Bersama, Berbagi, Beraksi (Catatan Kecil dari Tim Renstra)
Anti Kesuma

Sumber: slide paparan dari Narasumber Setditjen Paud, Dikdas dan Dikmen, 14 Juli 2020

Perencanaan Strategik (Renstra) Kemendikbud resmi disahkan pada tanggal 2 Juni 2020 yang termuat dalam Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2020. Apa sih keseruan dari kelanjutannya? Ya, unit-unit kerja yang dinaunginya diminta segera mengukuhkan dokumen Renstra-nya masing-masing, dengan menjaga keselarasan visi, misi, dan tujuan yang hendak dicapai dengan Renstra kementeriannya.

Memenuhi amanah birokrasi ini, dengan semangat bersama, berbagi dan beraksi, pasukan Renstra LPMP DKI Jakarta ‘Tim Komite Integritas’ menggelar aksi gotong royong menyusun Renstra yang dipimpin oleh Kepala Lembaga. Sebagai obor semangat kolaboratif, Moch. Salim Somad, perhelatan 3 hari, 14-16 Juli 2020 dilakukan dalam ruang rapat virtual tak sedikitpun meredupkan konsistensi aksi kolaborasi untuk mewujudkan sebuah Renstra yang membumi dan valid untuk dipedomani dalam melaksanakan tugas dan fungsi lembaga.

Nilai-nilai moral yang dapat dibagi dari perhelatan rutin 5 tahunan yang dilakukan oleh LPMP DKI Jakarta ini adalah menemukan kesadaran akan hebatnya semangat bersama, berbagi dan beraksi. Secara praktis dapat dijabarkan sebagai berikut:

Bersama, sebesar apapun amanah tugas yang diberikan pada Lembaga jika dilakukan bersama akan lebih mudah merealisasi dan tidak membebani;

Berbagi, sekompleks apapun ragam pekerjaan yang dilakukan jika dibagi secara proporsional akan menghasilkan kinerja optimal;

Beraksi, sehebat apapun rencana yang disusun akan bermanfaat lebih berarti jika diwujudkan dalam aksi nyata yang akuntabel.

 

Wujud nyatanya seperti ini:

Distribusi Kebutuhan Bahan
Renstra LPMP DKI Jakarta 2020-2024

No

Materi Konten

Letak Konten

PJ Konten

Bentuk Penyajian Konten

1

Capaian 5 tahun SI Bab I Seksi SI Uraian, tabel, grafik

2

Capaian 5 tahun PMS Bab I Seksi PMS Uraian, tabel, grafik

3

Capaian 5 tahun FPMP Bab I Seksi FPMP Uraian, tabel, grafik

4

Capaian 5 tahun SBU Bab I SBU dan Seksi SI Uraian dan foto

5

Isu Strategis Bab I Ati Rosidah dan Suwarkono Uraian

6

Logical Framework Bab I Ani Purwati dan Sri Sulastri Infografis

7

Analisis SWOT Bab I Ani Purwati dan Sri Sulastri Infografis

8

Tujuan dan Sasaran Strategis Bab II Anti Kesuma Tabel

9

Arah Kebijakan Bab III Anti Kesuma Uraian

10

Strategi Pelaksanaan Tusi (berbasis 6  fungsi LPMP) Bab III Seksi SI, PMS, FPMP dan SBU, serta WI dan PTP Uraian

11

Kerangka Regulasi Bab III Yulie Apsari Pointer

12

Kerangka Kelembagaan (struktur, tusi, tata nilai) Bab III Hendarmoko Uraian dan infografis

13

Kerangka Kelembagaan (kondisi SDM) Bab III Laili Rachmah Uraian dan grafik

14

Reformasi Birokrasi Bab III Sri Rahmawanti Uraian dan tabel

15

Target Kinerja (matrik) Bab IV Anti Kesuma Tabel

16

Target Kinerja (output dan outcome) Bab IV M. Arif Tabel

17

Kerangka Pendanaan Bab IV Anton Hadhi Tabel

18

Kata Pengantar dan Penutup Bab V Anti Kesuma Narasi

19

Lampiran (definisi operasional)   Abdul Majid Definisi

Tabel pembagian tugas penyiapan konten untuk Renstra Lembaga di atas hanyalah sebuah langkah sederhana sebagai bentuk semangat bekerja sama. Kebersamaan tanggung jawab menjadikan Renstra yang tersusun mampu menyatukan ruh integritas yang menggugurkan ego sektoral. Maju bersama, meraih prestasi kinerja.

Materi penyusunan Renstra ini difasilitasi oleh para guru sekaligus sahabat-sahabat kami di Kemendikbud. Diawali oleh Bapak Katman dari Setditjen Paud, Dikdas dan Dikmen, dan ditutup dengan penguatan dari narasumber Biro Perencanaan, Ibu Cyti Daniela, yang memberikan penguatan bahwa Renstra LPMP DKI Jakarta yang bermanfaat adalah yang mampu mewujudkan outcome-nya, yakni peningkatan mutu satuan pendidikan di Provinsi DKI Jakarta, diindikasi dari ketercapaian setiap output yang tertuang dalam rencana kerjanya.

Sebagai bagian dari Tim Komite Integritas yang berjumlah 62 orang, kembali diberi amanah melaksanakan kegiatan rutin 5 tahunan ini menjadi pengalaman yang kaya makna dan rasa. Apalagi ini amanah yang ke-4, berarti utuh sudah dokumen Renstra satu paket RPJMN terselesaikan, setara anak sekolah dari masuk SD sampai lulus kuliah S1.

Harapannya, dengan semangat Bersama Menyusun Renstra, dokumen ini tidak hanya mengisi lemari arsip saja. Namun semangat berbagi dan beraksi ini terus menyala dalam setiap aktivitas di LPMP DKI Jakarta, serta menjadi sumbangsih wawasan bagi yang membutuhkan. Insyaa Allah…

Selalu ada arti di setiap tulus inspirasi.

Semangat LPMP DKI Jakarta, berintegritas dan berkualitas!

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..