Forum Pemangku Kepentingan Program Sekolah Penggerak “Serentak Bergerak, Bergerak Serentak…!!”

Dalam rangka mendapatkan refleksi dari berbagai upaya peningkatan mutu penyelenggaraan Pendidikan melalui Program Sekolah Penggerak, LPMP Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Dinas Pendidikan menyelenggarakan Forum Pemangku Kepentingan (FPK) pada Selasa, 7 Desember 2021 secara luring di LPMP Provinsi DKI Jakarta.

“Program Merdeka Belajar memberikan kemerdekaan pada insan pendidikan untuk berinovasi bagi pengembangan peserta didik. DKI Jakarta sebagai daerah terdepan harus berpikir internasional, untuk itu kepala sekolah Program Sekolah Penggerak  harus berani melakukan inovasi, untuk transformasi dari dalam sekolah” demikian disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemdikbudristek, Jumeri, S.TP, M.Si, saat membuka kegiatan FPK secara resmi.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana, M.Pd, dan Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta, Drs. H. Achmad Nawawi, SH, M.Si,  serta 220 peserta yang merupakan pemangku kepentingan Program Sekolah Penggerak yang berasal dari unsur Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Guru, Perwakilan Murid, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah Pembina, Komite Sekolah, dan perwakilan Tokoh Masyarakat.

Setiap pemangku kepentingan nantinya diharapkan dapat menyusun rencana dan komitmen tindak lanjut untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya.  Sedangkan peran Pelatih Ahli dalam forum pemangku kepentingan adalah mefasilitasi diskusi dalam forum ini.

Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sekolah Penggerak merupakan katalis untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang terdiri dari dua hal, yakni sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan profil pelajar Pancasila dan diawali dengan SDM yang unggul terutama kepala sekolah dan guru. Pelaksanaan PSP merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat dengan Dinas Provinsi DKI Jakarta. Di wilayah Provinsi DKI Jakarta pada Tahap 1 telah lulus dan dalam proses pendampingan sebanyak 55 sekolah dari Kota Jakarta Timur dan Jakarta Selatan, sedangkan untuk Tahap 2 saat ini sejumlah 1.131 pendaftar yang sedang menjalani proses seleksi berasal dari wilayah Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan. Untuk Tahap ke-3 rencana akan dilaksanakan di awal tahun 2022 dengan target sasaran diutamakan dari wilayah Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu yang sebelumnya belum mejadi sasaran seleksi.

Sekolah penggerak menjadi harapan di masa depan agar sekolah-sekolah yang belum mengalami peningkatan mutu, dapat berkonsultasi atau bahkan mendapat pendampingan dari sekolah yang telah bergabung dalam program sekolah penggerak.

Pada akhirnya, sekolah penggerak diharapkan memiliki hasil belajar di atas level yang diharapkan; lingkungan belajar yang aman, nyaman, inklusif, dan menyenangkan; pembelajaran yang berpusat pada murid; perencanaan program dan anggaran berbasis refleksi diri serta refleksi guru dan perbaikan pembelajaran terjadi. Sekolah penggerak kemudian akan melakukan pengimbasan bagi sekolah-sekolah lain yang pada akhirnya peningkatan mutu pendidikan akan terwujud di bumi Indonesia.

Maju terus Sekolah Penggerak… Serentak Bergerak, Bergerak Serentak ….!!

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..