“Bergerak Serentak, Bersama Sukseskan Pendidikan Tuntas Berkualitas untuk Semua melalui Intervensi Digitalisasi Sekolah Penggerak”
Oktora Melansari, S.Sos, MA

Program Sekolah Penggerak (PSP) adalah Program Merdeka Belajar episode ke-7 yang  merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya sebagai upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila. Ada lima intervensi yang dilakukan di sekolah penggerak, yaitu: 1) Pendampingan konsultatif dan asimetris; 2) Penguatan sumber daya manusia di sekolah; 3) Pembelajaran dengan paradigma baru; 4) Perencanaan Berbasis Data, dan 5) Digitalisasi sekola.

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi DKI Jakarta sebagai UPT (Unit Pelaksana Teknis) Ditjen PAUD Dikdasmen Kemdikbudristek memiliki tugas melaksanakan penjaminan dan peningkatan mutu, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Masyarakat di Provinsi DKI Jakarta.  Peran BPMP dalam mengawal implementasi dari program tersebut terutama pada intervensi Digitalisasi Sekolah melalui kegiatan Pelatihan perencanaan, penatausahaan, dan pelaporan sekolah menggunakan platform Sumber Daya Sekolah (SDS), platform rapor pendidikan, dan platform Merdeka Mengajar yang dilaksanakan secara luring dalam 3 gelombang.

Gelombang 1 telah dilaksanakan pada tanggal 9 s.d 11 Juni 2022 di Hotel Ibis Gading Serpong, Tangerang, yang diikuti 109 peserta Kepala Sekolah jenjang SD Wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Sedangkan Gelombang 2 diselenggarakan pada 13 s.d 15 Juni 2022 di Hotel Golden Tulip Essential, Tangerang, yang diikuti oleh 109 peserta dari jenjang SMP dan SMA. Masih di tempat yang sama, Gelombang 3 pada tanggal 16 s.d 18 Juni 2022 dengan 109 peserta dari jenjang PAUD, SLB dan SD Jakarta Utara serta pegawai BPMP Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala BPMP Provinsi DKI Jakarta, Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd pada Gelombang 1 ini menghadirkan narasumber dari Setditjen PAUD Dikdas dan Dikmen untuk materi Gambaran Umum dan 5 intervensi PSP; narasumber dari Dinas Provinsi DKI Jakarta dengan materi Implementasi PSP di Provinsi DKI Jakarta; serta dilanjutkan dengan penjelasan terkait Akun Belajar.id, Pemanfaatan Platform Teknologi Digitalisasi Sekolah yang terdiri dari Platform Sumber Daya Sekolah (SDS), Platform Rapor Pendidikan, dan Platform Merdeka Mengajar yang disampaikan secara Team Teaching oleh fasilitator dari unsur Pusdatin, Fasilitator Sekolah Penggerak, Admin PSP Sudin Pendidikan Wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Timur, serta Koordinator Fungsi Fasilitasi BPMP Provinsi DKI Jakarta.

Di akhir kegiatan, para peserta diwajibkan menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) serta Tugas Mandiri berupa Video Diseminasi Kegiatan di sekolah masing-masing. Selama penyelenggaraan kegiatan terlihat para peserta begitu antusias mengikuti seluruh materi, serta praktek pemanfaatan platform yang memang benar-benar dibutuhkan dalam implementasi sekolah penggerak.

Semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini, hasil yang diharapkan yaitu peserta dapat memanfaatkan platform Sumber Daya Sekolah (SDS), platform rapor pendidikan, dan platform merdeka mengajar dalam perencanaan, penatausahaan, dan pelaporan manajemen sekolah dapat berjalan dengan baik sehingga pendidikan tuntas berkualitas untuk semua dapat terwujud.

   

 

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..