yaitu Kemendikbud yang diwakili oleh Perpusdikbud serta sambutan baik dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan dukungan profesional dari tim MediaGuru;

  • Kerja sama tim kerja

Program inovasi terstruktur dan terencana ini memiliki tim kerja di balik layar panggung literasinya, yakni seluruh tim teknis yang kompak berbagi peran untuk bersama-sama mendukung kelancaran dan kebermaknaan kegiatan;

  • Kerja sama menghasilkan karya

Pada muaranya, ujung dari output sebuah kegiatan adalah hasil nyata sesuai target yang ditetapkan, yakni:

  1. Lahirnya karya-karya buku guru yang juga merupakan baseline data bagi LPMP Provinsi DKI Jakarta untuk menyusun konsep pendampingan perpustakaan sekolah di tahap selanjutnya;
  2. Terwujudnya peningkatan kualitas perpustakaan sekolah sebagai hasil pendampingan dari LPMP Provinsi DKI Jakarta yang merupakan tujuan mendasarnya;
  3. Implikasi dari pendampingan yang diberikan ke sasaran perpustakaan sekolah diharapkan dapat terimbas pada sekolah-sekolah di sekitarnya.

Demikian sekilas gambaran umum dari peta jalan (road map) program inovasi berbasis literasi yang mulai dikemas formal oleh LPMP Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2018 lalu.

Dari tahap pertama rangkaian di atas, workshop menulis 3 hari tersebut menghasilkan kumpulan sinopsis/gambaran umum calon naskah buku yang divisualkan dalam sampel 5 cover buku.  Cover buku yang didisainkan oleh tim MediaGuru dari sinopsis terpilih diharapkan dapat menjadi motor pemacu semangat seluruh peserta.

Seluruh peserta akan didampingi secara online selama satu bulan untuk menuntaskan ide-idenya hingga menjadi sebuah buku terbit, satu peserta satu karya buku. Selamat bagi 5 penulis terpilih yang sudah dibuatkan cover calon bukunya, mereka adalah:

  1. Fauziah, A.Md.T. (Pustakawati SDN Kemayoran 01 Jakarta)
    Judul buku: Mau Ke Mana setelah SMK?
  1. Theresia Maryanti, S.Pd. (Guru SLBN 6 Jakarta)
    Judul buku: Jangan Taruh Buku Ini di Perpustakaan!
  1. Pratiwi Srietiningsih, S.Pd. (Guru SDN Batu Ampar 01 Jakarta Timur)
    Judul buku: Asa Kami Sekokoh Monas
  1. Furqonnudin Zulkaisi (Guru SDN Pinang Ranti 02)
    Judul buku: Kisah Didi dan Buku Ajaib (Kumpulan Cerpen)
  1. Waluyo, M.Pd. (Guru SLBN 12 Jakarta)
    Judul buku: Buku Membaca Anak Tunagrahita Sedang (C1)

Mari bulatkan niat mulia kita semua dengan menjaga semangat kerja sama. Tak ada yang menjadi beban berat ketika cita-cita diupayakan secara bersama-sama. Bersama kita kerja, bersama kita membuat karya. Semoga menjadi inspirasi baik bagi lingkungan kita.

Maju terus, pantang mundur.
Wujudkan impian, singkirkan segala alasan yang menggagalkan.

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..