Fasilitasi Pengembangan Model dan Media Pembelajaran Digital
Ati Rosidah, M.Pd PTP LPMP Provinsi DKI Jakarta

Pembelajaran yang berkualitas dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dapat ditentukan oleh pemilihan model dan media pembelajaran yang tepat. Pengembangan model-model pembelajaran inovatif perlu dikuasai oleh pendidik dalam menyikapi permasalahan selama PJJ maupun pada saat nanti akan dilaksanakan Pembelajaran tatap muka terbatas.

Selain pengembangan model dibutuhkan pula kreativitas guru dalam pembuatan media  pembelajaran agar pembelajaran yang menyenangkan dapat tercapai antara lain dengan media modul maupun video. Untuk membuat modul dan video pembelajaran yang berkualitas memang diperlukan keterampilan khusus yang harus dikuasai oleh pendidik  agar media yang disajikan dapat  memotivasi siswa untuk mau belajar dan memahami materi yang dipelajari.

Dalam upaya meningkatkan kemampuan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam mengembangkan model dan media pembelajaran, maka LPMP Provinsi DKI Jakarta telah melaksanakan kegiatan Fasilitasi Pengembangan Model dan Media Pembelajaran Digital.

Kegiatan fasilitasi ini dilaksanakan dalam jaringan menggunakan aplikasi zoom LPMP Provinsi DKI Jakarta, pada tanggal 24 s.d 27 Mei 2021 untuk kegiatan tatap mayanya dan dilanjut dengan penugasan mandiri sehingga pola kegiatan adalah 32 JP. Untuk manajemen kelas selama kegiatan fasilitasi, fasilitator dan peserta tergabung dalam kelas maya menggunakan google classroom untuk pemberian materi fasilitasi, penugasan dan pengumpulan semua tugas peserta.

Kegiatan Fasilitasi Pengembangan Model dan Media Pembelajaran Digital diikuti oleh 220 orang peserta yang terdiri dari unsur guru dan kepala sekolah dari berbagai jenjang yaitu: SD, SMP, SMA dan SMK. Peserta tidak hanya dari Jakarta, tetapi ada dari berbagai daerah di Indonesia. Adapun fasilitator pada kegiatan ini adalah Tim Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) LPMP Provinsi DKI Jakarta, yaitu Widyatmo, M.Pd; Haryanto, M.Si; Ani Purwati, M.Pd; Ati Rosidah, M.Pd; Dini Pratiwindya, M.Pd dan Sulaiman Ibrahim, M.Pd.

Kegiatan dibuka oleh Bapak Plt.Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta Bapak Moch. Salim Somad, S.Kom., M.Pd. Dalam pengarahannya beliau menekankan pentingnya bapak/ibu guru menguasai teknologi dalam pembelajaran sehingga bisa mengelola PJJ dengan lebih baik jika menguasai TIK.

 

   

 

Pada hari pertama tanggal 24 Mei 2021 setelah pembukaan, dilanjut dengan materi pemanfaatan akun belajar.id dengan fasilitator Bapak Widyatmo, M.Pd. Pada materi ini peserta dikenalkan tentang akun belajar.id yang sudah diberikan secara gratis oleh Kemdikbud kepada seluruh guru, kepala sekolah dan siswa pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK termasuk juga SLB.  Materi kedua terkait model-model pembelajaran inovatif dengan fasilitator Ibu Ani Purwati, M.Pd. Pada materi ini dibahas decara detail tentang berbagai model-model pembelajaran inovatif yang bisa diterapkan dalam PJJ termasuk langkah-langkah pembelajarannya pada setiap model.

Memasuki hari kedua tanggal 25 Mei 20221, dilanjut dengan materi pembuaatan e-modul dengan fasilitator Ibu Dini Pratiwindya, M.Pd. Pada materi ini dijelaskan tentang bagaimana membuat e-modul menggunakan aplikasi canva. Pada sesi 2 dilanjut dengan materi pembelajaran kolaboratif dengan menggunakan aplikasi di google dengan fasilitator Ibu Ati Rosidah, M.Pd. Peserta diajak mengenal berbagai aplikasi di google yang bisa dimanfaatkan guru untuk pembelajaran kolaboratif yang bisa mengaktifkan siswa dalam belajar. Aplikasi yang digunakan adalah google jamboard, google docs dan google slide.

 

   

 

Pada hari ketiga yaitu tanggal 27 Mei 2021, dua sesi digunakan untuk pembuatan video pembelajaran. Sesi pertama dengan fasilitator Bapak Sulaiman Ibrahim, M.Pd, peserta diajak membuat video menggunakan aplikasi prezi dan pada sesi kedua dengan fasilitator Bapak Haryanto, M.Pd peserta diajak membuat video dengan aplikasi clipchapm.

 

 

 

Peserta kegiatan sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir walaupun KBM PJJ di sekolah masing-masing sudah berjalan. Di akhir kegiatan peseta menyampaikan testimoni yang positif terhadap kegiatan fasilitasi ini. Berikut beberapa testimoni dari beberapa peserta kegiatan:

‘Terima kasih kepada Bapak Ibu panitia/fasilitator, kegiatan ini sangat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar,  terutama saat pandemi ini’.  (Ibu Sri Widayati SMPN 31)

‘Kegiatan yang diadakan oleh LPMP Provinsi DKI Jakarta keren dan sangat bermanfaat bagj kami. Semoga kedepannya akan ada lagi bimtek dengan materi yang lain misal Pembuatan Komik Pembelajaran dll ‘. (Mislianti, S.Pd.SDN Sirih)

‘Kegiatan pelatihan ini sangat menarik dan penuh tantangan. Banyak ilmu yang di dapat dari pelatihan ini mengenai model dan media pembelajaran’. (Yanto Kusmayanto, SMAN 5 Jakarta)

‘Luar biasa, sangat menarik, sangat diperlukan untuk pembelajaran masa pandemi saat ini
Semoga ada lagi pelatihan pola 32 jam lagi’.  (Wiratmi Anitasari, SMKN 27 Jakarta)

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat