Bimbingan Teknis di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Pengawas Sekolah
Ati Rosidah, M.Pd.

Pelaksanaan Belajar Bersama dalam Jaringan (Berbaring) yang dilaksanakan secara daring oleh LPMP DKI Jakarta sudah terlaksana dari bulan April 2020 sejak diberlakukannya pembelajaran jarak jauh akibat mewabahnya Covid-19. Memasuki bulan Juli 2020 kegiatan Berbaring masih tetap dilaksanakan dengan tetap mengutamakan sasaran pada PTK. Tetapi untuk edisi Berbaring tanggal 14, 17 dan 20 Juli 2020, LPMP melaksanakan kegiatan Berbaring edisi spesial yaitu Bimbingan Teknis Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Coaching dan Counseling di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Pengawas Sekolah.

Tujuan dari kegiatan Bimtek ini adalah memberikan bimbingan kepada pengawas sekolah jenjang SD, SMP dan SMA di Provinsi DKI Jakarta dalam memanfaatkan TIK untuk menunjang kegiatan pembinaan ke masing-masing sekolah binaannya khususnya pembinaan selama pelaksanaan pembelajran jarak jauh. Adapun materi yang disampaikan pada saat bimtek ini antara lain Supervisi Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh yang disampaikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, dilanjutkan dengan materi dari widyaiswara LPMP DKI Jakarta terkait Pembelajaran dan Supervisi Pembelajaran di Masa PJJ, Penyusunan RPP dalam PJJ, dan Penilaian Pembelajaran dalam PJJ. Selain itu juga terdapat materi pemanfaatan teknologi yang disampaikan oleh tim Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP DKI Jakarta, yaitu Pengelolaan Video Conference untuk Supervisi Pembelajaran Daring dengan Zoom dan Google Meet, Membuat Daftar Hadir Daring dengan Zoho, Kelas Maya dengan Google Classroom, Membuat Video Pembelajaran Sederhana dengan Powerpoint, Penilaian Online dengan Google Form dan Penilaian Interaktif dengan Quizizz dan Kahoot.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek ini sebanyak 264 orang pengawas yang umumnya pengawas jenjang SD, SMP,SMA dan SMK di Provinsi DKI Jakarta, ada beberapa pengawas sekolah di bawah naungan Kemenag serta pengawas sekolah dari luar DKI Jakarta.

Selama kegiatan berlangsung pengawas begitu antusias mengikuti setiap materi walaupun kegiatan dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom dengan waktu pelaksanaan dari jam 08.00 – 16.30 selama 3 hari. Pengawas sekolah diajak untuk praktek dalam memanfaatkan TIK untuk pembelajaran, seperti mengelola ruang video konverensi, membuat kelas maya, membuat soal online, membuat daftar hadir dan membuat video pembelajaran. Pengawas sekolah juga aktif bertanya kepada narasumber jika ada materi yang belum dipahami.

Berikut beberapa testimoni dari pengawas sekolah terkait pelaksanaan kegiatan Berbaring edisi Bimbingan Teknis Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Coaching dan Counseling di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Pengawas Sekolah.

“Di masa Covid-19 Belajar bersama LPMP adalah solusi untuk peningkatan kompetensi pengawas.” – Dr. Istandi (Pengawas SD Jakarta Timur)

“Belajar bersama dalam jaringan LPMP DKI benar-benar dapat meningkatkan mutu kepengawasan pendidikan di New Normal. Bravo LPMP.” – Bangun Pratikno, M.Pd (Pengawas SMP Jakarta Barat)

“Bermanfaat melengkapi kompetensi Pengawas.” – Dr. Parjuangan Lubis, M.M (Pengawas SMA Jakarta Selatan)

“Pembelajaran sangat bermanfaat, terutama dalam pembelajaran Daring. Hanya terlambat, mestinya sebelum pandemi kita diberikan biar punya bekal, tapi inilah manfaat pandemi.  Tetap kita bersyukur, semoga LPMP terus mengawal perbaikan mutu sekolah jauh ke depan, Semoga aamiin.“ – Hasanudin, SE,MM (Pengawas SMK Jakarta Selatan)

“Saya sangat senang mengikuti kegiatan.webinar ini karena ilmunya luar biasa dan sangat bermanfaat dalam PJJ atau Daring.” – Siti Nurbaiti,S.Ag., M.Pd.I (Pengawas Kemenag Jakarta Timur)

“LPMP DKI Jakarta luar biasa, merespon kami yang dari luar DKI bergabung  Belajar Bersama dalam jaringan, sehingga kami bisa beramah tamah dgn Bapak Ibu Pengawas DKI dan Panitia serta Narsum dengan sangat rileks tetapi mantul.. tks kepada Panitia sukses selalu.” – Motoruddin Nainggolan,S.Pd (Pengawas Kota Batam)

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..