Forum Pemangku Kepentingan Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 Provinsi DKI Jakarta
Oktora Melansari, S.Sos, MA

Dalam rangka mendapatkan refleksi dari berbagai upaya peningkatan mutu penyelenggaraan Pendidikan melalui Program Sekolah Penggerak, maka BPMP Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Forum Pemangku Kepentingan pada Selasa, 31 Mei 2022 di Hotel Kristal, Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh 250 peserta yang merupakan pemangku kepentingan di masing-masing Sekolah Penggerak Angkatan 1 Wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Provinsi, Suku Dinas Pendidikan Kab/Kota, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru, Orangtua, dan siswa.

Kepala BPMP Provinsi DKI Jakarta, Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd dalam pengarahannya pada pembukaan kegiatan sekaligus menyampaikan sosialisasi tentang perubahan nomenklatur Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) menjadi Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) dengan tugas tambahan penjaminan mutu pendidikan mencakup Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), sehingga diharapkan proses penjaminan mutu pendidikan akan menjadi lebih terstruktur. Hal ini tidak lepas dari kolaborasi dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Selanjutnya Beliau berharap melalui Forum Pemangku Kepentingan ini menjadi momentum untuk bersama-sama bersinergi, berkolaborasi, dan berkontribusi untuk menjadikan pendidikan di Provinsi DKI Jakarta menjadi lebih baik lagi. BPMP DKI Jakarta akan selalu mendukung Dinas Pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang tuntas berkualitas untuk semua dan menjadikan Provinsi DKI Jakarta menjadi pusat dan barometer pendidikan sehingga nantinya siap bersaing di kancah nasional maupun internasional.

  

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, para peserta dibagi menjadi 8 kelas yang terdiri dari 4 jenjang satuan pendidikan, yaitu TK, SD, SMP dan SMA, masing-masing kelas dipandu oleh Fasilitator Sekolah Penggerak.  Seluruh pemangku kepentingan kemudian merefleksikan capaian kemajuan  pendidikan di Provinsi DKI Jakarta. Setiap pemangku kepentingan menyusun rencana,  dan komitmen tindak lanjut untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya. Peran Pelatih Ahli dalam forum pemangku kepentingan adalah mefasilitasi diskusi dalam forum ini.

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..