Belajar Bersama Dalam Jaringan (BERBARING) LPMP Provinsi DKI Jakarta Edisi Perdana Tahun 2021
Ati Rosidah, M.Pd

Kegiatan Belajar Bersama dalam Jaringan tahun 2020 merupakan kegiatan inovatif LPMP DKI Jakarta. Berbaring menjawab kebutuhan sekolah akibat wabah Covid 19 dimana pembelajaran tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh, yang pastinya guru-guru perlu mendapatkan berbagai materi baru terkait pengelolaan PJJ maupun materi lainnya yang dilakukan secara daring .

Pada tahun 2021 kegiatan Berbaring ini masih terus akan dilanjutnya sampai akhir tahun 2021. Mengawali kegiatan di tahun 2021, telah dilaksanakan kegiatan Berbaring pada hari Selasa, tanggal 26 Januari 2021 dengan materi tentang Pemanfaatan Akun Belajar.id dari Kemdikbud.

Kegiatan Berbaring kali ini belum dipublish untuk umum tetapi prioritas pegawai LPMP DKI Jakarta, tetapi dalam pelaksanaannya hadir pula beberapa guru dan widyaiswara beberapa LPMP. Narasumber pada kegiatan ini adalah Ibu Syamsiah, S.Kom, beliau guru SMPN 95 Jakarta yang sekaligus juga Duta Rumah Belajar 2017 dan Google Master Trainer 2020.

Materi yang dijelaskan narasumber terkait pemanfaatan akun rumah belajar.id yang telah diberikan Kemdikbud kepada pendidik, peserta didik dan tenaga pendidikan. Akun ini diberikan dalam rangka menjamin kelancaran proses pembelajaran, memudahkan pendidik dan peserta didik mengakses layanan pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) meluncurkan Akun Pembelajaran dengan domain belajar.id. Akun elektronik tersebut dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik.

Narasumber menjelaskan secara detail tentang perbedaan akun belajar.id dibanding akun google pribadi. Akun belajar.id merupakan akun google suite education yang memiliki keunggulan dibanding akun personal, diantaranya kapasitas memori tanpa batas, fitur-firurnya lebih canggih seperti google chat dan kapasitas google calssroom dan meet lebih banyak serta aman serta terintegrasi.

      

Sealnjutnya juga dijelaskan pengelolaan gmail supaya lebih teratur dan pembuatan bahan ajar dengan google slide. Google slide bisa dimanfaatkan guru untuk membuat bahan ajar secara online yang dibuat secara mudah dan memungkinkan guru dan siswa untuk bisa berkolarorasi sehingga pembelajaran menjadi lebih interaktif selama PJJ. Selain itu google slide juga bisa memungkinkan untuk terhubung kepada rekan kerja untuk memberika komentar terhadap paparan yang dibuat sehingga bisa ada masukan yang diberikan dari orang lain. Sebagai pengayaan narasumber juga memberikan tambahan informasi cara membuat desain google slide yang lebih menarik dengan menggunakan https://slidesmania.com/.

Peserta kegiatan sebanyak 39 orang yang juga diajak terlibat berkolaborasi dalam mengisi google slide dan mereka cukup antusias dalam mengikuti kegiatan, begitu juga dalam mencoba menggunakan desain menarik dengan slidesmania. Semoga kegiatan Berbaring perdana di tahun 2021 ini bermanfaat dan dapat diimplementasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..