Belajar Bersama Dalam Jaringan (BERBARING) “Satu Tahun Pembelajaran Menyenangkan dengan BerBaRing”
Oktora Melansari, S.Sos, MA

Episode terakhir Belajar Bersama dalam Jaringan (BerBaRing) pada Jumat, 19 November 2021 ditutup dengan tema “Pembelajaran Menyenangkan di Rumah” dengan menghadirkan narasumber Chairun Nisa (TK Negeri Pembina Tingkat Nasional) dengan moderator Sri Sulastri, M.Pd (Widyaprada Ahli Madya LPMP Provinsi DKI Jakarta).

Pada kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini dijelaskan oleh narasumber bahwa masa anak-anak adalah masa bermain.  Bermain merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan anak sehari-hari. Dengan bermain, anak dapat mengekspresikan diri dengan perasaan senang dan tanpa paksaan.

Pandemi COVID-19 yang melanda negeri ini selama kurang lebih 2 tahun lamanya tentunya turut berimbas pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).  Menurut narasumber kunci pembelajaran yang menyenangkan di rumah adalah rencana pembelajaran yang dibuat guru, serta komunikasi dan kerja sama yang baik antara guru dan orang tua. Peran orang tua sangat diperlukan untuk mendukung pembelajaran yang menyenangkan di rumah.

Paparan yang disampaikan oleh narasumber secara jelas dan menarik, dilanjutkan dengan diskusi  interaktif dipandu moderator yang sangat sabar dan ramah, membuat peserta sangat antusias mengikuti kegiatan sampai selesai. Meski tidak semua pertanyaan dapat dijawab karena keterbatasan waktu, para peserta merasa puas dengan mengikuti kegiatan ini dapat semakin menambah pengetahuan dan wawasan yang sangat mereka butuhkan.

Satu tahun sudah BerBaring menemani para tenaga kependidikan dan kalangan masyarakat Pendidikan dengan tema-tema yang kekinian. BerBaring dipandu oleh narasumber dan moderator hebat, serta tim panitia yang dikomandani oleh Sri Rakhmawanti, SE, MM, didampingi MC cantik bersuara merdu Seniwati, S.AP, M.Pd, didukung host ganteng nan keren Lukas Sujarwo, SE, serta tim pendaftaran peserta duet manis Dian Mustika Dewi dan Jihani, A.Md yang  begitu solid, mampu mempersembahkan 28 pertemuan secara daring dengan lancar dan sukses.

Dalam kesempatan yang baik ini, Koordinator Fungsi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Kerjasama, Widyatmo, M.Pd mengucapan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada jajaran pimpinan, panitia, dan peserta setia  BerBaring, serta seluruh pihak yang turut  mendukung terselenggaranya rangkaian kegiatan ini selama tahun 2021. Semoga di tahun-tahun ke depan, BerBaRing akan terus eksis dan semakin meningkatkan kualitas serta inovasi  dalam menyebarkan pengetahuan dan pembelajaran yang menarik yang tentunya sangat dibutuhkan khalayak pendidikan.

Salut dan Sukses untuk BerBaring…!!!

  • Narasumber, Koordinator Fungsi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Kerjasama, dan Moderator

     

  • Tim Panitia BerBaRing (Ketua Tim, Anggota Tim, dan MC)

   

  • Peserta BeBaRing

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..