Analisis Hasil Monitoring dan Evaluasi Asesmen Nasional Tahun 2021 Jenjang Sekolah Dasar

Rangkaian pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) tahun 2021 mulai dari jenjang SMA, SMP sampai jenjang SD telah selesai dilaksanakan. LPMP Provinsi DKI Jakarta sebagai Unit Pelayanan Teknis Kemendikbudristek mempunyai tugas untuk mengawal pelaksanaan AN dengan melakukan monitoring dan evaluasi (monev), dengan sasaran Dinas Pendidikan, Sudin Pendidikan, dan Satuan Pendidikan di Provinsi DKI Jakarta.

Jenjang SD menjadi sasaran monev yang terakhir dilakukan oleh LPMP Provinsi DKI Jakarta, yaitu tanggal 15 s.d 18 November 2021. Sebagai tindak lanjutnya, diselenggarakan kegiatan Analisis Hasil Monitoring AN jenjang SD yang dilaksanakan secara daring pada hari Selasa, tanggal 14 Desember 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi terkait pelaksanaan AN jenjang SD sebagai umpan balik perbaikan pelaksanaan AN di masa mendatang.

Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd membuka secara resmi kegiatan yang dihadiri oleh lima puluh dua peserta yang berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, dan peserta internal LPMP Provinsi DKI Jakarta. Dalam sambutannya disampaikan bahwa “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, menjadi semangat kita bersama untuk selalu melakukan evaluasi”.  Didukung kerja bersama, kolaborasi dari semua pihak terkait, maka pelaksanaan AN jenjang SD dapat terlaksana dengan baik.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari beberapa unsur yang terlibat dalam pelaksanaan AN jenjang SD, yaitu Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, serta LPMP Provinsi DKI Jakarta. Setiap narasumber memaparkan secara panel tentang hasil monev pelaksanaan AN jenjang SD yang telah dilakukan oleh instansi masing-masing. Paparan dari Dinas Pendidikan Provinsi yang disampaikan oleh Nenih Susanti, Koordinator Tim Teknis ANBK SD, menjadi pembuka paparan secara panel. Kemudian dilanjutkan oleh narasumber dari Kanwil Kemenag, Dr. Supadi, M.Pd, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan,  serta terakhir ditutup dengan paparan dari LPMP Provinsi DKI Jakarta yang disampaikan oleh Upi Purnamasari, S.Si, Widyaprada/Koordinator Fungsi Pemetaan Mutu dan Supervisi. Semua paparan narasumber dipandu oleh moderator yang luar biasa, Widyaprada LPMP Provinsi DKI Jakarta, Heni Mulyani, S.Sos, M.Si.

Dalam setiap paparan yang disampaikan oleh ketiga narasumber, disampaikan data dan informasi yang lengkap dan komprehensif tentang pelaksanaan AN jenjang SD maupun MI, kendala, maupun saran-saran perbaikan untuk pelaksanaan AN di masa mendatang. Semua narasumber memberikan laporan bahwa pelaksanaan AN jenjang SD tahun 2021 secara umum telah berjalan dengan baik dan sukses, walaupun kendala teknis maupun non teknis masih terjadi di beberapa satuan pendidikan yang dijadikan sasaran monev. Hal ini menjadi catatan juga bahan masukan bagi Kemendikbudristek, agar pelaksanaan AN di tahun mendatang bisa berjalan lebih baik.

Sesi tanya jawab dan diskusi dimanfaatkan oleh peserta untuk berbagi informasi tentang pelaksanaan AN di masing-masing instansinya. Peserta kegiatan adalah pihak yang terlibat langsung dalam pelaksanaan AN jenjang SD yang berasal dari pejabat Dinas Pendidikan, pengawas sekolah, kepala sekolah, tim teknis yang berasal dari Dinas Pendidikan maupun Kanwil Kemenag, serta dari internal LPMP yang terlibat dalam monev AN SD.

 

Berbagai informasi yang disampaikan peserta tentunya semakin memperkaya data dan informasi terkait pelaksanaan AN jenjang SD di Provinsi DKI Jakarta, sehingga tujuan kegiatan Analisis Hasil Monitoring dan Asesmen Nasional Jenjang SD ini dapat tercapai dengan optimal.

Mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan, Upi Purnamasari S.Si selaku penanggung jawab kegiatan memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi semua peserta yang hadir, dan terlibat aktif memberikan informasi serta masukan bagi perbaikan pelaksanaan AN mendatang. Sukses AN untuk Pendidikan Bermutu.

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..