Bimbingan Teknis Program Sekolah Penggerak ke Pemerintah Daerah Tahun 2022

Program Merdeka Belajar episode ke-7 yakni Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak (SP) merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya sebagai upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila. Terkait dengan Program Sekolah Penggerak (PSP), peran BPMP adalah mengawal implementasi dari program tersebut. Salah satunya melalui kegiatan pendampingan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) agar pemerintah daerah dapat mengimplementasikan Program Sekolah Penggerak.

Untuk memenuhi peran tersebut, maka BPMP Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Program Sekolah Penggerak Tahun 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 2 s.d. 4 Juni di Grand Soll Marina Hotel Tangerang. Kegiatan dibuka oleh Bapak Mohammad Sidqi Daud, Kepala Seksi Pengembangan Karir Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, hal tersebut merupakan bentuk sinergi antara Pemerintah Daerah dengan BPMP Provinsi DKI Jakarta dalam mendukung Program Sekolah Penggerak.

       

Agar dapat mencapai tujuan kegiatan, dihadirkan narasumber dari Kemendikbudristek yang terkait langsung dengan Program Sekolah Penggerak yaitu M. Shalehuddin Al Ayubi, S.I.Kom, M.Hum dari Pudatin, Dr. Erisda Eka Putra, S.Pd, M.Si dari Puskurjar, dan Evionora, M.Pd dari Tim Pokja PSP. Bapak Ir. Feddy Djunaedi selaku tim Staf Khusus Mendikbudristek turut menyampaikan materi tentang Perencanaan Berbasis Data. Peserta yang hadir pada kegiatan ini adalah para pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan dan Suku Dinas Pendidikan, serta perwakilan pengawas jenjang TK, SD, SMP, dan SMA di Provinsi DKI Jakarta.

Tujuan kegiatan ini adalah dihasilkannya solusi terhadap kendala yang dialami ketika mengimplementasikan Program Sekolah  Penggerak 1 dan 2. Selama kegiatan berlangsung diperoleh output berupa Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari seluruh suku dinas pendidikan 5 wilayah kota dan kabupaten Kepulauan Seribu. Selain itu, terdapat pula hasil yang sangat menggembirakan, yaitu adanya komitmen Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta melalui Ibu Rita Marina yang merupakan Kepala Bidang Perencanaan dan Pengganggaran Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk menganggarkan kegiatan-kegiatan yang menunjang kesuksesan pelaksanaan Program Sekolah Peggerak. Tidak hanya itu, ada pula komitmen yang diikrarkan oleh seluruh suku dinas pendidikan yang dibuatkan video sebagai pengingat komitmen Pemda dalam mengawal implementasi Program Sekolah Penggerak

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..