Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Data Pokok Pendidikan

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbaharui secara online.  Dalam melaksanakan tugas pemutakhiran data dan informasi mutu pendidikan dasar dan menengah di Provinsi DKI Jakarta yang berdasarkan Surat Edaran Dirjen Paud, Dikdasmen Nomor 2242/C/TI/2020 tentang Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Semester 2 Tahun Ajaran 2019/2020, LPMP DKI Jakarta melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Data Pokok Pendidikan (Bimtek Fasda Dapodik) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020 yang dilaksanakan dari hari Selasa s.d Jumat tanggal 16 s.d 19 Juni 2020 secara daring untuk pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah. Kegiatan bimtek ini dibuka oleh Kepala LPMP DKI Jakarta, Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd.  Untuk data dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) nantinya juga  akan dimasukkan ke Dapodik.

LPMP DKI Jakarta sebagai Unit Pelayanan Teknis Kementerian Pendidikan Kebudayaan memiliki tugas melakukan pengawasan dan peningkatan kualitas data pendidikan di Provinsi DKI Jakarta. Untuk menjalankan tugas tersebut dan sebagai upaya mencapai indikator validasi data pada dapodik yang belum valid, sudah sejak  2018 LPMP DKI Jakarta melaksanakan peningkatan kualitas dapodik ini. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan pembekalan bagi operator yang dipersiapkan untuk menjadi fasilitator. Kelayakan mereka sebagai fasilitator ditentukan dari hasil pretes dan postes yang sudah dibuat. Dan bagi yang tidak mencapai nilai layak untuk menjadi fasilitator, mereka tetap dapat mengimbaskan Sistem Aplikasi Dapodikdasmen dengan kualitas yang baik untuk operator-operator satuan pendidikan di wilayah kecamatannya.

Tujuan Bimtek Fasda Dapodik Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020 adalah sosialisasi kebijakan pendataan di lingkungan Kemdikbud dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, sosialisasi Sistem Aplikasi Dapodikdasmen Tahun 2020, dan menyiapkan Fasilitator Daerah yang akan menjadi fasilitator pada kegiatan Bimtek Pemenuhan Validitas Dapodik bagi Operator Satuan Pendidikan di Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020.

Peserta Bimtek Fasda Dapodik diikuti oleh 86 peserta yang terdiri dari Pusdatikomdik Provinsi DKI Jakarta, Kasi PTK dan Operator Sudin 5 Wilayah dan Kepulauan Seribu, Operator Kecamatan, dan perwakilan pegawai LPMP DKI Jakarta.  Narasumber kegiatan ini terdiri dari Kepala LPMP DKI Jakarta, Kasubbag Data dan Informasi Setditjen Pauddikdasmen, Kepala Pusdatikomdik Provinsi DKI Jakarta, Kepala Seksi Sistem Informasi LPMP DKI Jakarta, Tim Dapodik Setditjen Pauddikdasmen, dan Admin Dapodik LPMP DKI Jakarta.

Dalam kegiatan 4 hari ini, peserta memperoleh materi terkait Kebijakan Dapodik Dikdasmen Kemdikbud, Kebijakan Pendataan Dinas Provinsi DKI Jakarta, Kebijakan Sistem Pendataan LPMP DKI Jakarta, serta Manajemen, Aplikasi dan Validasi Dapodikdasmen  2020. Penyampaian materi ini diselingi dengan tanya jawab terkait kendala yang ditemukan para opertor di lapangan untuk mendapatkan solusi penanganannya. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan verifikasi pendataan sekolah yang akan menjadi sasaran Bimtek Peningkatan Kualitas Dapodik. Dari hasil diskusi kelompok per wilayah, dapat diperoleh data sekolah dari 5 wilayah dan 1 kabupaten di Provinsi DKI Jakarta yang nantinya akan diikutsertakan dalam kegiatan Bimtek Pemenuhan Validitas Dapodik bagi Operator Satuan Pendidikan di Provinsi DKI Jakarta yang akan diadakan pada pertengahan Bulan Juli 2020.  Semoga dengan pelaksanaan Bimtek Fasda Dapodik Provinsi DKI Jakarta ini akan membuat Dapodik di Jakarta akan terus meningkat kualitasnya. (HM)

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..