Gendong Jamu 2019

Muhammad Arief -

Gerakan Mendorong Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2019 atau yang disingkat “Gendong Jamu”, merupakan sebuah rangkaian puncak program-program LPMP DKI Jakarta di tahun 2019, dalam mengawal Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan yang ada di Provinsi DKI Jakarta. Hal tersebut didasari karena sistem penjaminan mutu pendidikan merupakan akar penting dalam mewujudkan satuan pendidikan sesuai SNP (Standar Nasional Pendidikan), serta mewujudkan insan-insan terdidik yang cerdas, berkarakter dan berbudaya.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menyosialisasikan proses dan hasil kegiatan pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan pada Sekolah SPMI, sasaran Sekolah Budaya Mutu dan Sekolah Induk Zona yang diharapkan dapat menjadi best practice praktek baik bagi sekolah-sekolah lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam waktu dua hari, yakni 10 dan 11 Desember 2019 di LPMP DKI Jakarta, terdiri dari berbagai ragam acara, diantaranya: 1) Pameran yang dilakukan oleh sekolah-sekolah terbaik di setiap jenjangnya, terhadap hasil pendampingan sekolah SPMI, sekolah Sasaran Pengembangan Budaya Mutu, dan Sekolah Induk Zona yang dilakukan oleh LPMP DKI Jakarta tahun 2019; 2) Pameran yang dilakukan oleh unit-unit utama di lingkungan Kemdikbud (Direktorat Pembinaan SD dan Direktorat Sejarah); 3) Seminar Pendidikan dengan tema “Pendidikan Berkualitas Untuk Generasi Emas Tahun 2045” dengan narasumber Ahmad Rizali (Presidum Gernas Tastaka) dan Nadirman (praktisi sekaligus Direktur Eksekutif  PT. Vortex Energy Batam); 3) Seminar Praktik Baik (Best Practice) oleh Fasilitator Daerah terhadap hasil pendampingan sekolah SPMI (Dr. Parjuangan Lubis) dan sekolah PPPK13 (Heni Mulyani M. Si) tahun 2019; 4) Panggung Ajang Kreasi yang menampilkan karya siswa-siswi sekolah SPMI dan sekolah sasaran budaya mutu; 5) Pemberian penghargaan dan trofi terhadap sekolah-sekolah terbaik hasil seleksi dan terhadap 20 orang penulis terbaik hasil kegiatan Sagu Sabu (Satu Guru Satu Buku), serta beragam kegiatan lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam dua hari tersebut dihadiri kurang lebih 800 orang yang terdiri dari unsur pejabat di lingkungan Kemdikbud, pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Guru, ASN dan PPNPN LPMP DKI Jakarta, pelajar serta pihak-pihak terkait lainnya.

Kami juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut menyemarakkan pameran kegiatan Gendong Jamu 2019, diantaranya PT. Vortex Energy Batam, Bank Syariah Mandiri, The Asia Foundation, CV. Alkautsar Aflah Mandiri, Pegadaian, Pusling LPMP DKI Jakarta, Masjid Attarbiyah, Klinik Mitra dan Kopeg Bataru LPMP DKI Jakarta.

Dengan semarak Gendong Jamu tahun 2019 mari kita tingkatkan pendidikan yang berkualitas dan berintegritas untuk generasi emas tahun 2045.

Mutu Adalah Budaya, Prestasi Adalah Tradisi.

 

 

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..