Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2019

Latipahanum, S.T., M.Pd -

Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP adalah sebuah kompetisi di bidang sepakbola yang melibat siswa-siswa SMP di seluruh Indonesia. GSI ini merupakan gagasan dari Bapak Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP., Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.  Gagasan ini diwujudkan oleh Bapak Dr. Supriano, M.Pd, Direktur Pembinaan SMP pada tahun 2018 dan dilanjutkan oleh Ibu Dr. Poppy Dewi Puspitawati, MA., Direktur Pembinaan SMP pada tahun 2019. GSI SMP pada dasarnya merupakan salah satu bentuk kegiatan penguatan pendidikan karakter (PPK) bidang non akademis yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa sportivitas, kerja keras, disiplin, bersahabat serta meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap cabang olah raga sepakbola. Kegiatan GSI SMP menggandeng kerjasama 3 (tiga) instansi yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepakbola Selururuh Indonesia (PSSI). Kegiatan GSI SMP ini dilaksanakan secara bertingkat. GSI tingkat kecamatan dan kabupaten/kota telah selesai dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dalam kurun waktu 4 (empat) bulan yakni dari  bulan April s.d. Juli 2019. Selanjutnya GSI Tingkat Provinsi dilaksanakan oleh LPMP dan GSI Tingkat Nasional dilaksanakan oleh Direktorat PSMP, Kemdikbud.

LPMP sebagai perpanjangan tangan pusat yang ada di daerah bertugas mengawal dan memastikan GSI SMP mulai dari tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten/kota berjalan lancar sesuai dengan petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan SMP. Hal ini diwujudkan dengan membentuk sekretariat bersama antara LPMP , Dinas Pendidikan, Suku Dinas Pendidikan, Korwas, MKKS, MGMP PJOK Provinsi, MGMP PJOK Wilayah dan Asprov (Asosiasi Provinsi) DKI Jakarta.

Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2019 diselenggarakan di Gelanggang Olah Raga Sunter, Jakarta Utara selama 5 (lima) hari mulai dari tanggal 30 Juli s.d. 3 Agustus 2019. Acara pembukaan GSI SMP dihadiri oleh lebih dari 478 tamu undangan dan peserta pertandingan serta dimeriahkan oleh penampilan siswa-siswi berbakat dari Provinsi DKI Jakarta,  diantaranya penampilan marchingband Bahanqu dari siswa-siswi SMPN 9 Jakarta, persembahan tari-tarian dari tuan rumah siswa-siswa SMPN 78 Jakarta serta penampilan olahraga silat dari perguruan PAMUR yang merupakan binaan LPMP DKI Jakarta. Pembukaan GSI ditandai dengan menyalakan Obor pertandingan oleh Wakil Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Bapak Syaefulloh Hidayat dan tendangan pertama (kick off) pertandingan oleh Direktur Pembinaan SMP yang diwakili Kasubdit Program dan Evaluasi Bapak Eko Susanto, SE, M.Si.

 

 

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala LPMP DKI Jakarta Bapak Surya Fitri Nurulhuda, SE, M.Si, Kepala Seski FPMP Ibu Rina Harjanti,S.Si., M.Pd  Kasubbag Umum Bapak R.Syamsul Arifin, S.Sos, MM, Kasi PDLK Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Bapak Drs. Sularno. MM, S.Si,  Kasudin dan Kasi PKLK dari 11 Wilayah Adiministrasi Provinsi DKI Jakarta, Wakil Ketua Umum Asprov DKI Jakarta, Komite Wasit PSSI, Tim Pemandu Bakat (talent scouting), Ketua MKKS, Ketua MGMP PJOK Provinsi DKI Jakarta, Ketua MGMP PJOK 11 Wilayah, perwakilan Kepala Sekolah SMP Jakarta Utara dan perwakilan siswa-siswa SMP di Jakarta Utara.

GSI SMP Tahun 2019 Tingkat Provinsi ini diikuti oleh 242 siswa dan official 11 tim yang mewakili 11 wilayah administrasi provinsi DKI Jakarta di antaranya Jakarta Timur 1, Jakarta Timur 2, Jakarta Selatan 1, Jakarta Selatan 2, Jakarta Pusat 1, Jakarta Pusat 2, Jakarta Barat 1, Jakarta Barat 2, Jakarta Utara 1 dan Jakarta Utara 2 serta Kepulauan Seribu. Adapun maksud dan tujuan dari  kegiatan ini adalah untuk menyeleksi pemain (18 siswa SMP) yang berbakat dalam bidang sepakbola yang akan mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam perhelatan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP di Tingkat Nasional.

Pertandingan ini terlaksana dengan dukungan dari asprov yang merupakan perwakilan PSSI di provinsi DKI Jakarta dengan mengirimkan wasit dan perangkat pertandingan lainnya serta diawasi oleh tim pemandu bakat (talent scouting). Dengan sistem semi kompetisi dimana semua tim dipertemukan dalam pertandingan, maka dihasilkan 4 tim terbaik yang masuk ke babak semi final yaitu Tim  Jakarta Pusat 1, Jakarta Timur 1, Jakarta Timur 2 dan Jakarta Utara 1. Juara 1 GSI SMP Tingkat Provinsi DKI Jakarta di raih oleh Tim GSI Jakarta Timur 2, Juara 2 diraih oleh Tim GSI Jakarta Utara 1, Juara 3 diraih oleh Tim GSI Jakarta Timur 1 dan Juara Harapan 1 diraih oleh Tim GSI Jakarta Pusat 1.

Penghargaan juga diberikan kepada pemain terbaik dan Top Skor. Pemain Top Skor 1 diraih oleh Adin Rendi dari Jakarta Timur 1. Pemain Top Skor 2 diraih oleh Aron Yekti dari Jakarta Utara 1 dan Pemain Top Skor 3 diraih Oleh Muhammad Deavan dari Jakarta Pusat 2. Sedangkan pemain terbaik 1 diraih oleh Ridho Anugerah dari Jakarta Timur 2, Pemain Terbaik 2 diraih oleh Arya Deva dari Jakarta Utara 1 dan Pemain terbaik 3 diraih oleh Mohammad Al Bimo dari Jakarta Pusat 1.

Setelah mengamati sepak terjang siswa-siswa SMP dalam 19 kali pertandingan, tim Pemandu Bakat yang digawangi oleh Coach (pelatih)Rasito Amsyah dan Arie Suhayanto telah berhasil memilih 44 orang pemain yang akan mengikuti pelatihan lanjutan (teaching clinic) untuk kemudian dipilih 18 pemain inti yang akan mewakili Provinsi DKI Jakarta dalam GSI SMP Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 s.d. 20 November 2019 di Jakarta.

Acara GSI SMP Tahun 2019 secara resmi ditutup oleh Bapak Drs. H. R. Budi Sulistiono, M.Pd Kasudin Jakarta Utara yang didampingi oleh Bapak R. Syamsul Arifin,S.Sos, M.M,  Plt. Kepala LPMP DKI Jakarta, Bapak Drs. Sularno, M.Pd, Kasi PDLK, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Ibu Rina Harjanti, S.Si, M.Pd, Kasi FPMP LPMP DKI Jakarta dan Bapak Widyatmo, M.Pd, Kasi SI LPMP DKI Jakarta. Kepada pemenang diberikan Piala oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan uang pembinaan oleh LPMP DKI Jakarta.

(Rina Harjanti S.Si, M.Pd- Latipa Hanum, ST, M.Pd)

 

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..