INSPIRASI MENJADI AGEN PERUBAHAN YANG BERINTEGRITAS
Sri Rakhmawanti
Reformasi Birokrasi merupakan tuntutan perubahan tata kelola instansi pemerintah, dengan target birokrasi bersih, akuntabel, efektif, efisien, dan pelayanan publik berkualitas. BPMP Provinsi DKI jakarta telah berkomitmen untuk mewujudkan good and clean government dengan bergerak serentak melakukan pembangunan zona integritas wilayan bebas dari korupsi, bersih, dan melayani.
Berdasarkan PermenpanRB Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Agen Perubahan di Instansi Pemerintah, salah satu area penting perubahan manajemen pemerintahan adalah perubahan mindset (pola pikir) dan culture set (budaya kerja) yang diharapkan mampu menghadirkan integritas dan kinerja organisasi yang tinggi.
Oleh karena itu, untuk percepatan mencapai target Reformasi Birokrasi di BPMP Provinsi DKI Jakarta diperlukan orang-orang yang saling berkolaborasi menerapkan tata nilai BerAKHLAK dan bergerak serentak membangun budaya kerja. Peran ini disebut agen perubahan.
Pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 8 dan 9 Januari 2025 pukul 08.00 s.d 12.00 WIB, BPMP Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Penguatan Peran Agen Perubahan untuk percepatan terwujudnya ZI WBBM. Kegiatan ini dipandu oleh Kasubbag Umum Ibu Rina Harjanti, M.Pd, Ketua RBI Ibu Sri Rakhmawanti, SE, MM. dan Ketua Manajemen Perubahan Ibu Yossi Dewanti, S.Si, M.Pd.
Pada kesempatan ini, Bu Rina menyampaikan pentingnya peran agen perubahan untuk percepatan pembangunan pola pikir dan budaya kerja di BPMP Provinsi DKI Jakarta. Agen perubahan perlu melihat permasalahan yang dihadapi dalam organisasi BPMP dan merumuskan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan itu sehingga organisasi dapat berjalan dengan tertib, lancar, dan mencapai target kinerja yang telah direncanakan serta meningkatkan persepsi anti korupsi dan kepuasan atas layanan.
Pada diskusi bersama para agen perubahan BPMP, dirumuskan beberapa inovasi yang dapat menjadi solusi. Inovasi dirumuskan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi di area manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, pelayanan publik, dan program prioritas Kementerian. Inovasi disusun menggunakan Format Pengusulan Inovasi berikut ini.
Hasil diskusi terkait inovasi telah melahirkan beberapa gagasan solusi yang dapat dijadikan inovasi penguatan tata kelola dan strategi pencapaian target kinerja. Beberapa inovasi telah mulai dijalankan dan sedang dipantau efektifitas dan efisiensinya.
Selanjutnya agen perubahan yang berperan memengaruhi orang lain atau organisasi dalam mengambil keputusan inovasi agar sesuai dengan yang diharapkan perlu menyusun rencana aksi agen perubahan untuk internalisasi tata nilai BerAKHLAK dalam pencapaian target kinerja BPMP menggunakan format berikut.
Harapannya dengan inovasi dan rencana aksi yang telah disusun bersama, dengan komitmen dan konsistensi mengimplementasikannya, BerAKHLAK membudaya di BPMP Provinsi DKI Jakarta sehingga terwujud birokrasi bersih dan melayani.
Semangat Agen Perubahan!