Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Pembelajaran dalam Blended Learning
Asyih Yuniesti, S.Pd

Bertatap muka adalah impian sebagian besar orang di saat pandemi ini, meskipun masih ada yang belum merasa aman berada di keramaian. Di tengah kondisi tersebut LPMP Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Mutu Pembelajaran dalam Blended Learning di Hotel Aston Kartika Grogol, dikemas dalam bentuk blended learning dengan menegakkan protokol kesehatan. Kegiatan ini diperuntukan bagi kepala sekolah dari sekolah titik program Supervisi Mutu Pendidikan yang dilaksanakan dalam dua angkatan. Peserta angkatan pertama berasal dari jenjang SMA, SMP, dan SLB dilaksanakan pada tanggal 21 s.d. 23 September 2021. Sedangkan angkatan kedua untuk jenjang SD dan dilaksanakan pada tanggal 28 s.d. 30 September 2021. Berdasarkan pengamatan selama kegiatan, terlihat euphoria bertatap muka secara langsung di wajah para peserta, seolah menyatakan diri siap menghadapi era new normal.

Salah satu arah kebijakan LPMP Provinsi DKI Jakarta adalah memberikan layanan peningkatan mutu pendidikan yang menjangkau seluruh satuan pendidikan di wilayah DKI Jakarta. Maka LPMP berkomitmen memberikan fasilitasi terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan bagi satuan pendidikan di jenjang SD, SMP, SMA dan SLB.

Sejalan dengan kebijakan di atas, salah satu bentuk fasilitasi yang dilakukan adalah pelaksanaan program Supervisi Mutu Pendidikan yang dilakukan oleh Pengawas Sekolah. Program tersebut memiliki empat tahapan, yaitu: 1) memetakan kondisi sekolah, 2) verval dan penyusunan rencana peningkatan mutu, 3) pelaksanaan peningkatan mutu, dan 4) evaluasi pelaksanaan peningkatan mutu).

Pada tahapan pelaksanaan peningkatan mutu, satuan pendidikan akan melaksanakan peningkatan mutu berdasarkan rekomendasi yang diberikan pengawas terkait Literasi dan Numerasi, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

   

Kegiatan dibuka oleh kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd setelah sebelumnya memaparkan kebijakan Penjaminan Mutu LPMP Provinsi DKI Jakarta, salah satu diantaranya adalah tentang Warung Bersama. Laporan ketua panitia dilakukan oleh Koordinator Fungsi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan (FPMP) dan Kerjasama Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) yaitu Widyatmo, M.Pd.

Pada kesempatan kali ini Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang SMP dan SMA, Drs. Hermanto, M.Si, M.M turut hadir sebagai narasumber, begitu juga dengan Kasi Kurikulum dan Penilaian  Bidang SD dan PKLK yaitu Astin Julaikhah, M.Pd. Selain itu ada pula tim fasilitator yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Widyaprada (WP) dan Pengembang Teknologi Pendidikan (PTP) LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Aston Kartika Hotel Grogol dekat terminal

Kapal pontong bersandar di pelabuhan

Jika anda galau menghadapi era new normal

Bimtek Blended Learning salah satu pilihan

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..

Open chat