Giat Literasi, Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta 2019

Ijah Rochimah -

Ini adalah tahun kedua dari Tim Perpustakaan Keliling mengibarkan bendera kampanye gemar membaca dalam upaya mendukung Gerakan Literasi Sekolah.  Kegiatan yang bertujuan menularkan semangat berliterasi ke satuan pendidikan ini mendapatkan respon positif dari sekolah-sekolah yang dikunjungi. Meski kegiatan ini pada awalnya berangkat dari upaya memberdayakan sumber daya yang ada yaitu mobil tanggap bencana yang kondisinya masih prima, ketersediaan koleksi bacaan anak yang cukup memadai juga beberapa sumber daya manusia (SDM) yang berlatar belakang pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar, namun setelah berjalan kegiatan ini terlihat memberi warna tersendiri khususnya di sub bagian umum LPMP DKI Jakarta yang dikomandani oleh Ibu Uswatun Khasanah, SE, M.Ak.

Masih sama dengan tahun sebelumnya kegiatan yang bernuansa literasi ini menetapkan 10 titik sekolah sasaran perwakilan dari tiap wilayah yang ada di Jakarta. Memang di tahun ini perpustakaan keliling tidak menambah jumlah sekolah sasaran, karena selain kegiatan ini bukan tupoksi inti dan hanya sebagai pendukung tupoksi lembaga, namun sesuai arahan dari Kepala LPMP Bapak Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd dalam salah satu rapat internal, kegiatan perpustakaan keliling ini diupayakan untuk lebih fokus pada penguatan aktifitas literasi di setiap kunjungannya. Aktifitas literasi di setiap kunjungan meski baku secara alur namun variatif dalam tema. Di dalam tema itu tetap selalu mengedepankan pendidikan karakter dan wawasan budaya daerah.

Kesepuluh tema tersebut adalah,  kisah Fabel di SDN Semanan, Situ Bagendit di SDN Ciracas 01, Jack dan pohon Ajaib di SDN Serdang 13. Ada juga Kera belajar berenang saat di SDN Jatinegara Kaum, Putri Sari Pandan Wangi di SDN Pejaringan 06, Kisah Kampung Kelinci di SDN Semper 06 dan Rusa yang licik di SDN Pejaten Timur 22 Pagi serta Kisah rakyat Bengkulu yaitu Ndauh si Ular di SDN Klender 14.

   

Dan di akhir kunjungan Tim Pusling mendapat kehormatan yaitu undangan untuk bersama, bersinergi merayakan Bulan Bahasa dan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Kali ini di Sekolah Dasar Islam Al Musyaroffah. SDI Al Musyaroffah memperingati kedua hari tersebut dengan menggelar berbagai kegiatan yang sarat dengan nuansa literasi salah satunya menghadirkan Tim Dongeng dari Perpustakaan LPMP DKI Jakarta. Selain itu pihak sekolah juga meminta tim Perpustakaan LPMP DKI memberi penguatan melalui pemaparan materi seputar pengelolaan perpustakaan sekolah pada guru-guru.

 

 

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta