BebaringProgram Inovasi

Belajar Bersama dalam Jaringan “Piawai Mengelola dan Melaporkan Hasil Asesmen”
Oktora Melansari, S.Sos, MA

Edisi Belajar Bersama dalam Jaringan (Berbaring) BPMP Provinsi DKI Jakarta bertepatan di Hari Guru Nasional pada Jumat, 25 November 2022 mempersembahkan tema spesial untuk para guru, yaitu “Piawai Mengelola dan Melaporkan Hasil Asesmen” dengan menghadirkan Husen Sutisna, S.P, M.Si (Dosen GICI Business School).

Peserta yang berjumlah 350 lebih dari berbagai wilayah di Indonesia ini mengikuti kegiatan dengan penuh antusias materi yang disampaikan oleh narasumber dan diskusi tanya jawab yang dipandu oleh moderator Susiah Budiarti, M.Pd (Widyaprada BPMP Provinsi DKI Jakarta).

Dalam paparannya, narasumber yang juga merupakan Pelatih Ahli/Fasilitator Sekolah Penggerak Angkatan 1 menjelaskan bahwa Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan dan pencapaian hasil belajar peserta didik. Ada lima prinsip asesmen, yaitu:

  1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, mefasilitasi pembelajaran, menyediakan informasi sebagai umpan balik untuk guru, peserta didik, dan orang tua.
  2. Asesmen perlu dirancang dan dilakukan sesuai dengan tujuan.
  3. Asesmen dirancang secara adil, valid dan dapat dipercaya, memberikan informasi yang kaya bagi guru, peserta didik dan orang tua mengenai kemajuan dan pencapaian pembelajaran, serta keputusan tentang langkah selanjutnya.
  4. Asesmen sebaiknya meliputi berbagai bentuk tugas, instrumen, dan teknik yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditargetkan.
  5. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat untuk peserta didik dan orang tua, dan data yang berguna untuk penjaminan dan peningkatan mutu pembelajaran.

    Lebih lanjut Pak Husen menjelaskan, ada 3 jenis asesmen yaitu: Diagnostik, yang silakukan di awal pembelajaran; Formatif, dilakukan selama proses pembelajaran; dan Sumatif, yang dilakukan pada akhir fase setelah selesai lingkup materi.

    Asesmen formatif dirancang untuk tujuan pembelajaran dan tidak seharusnya digunakan untuk  menentukan nilai rapor, keputusan  kenaikan kelas, kelulusan, atau  keputusan-keputusan penting  lainnya. Sedangkan asesmen sumatif bertujuan untuk  menilai pencapaian tujuan  pembelajaran dan/atau CP  peserta didik.

    Pengolahan Hasil Asesmen untuk Rapor:

    • Pengolahan hasil asesmen dilakukan dengan memanfaatkan hasil formatif dan sumatif.
    • Terdapat 2 jenis data, yaitu data hasil asesmen yang berupa angka (kuantitatif) serta data hasil asesmen yang berupa narasi (kualitatif).
    • Pengolahan hasil asesmen dalam bentuk angka (kuantitatif) didasarkan hanya pada hasil asesmen sumatif.
    • Asesmen formatif digunakan sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran sekaligus sebagai bahan pertimbangan menyusun deskripsi capaian kompetensi

    Pada bahasan terkait Pelaporan Hasil Belajar beliau menjelaskan bahwa:

    • Pelaporan hasil penilaian atau asesmen dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar, yang berupa laporan hasil belajar, yang disusun berdasarkan pengolahan hasil Penilaian.
    • Laporan hasil belajar paling sedikit memberikan informasi mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik.
    • Pada PAUD, selain memuat informasi tersebut, laporan hasil belajar juga memuat informasi mengenai pertumbuhan dan  perkembangan anak.

    Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan para peserta dapat lebih memahami terkait instrumen saat melakukan asesmen, tapi juga kompeten mengolah dan melaporkan hasil asesmen yang sudah dilakukannya, sehingga laporan hasil belajar yang dihasilkan bersifat sederhana dan informatif, dapat memberikan informasi-informasi yang bermanfaat, kompetensi yang dicapai, dan strategi tindak lanjut bagi pendidik dan orang tua untuk mendukung capaian pembelajaran.

    Tayangan Berbaring selengkapnya dapat disimak melalui kanal Youtube Official BPMP DKI Jakarta di link
    https://bit.ly/PiawaiMengeloladanMelaporkanHasilAsesmen

       

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..