Artikel

Covid-19 Menjadi Tematik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Prakarya
Dadi Ardiansyah, Guru Prakarya dan Bimbingan TIK di SMP Negeri 19 Jakarta

Seperti kita ketahui sejak wabah Covid-19 merebak di tanah air mulai tanggal 14 Maret 2020 Pemerintah menganjurkan agar pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (Home learning) dengan maksud mencegah penyebaran virus Covid-19 di kalangan dunia pendidikan. Hal ini menjadi  tantangan bagi kami bagaimana mempersiapkan pembelajaran jarak jauh ini nantinya berjalan secara efektif dan efesien untuk pencapaian tujuan pembelajaran, menyiapkan penggunaan media daring yang dapat diakses secara mudah oleh seluruh peserta didik dan terlebih lagi anjuran pemerintah agar di dalam pembelajaran terdapat unsur edukasi tentang Covid-19 dan pencegahannya menjadi tantangan tersendiri.

Berdasarkan pengalaman yang kami lakukan menggunakan berbagai media daring semua dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh namun mengingat peserta didik yang heterogen dan kondisi yang berbeda pada saat ini serta kepemilikan  akun yang telah dimiliki sebagian besar peserta didik maka kami menggunakan Google Classroom, e-mail, dan  WhatsappE-mail dan Whatsapp digunakan apabila ada peserta didik yang mangalami kendala dalam penggunaan Google Classroom baik komunikasi maupun pengiriman tagihan pembelajaran.

Konsep Merdeka Belajar tentang  penyusunan RPP sederhana yang telah digaungkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi inspirasi bagi kami untuk menyusun RPP jarak jauh secara mudah dan cepat yang hanya terdiri atas Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian. RPP jarak jauh disusun oleh kami setiap minggunya dan diperuntukkan untuk pembelajaran jarak jauh selama seminggu.

Anjuran pemerintah untuk mengedukasi peserta didik tentang Covid-19 terutama pencegahan penyebaran Covid-19 pada pembelajaran prakarya jarak jauh tidaklah terlalu sulit. Kompetensi Dasar dan konsep dasar dalam pembelajaran prakarya berisi tentang bagaimana mamahami dan menemukan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, menemukan ide/gagasan pemecahan masalah, merencanakan membuat produk untuk memecahkan masalah, dan membuat produk pemecahan masalah, sehingga Covid-19 menjadi tematik dalam pembelajaran prakarya dan menentukan kompetensi dasar yang tepat untuk mengaitkan dengan tema Covid-19.

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang kami lakukan diawali dengan kesiapan peserta didik untuk bergabung dengan media daring yang saat ini kita gunakan adalah google classroom melalui sosialisasi digroup WA/Line peserta didik setiap kelasnya dengan bantuan wali kelas terutama id/password untuk bergabung bagi yang belum bergabung. Sesuai RPP jarak jauh yang telah kami susun tugas pada google classroom yang diposting/diberikan kepada peserta didik mengikuti langkah-langkah pada kegiatan pembelajaran yang terdapat pada RPP tersebut. Terdiri atas kegiatan karakter diawali dengan berdoa, melakukan kegiatan literasi membaca buku dan mencari informasi di link yang sudah dipersiapkan untuk menemukan informasi tentang konsep permasalahan yang sedang dihadapi terutama Covid-19, penularannya, dan pencegahannya dengan difasilitasi lembar kerja, memahami dan menganalisa sistem produk yang dapat mencegah penyebaran Covid-19, menemukan ide/gagasan dan merancang produk sederhana yang dapat mencegah penyebaran Covid-19, dan bahkan dapat membuat produk sederhana yang dapat mencegah penyebaran Covid-19. Penilaan dapat dilakukan secara langsung setelah peserta didik  mengirimkan lampiran tugas pembelajaran berdasarkan lembar kerja dan guru dapat memberikan umpan balik atau komentar terhadap tugas yang telah dinilai.

Hal yang menarik selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berlangsung adalah sikap kritis peserta didik untuk menanyakan tentang tugas pembalajaran, konsep Covid-19 dan konsep prakarya terhadap Covid-19 (menemukan masalah, memecahkan masalah, menemukan ide/gagasan dan merancang produk pemcecahan masalah, dan membuat produk sederhana pemecahan masalah).

Berikut komentar-komentas peserta didik setelah mengikuti pembalajaran jarak jauh.

“Saya suka dengan adanya home learning dan belajar menggunakan google classroom karna lebih mudah & praktis, dan saya bisa mengerjakannya dengan lebih santai dibanding di sekolah. Dengan cara ini juga kita dapat mencegah virus corona seperti materi pada google classroom kali ini.” (Irena Mutia Zahra kelas VII+B)

Menurut saya google classroom mempermudah komunikasi antara guru dan murid dalam home learning kali ini. Terima kasih”. (Lulu lituhayu naila kelas VII-B)

“Dengan adanya pembelajaran jarak jauh ini saya merasa senang karena dapat mencari pembelajaran/informasi bukan hanya melalui buku namun juga internet dan juga waktu belajar tidak terburu-buru dan dapat mengerjakan tugas/belajar dengan santai.”. (Azra kelas VII-B)

Ada kelebihan dan kekurangan saat saya menjalankan pembelajaran jarak jauh. Kelebihannya adalah saya bisa menggali materi tanpa harus dijelaskan dengan guru mata pelajaran sehingga saya lebih rajin untuk mencari informasi tentang materi yang dipelajari. Saya juga belajar mandiri dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Kekurangannya adalah saya kurang mengerti materi yang sedang dipelajari apabila tidak dijelaskan langsung oleh guru mata pelajaran. (Ficha kelas VII-A)

 

 

Tanggapan dan komentar peserta didik lainnya dapat diakses pada link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=bWEYQWhc8C0&feature=youtu.be

 

Dadi Ardiansyah  berprofesi sebagai  Guru Prakarya dan Bimbingan TIK di SMP Negeri 19 Jakarta, Pengurus MGMP Prakarya tingkat Provinsi, sebagai IK, IP, IN  kurikulum 2013.

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..