Belajar Bersama dalam Jaringan (BerBaRing): “Literasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh”
Oktora Melansari, S.Sos, MA

Paradigma pendidikan saat ini memasuki era Revolusi Industri 4.0 menuntut kita untuk selalu bergerak maju dan memiliki kemampuan literasi yang mampu menjawab tantangan dunia. Episode Belajar Bersama dalam Jaringan (BerBaRing), Jumat 13 Agustus 2021 mengangkat tema “Literasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh” dengan menampilkan duet Widyaprada LPMP Provinsi DKI Jakarta yaitu: Susiah Budiarti, M.Pd sebagai narasumber dan Rahmah Kurniawati, S.Kom, MT.

 

       

 

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh lebih dari 380 peserta tidak hanya dari Provinsi DKI Jakarta tetapi juga berbagai daerah seperti Papua, Jawa Tengah, Sulawesi, Bengkulu, Jawa Timur, Sumatera Barat, dan lain-lain. Pada paparannya narasumber menyampaikan tujuan tema BerBaRing kali ini antara lain untuk menjelaskan macam-macam literasi, memahami prinsip-prinsip pelaksanaan literasi, strategi dan pelaksanaan kegiatan literasi  dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Literasi adalah kecakapan fundamental yang membekali peserta didik dengan kemampuan memilih, menganalisis informasi dengan kritis serta menggunakannya untuk mengambil keputusan dalam kehidupan. Peserta didik dengan literasi baik akan memiliki kemampuan dalam menarik logika, memaknai sesuatu yang tersurat dan tersirat dari bacaan, tayangan dan situasi kondisi di sekelilingnya.

Strategi Literasi adalah strategi untuk memahami teks melalui kegiatan:

  • Menghubungkan teks dengan pengetahuan, pengalaman atau teks yang lain.
  • Membuat inferensi atau prediksi tentang teks.
  • Merumuskan pertanyaan.
  • Memvisualisasikan pemahaman tentang teks.
  • Mengidentifikasi ide penting/pokok dan pendukung.
  • Mengkomunikasikan pemahaman terhadap teks.

 

        

Pandemi menjadi tantangan baru bagi sekolah. Belum semua guru memiliki keterampilan dan literasi digital yang memadai dalam menggunakan media PJJ. Melalui Berbaring kali ini guru diajak saling berdiskusi dan bertukar pengalaman dalam melaksanakan penguatan literasi selama pembelajaran daring yang selama ini dilakukan.

Berlari pergi ke pasar

Beli semangka tanpa biji

Kalaulah kita ingin pintar

Janganlah lupa berliterasi

(Susiah Budiarti)

Bagi yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan ini, tetap dapat menyimak topik BeBaRing tersebut di kanal YouTube Official LPMP DKI melalui tautan: https://bit.ly/BeBaRingLiterasidalamPJJ.

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..