Fasilitasi Pemanfaatan Akun Belajar Kemdikbud

Program Jaring Bang Nobel (Belajar Daring Bareng Pengembang Teknologi Pembelajaran)  LPMP Provinsi  DKI Jakarta  menyapa Bapak/Ibu PTK dalam kegiatan Fasilitasi Pemanfaatan Akun Belajar Kemdikbud. Kegiatan fasilitasi ini bertujuan memfasilitasi  peserta kegiatan terkait bagaimana memanfaatkan akun belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik. Akun belajar ini memiliki banyak kelebihan dibanding akun pribadi. Diantara kelebihannya adalah penyimpanan yang tanpa batas, sehingga bisa dioptimalkan untuk penyimpanan berbagai dokumen dan portofolio siswa melalui tugas di google classroom.

Hanya dalam pelaksanaannya akun belajar ini banyak sekolah belum memanfaatkannya secara optimal bahkan banyak yang belum mengetahui bahwa mereka diberikan akun belajar ini. Maka dalam kegiatan fasilitasi ini peserta diajak lebih mengenal apa akun  belajar dan bagaimana memanfaatkannya dalam meningkatkan kualitas PJJ.  Dan kegiatan fasilitasi akun  belajar ini sebagai upaya menyosialisasikan akun belajar pada PTK.

Kegiatan Fasilitasi ini diikuti oleh 250 peserta yang terdiri dari guru berbagai jenjang mulai SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. Yang menjadi fasilitator adalah Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) LPMP DKI Jakarta, yaitu Bapak Widyatmo, M.Pd, Ibu Ani Purwati, M.Pd dan Ati Rosidah, M.Pd. Dalam pelaksanaan kegiatan fasilitator menjadi tim yang saling melengkapi dalam menyampaikan materi.

 

Kegiatan fasilitasi dilasanakan pada tanggal 26 s.d 28 Juli 2021. Kegiatan di buka oleh Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta Bapak Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd. Dalam sambutannnya beliau menyampaikan program unggulan LPMPProvinsi DKI Jakarta yaitu Warung Bersama. Program ini merupakan terobosan proyek perubahan Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Wahana dan Ruang Unggulan Berbasis Kerjasama yang disingkat Warung Bersama. Dan Program Jaring Bang Nobel adalah salah satu menu yang disajikan untuk kebutuhan Bapak/Ibu guru dalam meningkatkan kompetensi terkait model dan media pembelajaran.

 

Dalam pelaksanaan kegiatan selama 3 hari saat singkronus melalui aplikasi zoom, peserta diajak untuk mengenal berbagai materi terkait aplikasi zoom. Materi yang dipelajari adalah pengenalan akun belajar, mengelola file di google drive, membuat kelas interaktif dengan google classroom, membuat kuiz menggunakan google form, membuat pembelajaran kolaboratif menggunakan google docs, google slide dan google jamboard, dan memanfaatkan google kalender untuk membuat jadwal kegiatan dan mengelola tatap maya dengan google meet.

Kita sudah mengenal google sejak lama, tapi masih banyak dari aplikasi-aplikasi di google yang belum optimal dimanfaatkan guru. Dengan kegiatan fasilitasi pemanfaatan aku  belajar ini, peserta sangat antusias karena mereka mendapatkan materi yang baru dan jarang digunakan selama pembelajaran. Dengan adanya akun belajar yang memoriya tanpa batas, maka semua pemilik akun belajar baik guru, tenaga kependidikan maupun siswa bisa menggunakannya untuk mengelola pembelajaran yang lebih baik.

 

Selama pelaksanaan kegiatan melalui zoom peserta banyak diajak untuk praktek memanfaatkan berbagai fitur di google workspace for education. Terlebih yang banyak dimanfaatkan untuk pembelajaran kolaboratif yang agak sulit dilakukan saat PJJ. Dengan menggunakan berbagai fitur di google seperti google docs, google slide dan google jamboard bisa memungkinkan terjadi pembelajaran interaktif dan kolaboratif. Peserta juga diajak langsung ikut berkolaborasi dan mengisi berbagai contoh penugasan di google docs, google slide dan google jamboard.

Untuk mengoptimalkan pembelajaran, selain singkronus dengan zoom peserta juga difasilitasi dengan pembelajaran asingkronus melalui google classroom untuk mempelajari berbagai modul dan penugasan yang diberikan di GCR. Terakhir peserta mengikuti kegiatan Uji Kompetensi untuk menentukan kelulusan mereka dalam mengikuti kegiatan fasilitasi akun belajar ini. Peserta yang lulus berhak mendapat sertifikat dari google sebanyak 32 JP.

 

  

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat