Diklat Penguatan Kepala Sekolah di Lingkungan YPI Al Azhar

Kebutuhan untuk mengembangkan dan memperkuat kompetensinya sebagai kepala sekolah saat ini dirasakan semakin tinggi.  Hal ini salah satunya terlihat dari keinginan Yayasan Pesantren Islam Al Azhar untuk bermitra dengan LPMP DKI Jakarta untuk menyelenggarakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah di lingkungan YPI Al Azhar. Pimpinan yayasan berharap agar kepala sekolah yang mengabdi memiliki lima dimensi kompetensi dengan baik, yaitu dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.

Diklat ini diselenggarakan di LPMP DKI Jakarta dari tanggal 10 s.d. 15 Maret 2019. Kepala LPMP DKI Jakarta, Surya Fitri Nurulhhuda, SE., M.Si membuka kegiatan ini secara resmi dengan didampingi Kepala Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan, Rina Harjanti, S.Si. Pada saat pembukaan, YPI Al Azhar juga mendapat kesempatan untuk memberi sambutan yang disampaikan oleh ketua yayasan Drs. H. Sobirin H. Solikhudin.

Diklat Penguatan Kepala Sekolah ini diikuti oleh 67 orang kepala sekolah di lingkungan YPI Al Azhar yang berasal dari 27 kabupaten/kota di Indonesia. Selama pelatihan berlangsung, peserta dibagi ke dalam dua kelas dan diberi penilaian sikap, keterampilan dan pengetahuan. Seluruh peserta berperan aktif mengikuti rangkaian kegiatan dan mengerjakan lembar kerja.

Dalam pelatihan ini, tim Master Trainer menyampaikan 13 materi penguatan kompetensi kepala sekolah dan pengetahuan terkait program pengembangan sekolah berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan. Tim terdiri dari Master Trainer LPPKS Djoko Sambodo, M.Pd., dan Master Trainer LPMP DKI Jakarta, yaitu Dr. Didang Setiawan, M.Pd., Widyaningtyas Sistaningrum, SE., M.M. dan Heni Mulyani, M.Si.

TESTIMONI

(Enung Nuraeni, M.Pd - SD Islam Al Azhar 46) Alhamdulillah, kegiatan dapat diikuti dengan baik dan menyenangkan karena materi yang disajikan sangat bermanfaat, merefresh kembali pengetahuan yang terpendam tanpa ada kendala yang berarti, yang bertahun tahun ilmu itu tersimpan baik dalam ingatan meskipun lama lama menjadi kabur. Enam hari di bimbinmg tanpa lelah oleh para widyaiswara yang professional sehingga waktu tidak terasa karena penyajian sangat menarik. Terimakasih panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini saya mengucapkan jazakumullah khairon katsiroo. Semoga Allah yang membalas seluruh kebaikan bapak dan ibu. Terimakasih teman-teman yang baik yang telah menjadi tim yang baik. Allhamdulillah, semoga ilmu yang di dapat bermanfaat bagi umat.
(Budi Saktiono, M.Pd. - SD ISLAM AL AZHAR 19) Ikut serta dalam Diklat Penguatan Kepala Sekolah adalah sebuah keniscayaan dalam keberadannya, maka perlu berkesinambungan dalam melaksanakannya.
Manfaat yang didapat adalah sbb:
1.    Semakin mantap untuk melaksanakan materi yang sudah di sampaikan sesuai tahapan dan kemampuan.
2.    Menjadi bertambah pengalaman dalam segala aspek sesuai kompetensi kepala sekolah.
3.    Termotivasi dengan tergolongnya silaturahmi antar teman.
4.    Berusaha keras untuk meperdalam dan berbagi kepada tamu dan staf disekolah
(Tri Nuryani, S.Ag. - SD Islam Al Azhar 22 Salatiga) Alhamdulillah, saya mendapat kesempatan untuk mengikuti Diklat Penguatan Kepala Sekolah yang diselenggarakan oleh YPI AL-AZHAR bekerja sama dengan LPMP dan LPPKS. Selama enam hari mengikuti diklat, banyak ilmu yang kami dapatkan yang bermanfaat sebagai bekal kami dalam melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah.
Materi yang di sampaikan oleh Bapak Djoko Sambodo, M.Pd dari LPPKS dan Ibu Heni Mulyani, M.Si dari LPMP DKI JAKARTA sangat bermanfaat bagi kami. Menjadikan kami lebih percaya diri dan bersemangat dalam menjalankan tugas kami.Selain itu banyak pengalaman yang kami peroleh dari teman-teman kepala sekolah dalam kegiatan diskusi. Dari diskusi tersebut kami bisa berbagi pengalaman dalam menyelesaikan permasalahan di sekolah kami masing-masing. Jazakumullah khairan katsira kami sampaikan kepada para narasumber khususnya Pak Djoko dan Bu Heni. Semoga ilmu yang bapak ibu sampaikan menjadi amal jariah yang akan dibalas dengan surgaNya.
(Wiwik Suprianingsih, S.Pd. - SD Islam Al Fauzien) Bismillah, dengan mengikuti Diklat Penguatan Kepala Sekolah saya memperoleh banyak sekali manfaat antara lain :
1.    Memperoleh ilmu baru dalam penggunaan teknologi (google drive) mendownload video dari youtube
2.    Dapat mengevaluasi diri dalam keterkaitan dengan 8 SNP
3.    Membuat program pengembangan sekolah
4.    Mengetahui cara mengembangkan RKS dan pelaporannya
5.    Mengembangkan kewirausahaan sekolah
Insyaalah diklat ini akan menjadi modal utama jaya dalam menerangkan keterampilan
(Ramlah  Malik, S.Pd. - KB-TK Islam Al Azhar 8 Jakapermai) Alhamdulillah allah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti diklat ini. Sungguh ini merupakan hal yang luar biasa bagi saya untuk menguatkan keyakinan saya dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai kepala sekolah.
Pengalaman menjadi kepala sekolah yang masih sedikit, terkadang membuat saya agak minder, karena hal hal yang mendasar dari job dis dan fungsi belum terkuasai dengan baik. Dengan mengikuti diklat ini semua terbuka dan semakin memperjelas apa yang harus saya lakukan sebagai seorang kepala sekolah.
Hal terpenting yang menguatkan saya adalah keyakinan dalam melakukan supervise akademik dan managerial, serta bagaimana mengembangkan kapasitas sekolah.
Semoga semua ilmu bisa bermanfaat. Terimakasih untuk widyaiswara. Ilmu yang manfaat dan berkah insyaallah.
(Drs. Hamdan Hairin, M.M. - SD ISLAM AL AZHAR 44) Alhamdulillah setelah saya mengikuti diklat ini wawasan saya bertambah dan lebih memahami tupoksi kepala sekolah Hal ini menjadikan bekal saya untuk meningkatkan dan memajukan sekolah.
Terimakasih kepada Bapak Didang dan Ibu Widya yang telah menginspirasi saya.
    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta