Bimbingan Teknis Proktor Daerah
Rahmah Kurniawaty, S.Kom, S.S, M.T
Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022 akan segera dilaksanakan. Pelaksanaan ANBK akan dapat berjalan dengan baik, salah satunya karena peran dari proctor. Hal ini mengingat proktor memiliki peranan yang sangat strategis dari segi teknis, karena tugasnya adalah bertanggung jawab dalam mengendalikan teknis pelaksanaan ANBK. Persiapan perangkat komputer dan seluruh sarana pendukungnya, harus dilakukan dengan cermat dan sesuai prosedur, demi terselenggaranya ANBK secara maksimal. Persiapan tersebut antara lain penyiapan perangkat lunak (software) seperti penginstallan, proses sinkronisasi, sehingga lancar dalam pelaksanaan dari sisi aplikasi. Demikian pula dengan perangkat kerasnya (hardware), misalnya penyiapan jaringan, perangkat komputer itu sendiri, hingga perbaikannya jika dibutuhkan. Saat ANBK berlangsung, seorang proktor bertugas memastikan keseluruhan proses berjalan dengan lancar sesuai prosedur yang ditetapkan, dan berkoordinasi dengan Tim Teknis ANBK di tingkat kab/kota dan Provinsi.
Kesuksesan pelaksanaan ANBK di tingkat provinsi sangat dipengaruhi oleh kesiapan Tim teknis ANBK dan proktor, sehingga bimbingan teknis proktor tingkat daerah ini sangat penting dilakukan. Sebelum pelaksanaan ANBK yang kedua pada tahun 2022, perlu dilakukan penyegaran bagi proktor terkait aplikasi ANBK yang terbaru, bagaimana mekanisme pelaksanaan ANBK tahun 2022, dan kemungkinan-kemungkinan kesalahan teknis atau masalah lain yang dapat terjadi pada tahun ini. Berdasarkan hal tersebut maka BPMP Provinsi DKI Jakarta sebagai UPT Kemdikbudristek yang bertugas untuk mengawal semua kebijakan, termasuk ANBK menyelenggarakan Bimbingan Teknis Proktor Tingkat Daerah di wilayah DKI Jakarta, sebagai salah satu persiapan dalam pelaksanaan ANBK Tahun 2022.
Kegiatan Bimtek Proktor tingkat daerah ini merupakan kegiatan kelima dari rangkaian kegiatan AN yang menjadi program kerja BPMP Provinsi DKI Jakarta tahun 2022 pada Fungsi Pemetaaan Mutu Pendidikan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan teknis pelaksanaan ANBK Tahun 2022 kepada proktor satuan pendidikan, yang meliputi: a) Sosialisasi mekanisme dan aplikasi terbaru ANBK tahun 2022, b) Sharing masalah-masalah yang mungkin terjadi pada ANBK tahun 2022 dan penanggulangannya. c) Pemahaman tindak lanjut kegiatan berupa koordinasi dengan pengawas sekolah untuk pengimbasan kepada proktor satuan pendidikan di wilayah binaan masing-masing, dan melakukan koordinasi dengan tim teknis ANBK tingkat kab/kota terkait teknis pelaksanaan di wilayah masing-masing.
Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa s.d Rabu, 19–20 Juli 2022 bertempat di Aula Mitra Nusantara BPMP Provinsi DKI Jakarta. Peserta kegiatan ini terdiri dari 68 peserta yang berasal dari unsur Proktor tingkat daerah jenjang SD, SMP, SMA dan SLB, Koordinator Fungsi, dan Fungsional Umum BPMP Provinsi DKI Jakarta.
Hadir pada kegiatan ini sebagai narasumber adalah Koordinator Fungsi Pemetaan BPMP Provinsi DKI Jakarta (Ibu Sri Sulastri) yang mewakili Kepala BPMP Provinsi DKI Jakarta dengan materi Kebijakan AN 2022 BPMP Provinsi DKI Jakarta. Narasumber berikutnya adalah Kepala Bidang SMP dan SMA yang diwakili Kasi Kelembagaan dan Sumber Belajar bidang SMP dan SMA (Bapak Salikun) dengan materi Pengarahan Kebijakan ANBK SMP-SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Pemateri ketiga adalah Kabid SD dan PKLK yang diwakili oleh Sub Koordinator Urusan Kurikulum Dan Penilaian SD dan SMP (Ibu Astin Julaikah), dengan materi Pengarahan Kebijakan ANBK SD Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Pemateri terakhir pada hari pertama kegiatan ini adalah Tim Teknis Dinas Pendidikan (Bapak Nurjaman dan Bapak Indra Permana) dengan materi teknis Mekanisme Pelaksanaan ANBK 2022 dan Pemanfaatan Laman ANBK.
Narasumber pada hari kedua dengan bahasan teknis pelaksanaan ANBK diberikan secara tim oleh Bapak Nurjaman dan Bapak Indra Permana dengan materi Aplikasi AN dan Teknis Penanganan permasalahan ANBK. Agar kegiatan dapat berdampak nyata, maka dilakukan komitmen bersama terkait pengimbasan dan koordinasi lanjutan dengan pengawas dan sekolah binaannya dalam wilayah masing-masing peserta, yang difasilitasi oleh Ibu Rahmah Kurniawaty. Terakhir, sebelum menutup kegiatan, Ibu Sri Sulastri memberikan penguatan terkait tugas-tugas dan target yang harus dilakukan setelah kembali ke wilayah masing-masing.