Belajar Bersama dalam Jaringan Bersama LPMP DKI Jakarta
Ati Rosidah, M.Pd, PTP LPMP DKI Jakarta

Mewabahnya virus corona khususnya di DKI Jakarta dan adanya kebijakan meliburkan sekolah dan pembelajaran berubah menjadi pembelajaran jarak jauh, tentu guru perlu meningkatkan kompetensinya dalam mengelola pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Dalam upaya turut serta dalam memberikan bekal pengelolaan pembelajaran yang berbasis digital, maka LPMP DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Belajar dalam Jaringan Bersama LPMP DKI Jakarta.

Kegiatan Belajar dalam Jaringan ini dilaksanakan seminggu dua kali dengan video konferensi menggunakan Aplikasi Zoom dengan target 100 orang per kegiatan. Adapun sasaran kegiatan adalah kepala sekolah dan guru di DKI Jakarta jenjang SD, SMP dan SMA. Pada Tahap 1 kegiatan Belajar Bersama di Bulan April telah terlaksana 5 kegiatan dengan durasi 2 jam yaitu dari pk 13.30 hingga 15.30, sebagai berikut:

  1. Tanggal 16 April 2020, materi Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom. Pembelajaran Jarak Jauh dengan narasumber Ati Rosidah, M.Pd (PTP LPMP DKI Jakarta). Jumlah peserta yang menjadi partisipan pada kegiatan tersebut sebanyak 42 orang guru dari berbagai jenjang satuan pendidikan.
  2. Tanggal 17 April 2020, materi Kuis Kahoot dan PemBaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) 2020 dengan narasumber Diaz Hasan Hutomo, S.Pd (Duta Rumah Belajar DKI Jakarta Tahun 2019). Jumlah peserta yang menjadi partisipan pada kegiatan tersebut sebanyak 45 orang guru dari berbagai jenjang satuan pendidikan.
  3. Tanggal 21 April 2020, materi Kelas Maya Rumah Belajar dengan narasumber Hastuti, S.Pd, MM (Duta Rumah Belajar DKI Jakarta Tahun 2018). Jumlah peserta yang menjadi partisipan pada kegiatan tersebut sebanyak 25 orang guru dari berbagai jenjang satuan pendidikan.
  4. Tanggal 24 April 2020, materi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Media Sosial dengan narasumber Hastuti, S.Pd, MM (Duta Rumah Belajar DKI Jakarta Tahun 2018). Jumlah peserta yang menjadi partisipan pada kegiatan tersebut sebanyak 52 orang guru dari berbagai jenjang satuan pendidikan di DKI Jakarta dan beberapa guru dari daerah lainnya.
  5. Tanggal 24 April 2020, materi Tips dan Trik Membuat Soal Dengan Google Form dengan Rahmah Kurniawaty, S.Kom, SS, M.T (Widyaiswara LPMP DKI Jakarta). Jumlah peserta yang menjadi partisipan pada kegiatan tersebut sebanyak 100 orang guru dari berbagai jenjang  satuan pendidikan di DKI Jakarta dan beberapa guru dari daerah lainnya.

Berdasarkan instrumen evaluasi yang disebar pada saat kegiatan Belajar Bersama dilaksanakan, secara umum partisipan menilai kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka dan berharap kegiatan ini terus dilaksanakan oleh LPMP DKI Jakarta dengan materi lain yang dibutuhkan apalagi yang terkait dengan Pembelajaran Jarak Jauh yang sekarang dilaksanakan di sekolah.

Untuk menjawab harapan para peserta kegiatan Belajar Bersama dalam Jaringan ini, maka kegiatan ini akan terus dilaksanakan dengan berbagai materi yang bervariasi terkait pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran Jarak Jauh dengan narasumber widyaiswara dan PTP LPMP DKI Jakarta. Nantikan kegiatan belajar bersama berikutnya di Bulan Mei dan Juni dengan jadwal yang akan kami informasikan di web LPMP DKI Jakarta.

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..