“DiJaMu Fungsi PMS” LPMP Provinsi DKI Jakarta
Upi Purnamasari, S.Si.

Mengawali tahun 2021, salah satu fungsi di LPMP Provinsi DKI Jakarta yaitu Pemetaan Mutu dan Supervisi (PMS) bersiap untuk mengawal pelaksanaan program penjaminan mutu pendidikan, dengan mengadakan pertemuan rutin “DiJaMu Fungsi PMS”. Hal ini perlu dilakukan mengingat adanya formasi baru dalam susunan personal di fungsi PMS pada awal tahun 2021, yaitu 25 % personal lama dan 75 % personal baru yang belum memiliki pengalaman dalam melaksanakan program pemetaan mutu dan supervisi.

“DiJaMu Fungsi PMS” merupakan singkatan dari “Diskusi tentang Penjaminan Mutu dari, oleh dan untuk seluruh personal di Fungsi PMS”. Kegiatan “DiJaMu Fungsi PMS” merupakan wadah yang menyatukan ide, gagasan, pengetahuan, wawasan, keterampilan, serta hati dan perasaan personal fungsi PMS. Hal ini bertujuan untuk membangun chemistry dan rasa saling memiliki satu dengan yang lainnya antar personal di fungsi PMS. Ketika pelaksanaan program kegiatan seluruh personal ikut bertanggungjawab menyukseskan pelaksanaannya, tak ada yang saling mengandalkan dan tidak membantu, walaupun setiap program dan kegiatan di fungsi PMS telah ditentukan penanggungjawab dan pelaksananya untuk tahun 2021.
.
“DiJaMu Fungsi PMS” di awal tahun 2021 ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan kompetensi dalam penyelenggaraan program kegiatan LPMP yang akan dilaksanakan secara online / metode dalam jaringan (daring). Kompetensi yang dibutuhkan tersebut diantaranya adalah menyiapkan perangkat pertemuan online, menjadi host/co-host, menyiapkan daftar hadir dan biodata secara on-line, membuat backdrop kegiatan, bertindak sebagai moderator kegiatan, serta kompetensi lainnya. Sebelumnya kompetensi tersebut dimiliki oleh sebagian kecil personal. Oleh karena itu agar penyiapan penyelenggaraan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar maka kegatan “DiJaMu Fungsi PMS” menjadi sangat penting dan sangat dibutuhkan.

Kegiatan “DiJaMu Fungsi PMS” edisi perdana diselenggarakan pada hari Kamis, 11 Februari 2021 secara daring melalui zoom meeting. Konsep pelaksanaan kegiatan yaitu dari, oleh dan untuk personal fungsi PMS, sehingga penyaji, pelaksana, dan peserta kegiatan adalah personal fungsi PMS. Agenda pada kegiatan perdana ini adalah meningkatkan kompetensi seluruh personal Fungsi PMS dalam menyiapkan kegiatan daring yaitu pembuatan link zoom, kompetensi menjadi host / co-host dan moderator, serta pembuatan backdrop / virtual background.

Kegiatan “DiJaMu Fungsi PMS” perdana berlangsung mulai pukul 09.00 s.d 15.00 WIB dengan suasana santai namun bermakna. Walaupun pesertanya tidak banyak, hanya 10 orang, kegiatan tetap dapat dilaksanakan dengan penuh semangat dan antusias karena peserta langsung mempraktekkan materi yang disampaikan oleh penyaji.

Kegiatan “DiJaMu Fungsi PMS” harapannya dapat terus dilaksanakan sepanjang tahun, dengan berbagai tema dan kompetensi lainnya, yang dibutuhkan dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab pelaksanaan sistem penjaminan mutu pendidikan. Semoga seluruh personal fungsi PMS dapat menjadi pribadi yang tidak pernah bosan belajar dan terus menambah ilmu pengetahuan serta berupaya meraih Ridho Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah dalam HR. Ibnu Majah dan Abu Dawud yang mengatakan bahwa, “Barang siapa yang menapaki suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga”.

Semoga melalui kegiatan “DiJaMu Fungsi PMS” dapat memberikan manfaat dan menginspirasi Fungsi dan unit kerja lainnya di LPMP Provinsi DKI Jakarta, sehingga seluruh pegawai LPMP Provinsi DKI Jakarta memiliki pengetahuan dan kompetensi yang mumpuni dalam melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Di samping itu transfer knowledge tidak terjadi hanya di unit kecil namun dapat menyeluruh di LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Fungsi PMS, maju bersama sukses semua! Salam sehat untuk kita semua.

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..