Belajar Bersama dalam Jaringan (Berbaring) “Lingkungan Belajar PAUD Berkualitas”
Oktora Melansari, S.Sos, MA

Pembelajaran berkualitas pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bukan sekedar fokus pada calistung (baca, tulis, hitung) di sekolah yang bagus, megah, dan mahal, namun sejatinya belajar melalui bermain yang aman dan menyenangkan bagi anak.  Belajar Bersama dalam Jaringan (BerBaRing) LPMP Provinsi DKI Jakarta pada Jumat 5 November 2021 mengangkat tema “Bagaimana Mewujudkan Lingkungan Belajar PAUD Berkualitas” dengan menampilkan narasumber Hartatik, M.Pd, Pengawas TK Sudindik Wilayah 1 Jakarta Selatan, dan dipandu moderator Dr. Didang Setiawan (Widyaprada Ahli Madya LPMP Provinsi DKI Jakarta).

Pada kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai wilayah secara daring, dijelaskan bahwa PAUD Berkualitas ditentukan dari kualitas layanannya, bukan dari kondisi sarana prasarana dan kelengkapan fasilitasnya. Sarana prasarana adalah pendukung dalam memastikan lingkungan belajar di satuan PAUD aman dan nyaman bagi anak peserta didik dan mampu memfasilitasi anak agar berkembang dengan utuh.

Narasumber menjelaskan bahwa Konsep Layanan PAUD-HI adalah kondisi agar AUD mendapatkan layanan yang holistik dan terintegrasi di Lembaga.  Konsep PAUD-HI menegaskan bahwa pengembangan anak usia dini menjadi tanggungjawab bersama satuan PAUD, orang tua, dan Dinas Pendidikan, serta lintas sektoral dan lintas jenjang pemerintahan (pusat, daerah, desa).

PAUD HI terdiri dari tiga bidang utama, yaitu:

  • Pendidikan,
  • Kesehatan dan gizi, serta
  • Pengasuhan, perlindungan, dan kesejahteraan anak usia dini.

Apa Saja Layanan yang Ada di PAUD Berkualitas?

  1. Layanan Proses Pembelajaran yang Baik : Memastikan terjadinya stimulasi  yang mampu meningkatkan  perkembangan anak pada aspek  kognitif, bahasa dan literasi, sosial  emosional, motorik kasar  dan  halus; serta mampu menanamkan  nilai-nilai agama dan budi pekerti  dan perilaku hidup bersih sehat.
  2. Kemitraan dengan orang tua/wali: Kemitraan antara satuan PAUD dengan orangtua/wali menjadi kunci kesinambungan antara kegiatan bermain dan nilai-nilai yang dikenalkan di satuan PAUD dan di rumah.
  3. Pemantauan Pemenuhan Kebutuhan Esensial AUD: Kebutuhan esensial  anak antara lain: perilaku hidup bersih sehat,          pertumbuhan dan perkembangan anak

Selain itu, dibahas pula tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada anak, Peran Bunda PAUD, dan bahasan menarik lainnya, dan dilanjutkan dengan diskusi interaktif yang diikuti secara antusias oleh para peserta. Di penghujung acara, narasumber menegaskan bahwa pada prinsipnya pembelajaran harus berpusat pada anak, bagaimana anak merasa aman dan nyaman dalam belajar, sehingga kelak mereka akan menjadi pribadi mandiri dan sukses di bidangnya.

Ikuti kegiatan ini selengkapnya melalui kanal Youtube Official LPMP DKI Jakarta pada link: https://bit.ly/LingkunganBelajarPaudBerkualitas

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..