Berbaring “Desain Cantik dan Menarik Dengan Canva”
Sri Rakhmawanti, S.E., M.M.

Belajar Bersama dalam Jaringan (Berbaring) LPMP Provinsi DKI Jakarta kali ini mengajak peserta untuk membuat desain cantik dan menarik menggunakan aplikasi Canva yang tak berbayar. Canva merupakan platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen, dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan.

Dini Pratiwindya, M.Pd, selaku narasumber dan juga salah satu PTP LPMP Provinsi  DKI Jakarta, memandu bagaimana menggunakan Canva untuk membuat desain sebuah poster sederhana.

Dalam penjelasannya, dimulai dari install aplikasi Canva hingga membuat desain poster sederhana. Berikut ini penjelasan singkat penggunaan  Canva.

Langkah 1: Membuat akun Canva

Setelah mengakses www.canva.com klik tombol “Sign up” yang ada di sebelah kiri atau pojok kanan atas layar. Lalu mendaftar menggunakan akun Google, Facebook atau alamat email. Setelah melakukannya, Canva sudah siap digunakan.

Langkah 2: Membuat desain

Setelah masuk di halaman utama Canva, klik “Create a design” yang ditunjuk oleh tanda panah merah pada gambar di atas, lalu pilih jenis konten visual yang ingin dibuat.

Langkah 3: Memilih background

Untuk membuat background, masuk ke halaman editor Canva. Untuk memudahkan desain dirancang menggunakan template. Ada 2 menu yang bisa dipilih ketika ingin menentukan gambar untuk latar belakang desain, yaitu “Photos” dan “Background”. Pada menu “Photos”, dapat ditemukan beragam foto dengan gaya yang berbeda-beda. Sedangkan pada menu “Background” menyediakan gradient warna dan gambar dengan gaya minimalis.

 

Langkah 4: Mengedit background

Untuk mengedit background, dapat menggunakan “Adjust” berisi beberapa slider yang dapat digeser ke kiri atau kanan untuk mendapatkan hasil edit yang diinginkan.

Langkah 5: Menambah teks

Untuk menambahkan teks pada desain yang sudah dibuat, dapat klik menu “Text”. Ada 2 cara yang digunakan yaitu dengan memillih berbagai template yang disediakan Canva, yaitu mengganti tulisan yang ada pada template. Bila tidak tertarik dengan variasi template yang ada, maka dapat membubuhkan teks secara manual. Untuk melakukannya, klik salah satu dari tiga model tulisan yang ada di atas daftar template.

Langkah 6 : Mengunduh hasil desain.

Canva memiliki fitur auto save. Karya/desain yang sudah dibuat telah tersimpan otomatis pada folder penyimpanan yang disebut sebelumnya. Untuk mengunduh desain, klik tombol “Download” yang ada pada pojok kanan atas layar. Setelah menekan tombol “Download” dapat dipilih format file yang akan disimpan dari desain yang telah dibuat (PNG/JPG/PDF).

Sangat menarik membuat desain menggunakan Canva, terlihat dari keaktifan peserta yang mengikuti kegiatan dengan mencoba membuat desain di Canva dengan dipandu narasumber.

 

Sungguh kreatif hasil karya peserta pada kegiatan Berbaring kali ini.

Semoga materi kali ini dapat menginspirasi para pendidik untuk berkreasi menghadirkan desain menarik. Semangat untuk terus berkarya para pendidik Provins DKI Jakarta.

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..