Belajar Bersama dalam Jaringan (BerBaRing) “Efektifitas Vaksin Lindungi Siswa dari Covid-19”
Oktora Melansari, S.Sos, MA

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi virus yang menggemparkan dunia, salah satunya adalah dengan cara pemberian vaksin. Namun kemudian berkembang banyak polemik di masyarakat terkait efektifitas vaksin, amankah vaksin untuk anak, dan lain-lain. Tema Belajar Bersama dalam Jaringan pada Jumat, 25 Maret 2022 berjudul “Efektifitas Vaksin Lindungi Siswa dari Covid-19” dengan menghadirkan narasumber ahli Dr. Abdul Haris Triprasetyo, Sp.PD (Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet), dipandu moderator Dr. Rita Kumalasari, Sp. KFR (Dokter Klinik Mitra LPMP Provinsi DKI Jakarta), membahas dengan tuntas dan jelas seputar Pentingnya Vaksinasi untuk mencegah penularan penyakit menular, Herd Immunity, Vaksinasi COVID-19 untuk mengendalikan penularan COVID-19, dan Prioritas, Pelaksanaan terhadap Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yaitu efek samping vaksinasi.

Kegiatan yang berlangsung secara daring via zoom meeting dan live streaming Youtube ini diikuti oleh ratusan peserta berasal dari berbagai daerah, mulai dari Aceh, Bangka Belitung, Medan, sampai dengan Papua, dan tentunya dari wilayah DKI Jakarta.

Dr. Abdul Haris dengan sangat detail menyampaikan segala hal terkait vaksinasi dan COVID -19.  Beliau menjelaskan bahwa vaksin adalah produk biologis yang dapat menghasilkan imunitas spesifik untuk penyakit tertentu. Sedangkan vaksinasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh untuk menghasilkan imunitas spesifik untuk penyakit tertentu.

Imunisasi adalah proses yang menyebabkan seseorang menjadi imun sehingga tercegah dari penyakit melalui vaksinasi. Istilah vaksinasi dan imunisasi sering dipakai secara bergantian. Beliau juga menjelaskan tentang virus original dan virus sintetis.

Vaksinasi meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu antigen (virus, kuman) dengan cara memberikan antigen tersebut, sehingga apabila terpapar dengan antigen yang sama sudah mempunyai zat kekebalan spesifik. Tujuannya adalah untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada seseorang, masyarakat/populasi, bahkan melenyapkan penyakit tertentu dari dunia.

Manfaat vaksinasi antara lain dapat mencegah penularan penyakit menular. Eradikasi penyakit menular (variola), dan mengendalikan penularan penyakit (polio, morbili).

Selanjutnya narasumber menyampaikan bahwa persiapan yang harus dilakukan pada orang yang akan divaksin yaitu:

1) Penapisan orang yang akan divaksin

2) Riwayat vaksin asli sebelumnya

3) Penulisan kontra indikasi dan perhatian khusus

4) Komunikasi keamanan imunisasi

5) Persiapan anafilaksis, posisi dan kenyamanan pasien

6) Pengendalian nyeri dan infeksi, dan

7) Antisipasi KIPI.

Dr. Rita selaku moderator yang juga dokter spesialis rehabilitasi medis menambahkan informasi terkait  penyembuhan covid pada pasien dengan gangguan paru. Latihan rehabilitasi paru di antaranya dengan menggunakan modalitas panas, sumber panas yang berasal dari sinar inframerah dari matahari, fungsinya untuk melebarkan pembuluh darah, otot-otot menjadi relaksasi, dengan merentangkan tangan, kemudian lakukan deep breathing, tarik nafas dalam-dalam, kemudian hembuskan napas perlahan.

Dari materi yang disampaikan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa:

1). Untuk mencegah penanggulangan COVID-19 di Indonesia, selain upaya protokol kesehatan juga diperlukan vaksin asli COVID-19. 2). Agar dapat memutus  rantai penularan secara menyeluruh perlu dilakukan vaksinasi pada sekitar 70% kelompok sasaran. 3). Vaksinasi COVID -19 dilakukan pada orang sehat atau yang penyakitnya dalam keadaan terkendali. 4). Tenaga kesehatan menjadi panutan masyarakat dan perlu berpartisipasi dalam menjalankan  imunisasi COVID -19.

Seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan antusias terlebih pada saat sesi diskusi, ternyata banyak hal yang dapat kita pelajari dan pahami dari materi ini. Yuuk #SahabatSekolah, ikuti vaksinasi secara lengkap, dan tentunya tetap terapkan Prokes 5M agar kita terhindar dari wabah Covid-19. Kedisiplinan dan kepedulian kita terhadap diri sendiri, lingkungan, dan sesama yang akan membuat kita kuat dan bertahan menghadapi pandemi ini. Salam Sehat, semangaatt…!!

Ikuti secara lengkap melalui kanal Youtube Official LPMP DKI di http://www.youtube.com/watch?v=UnZW9_ifwgk

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..