Bimtek Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan Aplikasi e-Rapor

Dini Pratiwindya -

Seksi Fasilitasi Sumber Daya Pendikan (FPMP) berkolaborasi dengan Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) LPMP DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan e-Rapor di LPMP DKI Jakarta. Bimtek ini dilaksanakan dalam 2 hari kegiatan yaitu pada tanggal 6 dan 13 Desember 2019.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala LPMP DKI Jakarta yang diwakili oleh Kepala Seksi FPMP, Rina Harjanti, S.Si., M.Pd. dan Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta,  Momon Sulaeman, M. Pd.

Bu Rina menyatakan bahwa di era disruptif ini semua orang tidak bisa hanya menjadi yang biasa-biasa saja, semua guru harus luar biasa dan terus mengembangkan diri dan menyesuaikan diri dengan zamannya serta terus belajar.

Pada kesempatan kali ini, Pak Sulaeman berpesan agar guru-guru dan operator sekolah dalam mengisi berbagai aplikasi dan pendataan sekolah hendaklah dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan menghindari kesalahan input data yang dapat berakibat fatal. Disamping itu, beliau juga mengingatkan agar guru-guru dan operator sekolah yang berkesempatan hari pada acara ini untuk dapat berbagi pengalaman dan manfaat yang didapat kepada rekan-rekan guru yang lain di sekolah.

Narasumber kegiatan ini adalah Andi Sulistiyono, S.Kom., Pengembang Teknologi Pembelajaran Muda di Pustekkom Kemdikbud, dan Duta Rumah Belajar DKI Jakarta Tahun 2019 yang diwakili oleh Hastuti, S.Pd., MM. (Guru SMPN 105 Jakarta) dan Diaz Hasan Hutomo, S.Pd. (Guru SDN Tugu Utara 15).

Materi terdiri dari Aplikasi Pendidikan di Era Digital, Rumah Belajar, Pemanfaatan Kelas Maya, Membuat Soal Daring dengan Memanfaatkan Google Forms serta Membuat akun dan shortlink. Selain itu, Duta Rumah Belajar memperkenalkan AR (Augmented Reality) Rumah Belajar sebagai aplikasi terbaru dari Portal Rumah Belajar. Peserta mengunduh dan mencoba aplikasi tersebut. Peserta yang berhasil mencoba dan mulai main dengan AR dan berhasil, berteriak gembira.

Kegiatan juga diselingi dengan permainan Kahoot dengan 11 pertanyaan seputar portal rumah belajar. Peserta diajak untuk meriview kembali tentang materi yang telah diberikan narasumber dengan cara yang asik, seru dan menyenangkan. Semua peserta terlihat antusias dan gembira. Lima (5) orang pemenang mendapatkan hadiah menarik dari Rumah Belajar.

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..