“Bergerak Serentak, Sukseskan Coaching Clinic Pendaftaran Program Sekolah Penggerak Angkatan Ke-3 Demi Pendidikan Tuntas Berkualitas untuk Semua”
Oktora Melansari, S.Sos, MA

Program Sekolah Penggerak (PSP) merupakan Program Merdeka Belajar episode ke-7 yang diluncurkan Kemendikbudristek. Saat ini Pendaftaran Calon Kepala Sekolah Penggerak Angkatan 3 Tahun 2022 telah dimulai. Sesuai dengan lini masa yang telah ditetapkan oleh pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP), maka pendaftaran dapat dilakukan sejak tanggal 19 Januari hingga 28 Februari 2022. Terkait dengan hal tersebut, LPMP Provinsi DKI Jakarta telah melaksanakan Coaching Clinic bagi kepala sekolah yang sedang mengikuti proses seleksi tahap 1 Program Sekolah Penggerak angkatan 3 pada tanggal 16 sampai dengan 23 Februari 2022 secara daring melalui aplikasi zoom meeting, yang kemudian dilanjutkan dengan moda luring di LPMP Provinsi DKI Jakarta selama 2 hari pada 24 dan 25 Februari 2022.

Dengan penyelenggaraan kegiatan Coaching Clinic yang melibatkan Dinas Pendidikan Provinsi dan Suku Dinas Pendidikan Kab/Kota se-DKI Jakarta, diharapkan para pendaftar PSP Angkatan ke-3 ini dapat memanfaatkan kesempatan dan waktu yang tersedia dengan sebaik-baiknya untuk proses sampai dengan submit berkas. Peserta yang lolos sebagai Kepala Sekolah Penggerak dapat menjadi leader yang akan mengantarkan pada peningkatan kualitas pendidikan, demikian disampaikan Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moh. Salim Somad, S.Kom, M.Pd pada penyelenggaraan kegiatan secara luring.

   

Sebagai penjelasan, Coaching Clinic adalah layanan berupa konsultasi dan pendampingan yang difasilitasi oleh LPMP Provinsi DKI Jakarta secara daring maupun luring dengan tujuan memberikan penjelasan dan pendampingan   secara teknis kepada kepala sekolah. Hal tersebut untuk meminimalisir kesulitan dan kesalahan yang dihadapi oleh kepala sekolah pada saat mengikuti proses seleksi tahap 1 Program Sekolah Penggerak Angkatan 3. Kegiatan yang diikuti oleh kandidat Kepala Sekolah Penggerak dari wilayah Jakarta Pusat, Kepualauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Utara serta Cadangan Angkatan 1 dan 2 dari wilayah Kota Jakarta Timur dan Selatan ini diisi dengan arahan dari para narasumber dari Widyaprada LPMP Provinsi DKI Jakarta, Tim Admin Dapodik/SIMPKB Dinas Pendidikan Provinsi dan Suku Dinas Pendidikan Kab/Kota, serta berbagi praktik baik oleh para Kepala Sekolah yang telah lulus seleksi Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 dan 2.

Selanjutnya para kandidat PSP tersebut dibagi dalam kelas berdasarkan wilayah masing-masing untuk didampingi dalam menyelesaikan proses pendaftaran yang terdiri dari pengisian data diri, kelengkapan administrasi, serta pengisian essai terkait pengalaman peserta selama menjadi kepala sekolah. Target kegiatan ini adalah memastikan seluruh kandidat yang te;ah mendaftar untuk dapat menyelesaikan pengisian Curriculum Vitae (CV) dan essay sampai kirim/submit berkas sebelum batas akhir tanggal 28 Februari 2022.

Selama delapan hari penyelenggaraan kegiatan coaching clinic, terdapat progress yang cukup signifikan peserta yang telah meyelesaikan proses pendaftaran. Sebelum pelaksanaan kegiatan pada tanggal 15 Februari 2022 terdapat 114 pendaftar dengan hanya 6 peserta yang telah submit CV dan essay, sedangkan setelah proses couching clinic berakhir pada tanggal 25 Februari 2022 peserta yang telah submit berkas sebanyak 291 dari 403 keseluruhan pendaftar. Proses ini masih terus berlangsung sampai dengan batas akhir pendaftaran tanggal 28 Februari 2022.

Program Sekolah Penggerak yang saat ini berlangsung merupakan upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui  terciptanya Pelajar Pancasila yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Program ini dilakukan secara bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Sekolah Penggerak. Program ini merupakan Program kolaborasi antara Kemdikbud dengan Pemerintah Daerah dan komitmen Pemda menjadi kunci utama. Dengan komitmen bersama untuk bergerak serentak wujudkan suksesnya Program Sekolah Penggerak untuk pendidikan yang lebih berkualitas.

 

Ondel-ondel kesenian asli Jakarta

Bagian dari kekayaan nusantara

Mari jadikan siswa berprofil Pelajar Pancasila

Dengan segera mendaftar PSP Angkatan Ketiga

***

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..