Bergerak Serentak Sukseskan Rapat Tim PMO
Sri Rakhmawanti, S.E., M.M.

Program Sekolah Penggerak merupakan upaya transformasi pendidikan di satuan Pendidikan dan perlu dilakukan pemantauan sejak tahap perencanaan, kemudian pemetaan, pemenuhan program, evaluasi pencapaian program, dan penyusunan strategi baru. untuk memastikan jalannya Program Sekolah Penggerak dibentuk Tim PMO, sehingga seluruh kendala yang terjadi dan pengambilan kebijakan penyelesaiannya dapat diprogramkan untuk diselesaikan secara efektif.

Di awal tahun 2022 ini, dilaksanakan Rapat Tim PMO pada tanggal 26 Januari 2022 secara daring dihadiri oleh perwakilan Tim PMO Pusat, Tim PMO Disdik Provinsi DKI Jakarta, Tim PMO LPMP Provinsi DKI Jakarta, Pelatih Ahli, Pengawas Sekolah Penggerak.

Rapat Tim PMO dibuka oleh Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd. Pada sambutannya Pak Salim menyampaikan perkembangan aktivasi penggunaan akun belajar.id di DKI Jakarta yang masih belum mencapai target. Selanjutnya Pak Salim juga menyampaikan penetapan sekolah penggerak angkatan 2 dan lini masa program sekolah penggerak angkatan 2 dan 3.

Tabel Jumlah Sekolah Penggerak DKI Jakarta Angkatan 2

      JENJANG/

KOTA                              

TK – PAUD

SD SMP SMA

SLB

N

S N S N S N S N

S

JAKSEL

14 13 12 6

6

13

12 4

4

JAKTIM

3 19 17 14 5

9

JAKBAR

15 26 4 13

3

JAKUT

1

8 11 5 5

4

4

56 67 35 29 22 13 12 4

4

Jumlah per Jenjang

60

102 51 25

8

Jumlah Keseluruhan

246

Acara dianjutkan dengan mendengarkan evaluasi pelaksanaan program sekolah penggerak di DKI Jakarta dari Tim PMO Disdik Provinsi DKI Jakarta yang disampaikan oleh Drs. Gunas Mardianto, M.Si, Agus Asikin, M.Pd dan Salikun, M.Si. Program sekolah penggerak di DKI Jakarta terus menerus dipantau. Terlihat bahwa ada perubahan peningkatan nuansa pembelajaran yang berfokus pada murid di program sekolah penggerak. Geliat murid dalam berbagai event yang diselenggarakan sekolah membangkitkan semangat pembelajaran paradigma baru. Terkait dengan pemberlakukan PTMT 100%, kebijakan PTMT di DKI Jakarta masih tetap dijalankan sesuai agenda dan terus dievaluasi dengan memberikan keleluasan kepada orang tua yang belum mengijinkan anaknya untuk mengikuti PTMT tetap mengikuti PJJ. Keberlangsungan PTMT DKI Jakarta tergantung kebijakan level PKM yang akan ditetapkan oleh Satgas Covid-19.

Kemudian agenda disambung dengan mendengarkan laporan Tim PMO LPMP Provinsi DKI Jakarta yang disampaikan oleh Sri Sulastri, S.Si, M.Pd. Pada paparannya Ibu Sri menyampaikan tugas keseharian Tim PMO dan laporan perkembangan capaian dan hambatan program sekolah penggerak di jenjang PAUD, SLB, SD, SMP, dan SMA.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan menyepakati solusi mengatasi hambatan pelaksanaan program sekolah penggerak yang dipandu oleh Rosmida Simanjorang, M.Pd

No Jenis Hambatan

Subjenis

Hambatan

Solusi
1 Kegiatan Pembelajaran Perangkat ajar tidak memadai (keterbatasan akses terhadap buku teks, contoh modul ajar, contoh penguatan projek profil pelajar Pancasila) Berkoordinasi dengan Direktorat SD dan SMP, Dinas Pendidikan beserta pengawas sekolah, dan pelatih ahli untuk memudahkan pengadaan perangkat ajar yang memadai (terutama pada ketersediaan buku siswa mata pelajaran PPKN, seni budaya dan Penjaskes serta keberadaan e-rapor secara resmi).
2 Teknologi Perangkat keras (Laptop/tablet/

smartphone)

Berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan beserta pengawas sekolah dan pelatih ahli untuk Pengadaan perangkat keras (terutama perlengkapan penunjang seperti chrome book berupa cables, sound, in focus, dan screen).
3 Sumber Daya Manusia (SDM) Jumlah guru tidak mencukupi Berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan beserta pengawas sekolah untuk memudahkan tercukupinya jumlah guru (terutama pada mata pelajaran PAI, IPA, seni budaya, dan TIK).

Acara diakhiri dengan simpulan rapat oleh Ani Purwati, S.Si, M.Pd dan ditutup secara resmi oleh Agus Asikin, M.Pd.

Semoga dengan komitmen bersama Tim PMO daerah dan konsisten melaksanakan amanah yang diembannya, pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di DKI Jakarta berjalan sesuai harapan dan meraih capaian terbaik.

Serentak Bergerak… Bergerak Serentak…

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..