DWP LPMP Provinsi DKI Jakarta “Berbagi Berkah Takjil Ramadhan”

Secara gramatika Arab, “takjil” adalah nomina yang berarti “segera”. Namun dalam bahasa kita identik dengan makanan, khususnya semua kudapan untuk berbuka puasa seperti kolak, gorengan, lontong, kue-kue tradisional dan lain-lain. Kata ini ditransliterasi dari perintah Nabi SAW untuk menyegerakan berbuka puasa (takjil).  Nabi SAW bersabda, “Manusia senantiasa berada di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Menyegerakan berbuka puasa dan berbagi takjil adalah dua hal kebaikkan yang selalu dilakukan pada bulan yang suci ini. Terkait pahala berbagi takjil buka puasa, Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang membukakan orang yang berpuasa, ia mendapat pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun.” (HR. Turmudzi), dengan melakukan hal ini akan mendapatkan pahala berpuasa ganda, pahala puasa itu sendiri dan pahala membukakan orang berpuasa.

Berangkat dari hal tersebut, “Berbagi Berkah Takjil Ramadhan” kembali menjadi salah satu agenda kegiatan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) LPMP Provinsi DKI Jakarta untuk mengisi kegiatan bulan Ramadhan tahun ini.

 

Berbagai macam kudapan, minuman dan makanan menjadi pilihan takjil yang akan diberikan selama sebulan penuh Ramadhan. Pemberian takjil diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu dan yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi yang telah lama melanda. Selain itu, pedagang-pedagang gerobak kaki lima, para pengemudi on line dan ojek pangkalan serta masyarakat kurang mampu disekitar  lingkungan kantor merupakan prioritas pemberian takjil.

          

Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat menghadirkan  keberkahan, kebahagian dan bermanfaat bagi penerima dan penyelenggara. DWP LPMP Provinsi DKI Jakarta akan selalu berupaya melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan terus berupaya meningkatkan kepedulian sosial kepada masyarakat.

Di bulan penuh keberkahan ini, semoga kita smua dapat mengisinya dengan hal-hal bermanfaat, memperkuat ibadah, meringankan tangan untuk berbagi melalui infak/sedekah dan hal-hal baik lainnya yang akan membawa kita pada ketakwaan dan keutamaan pahala bulan Ramadhan. Aamiin Ya Rabbal’allamiin.

Terus semangat menjalankan ibadah puasa, tetap jaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan 5M (Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas).

(Nurfa)

 

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat