Analisis Hasil Monev Asesmen Nasional Tahun 2021 Jenjang SMP dan SMA Provinsi DKI Jakarta
Yossi Dewanti, S.Si, M.Pd

Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) di Provinsi DKI Jakarta untuk jenjang SMA telah dilaksanakan pada tanggal 27 s.d 30 September 2021, dan jenjang SMP pada tanggal 4 s.d 7 Oktober 2021.

Dalam rangka mengawal proses pelaksanaan maupun evaluasi pasca pelaksanaan AN, LPMP Provinsi DKI Jakarta sebagai Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, bersama dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan AN. Kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan secara tatap muka dengan pemantauan ke satuan pendidikan secara sampling bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait pelaksanaan AN Tahun 2021, serta memastikan bahwa pelaksanaan AN Tahun 2021 sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbbudristek No. 030/H/PG.00/2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2021. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan AN dilaksanakan oleh LPMP Provinsi DKI Jakarta di 43 titik jenjang SMP, dan 43 titik jenjang SMA.

Menindaklanjuti hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Asesmen Nasional agar dapat memberikan informasi yang bermanfaat, LPMP Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 15 Oktober 2021 melaksanakan kegiatan Analisis Hasil Monitoring dan Evaluasi Asesmen Nasional Tahun 2021 Jenjang SMP dan SMA Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan Analisis Hasil Monitoring dan Evaluasi Asesmen Nasional Tahun 2021 Jenjang SMP dan SMA Provinsi DKI Jakarta ini dibuka oleh Bapak Dr. Agus Ramdhani, M.AP selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, yang dilanjutkan paparan terkait Laporan Pelaksanaan ANBK Tahun 2021 Jenjang SMP dan SMA di Provinsi DKI Jakarta.

Dalam arahannya, beliau mengapresiasi kegiatan analisis ini sebagai bentuk kolaborasi antara LPMP Provinsi DKI Jakarta dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk bersama-sama menyamakan persepsi terkait pelaksanaan AN, sehingga diperoleh informasi tentang hal-hal yang menjadi kendala untuk dicarikan solusi sehingga dapat memperbaiki pelaksanaan AN di masa datang. Namun tetap menjadi prioritas utama adalah kesehatan para peserta didik yang mengikuti AN.

Materi berikutnya adalah pemaparan terkait kendala pelaksanaan AN jenjang SMP dan SMA di Provinsi DKI Jakarta yang disampaikan oleh Plt. Kepala Bidang SMP dan SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Bapak Drs. Putoyo HS, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa pertemuan hari ini banyak memberikan evaluasi kepada tim teknis, sehingga diharapkan pelaksanaan ANBK kedepannya dapat berjalan lebih baik.

Selanjutnya adalah pemaparan oleh Ibu Upi Purnamasari, S.Si. selaku Koordinator Fungsi Pemetaan Mutu dan Supervisi LPMP Provinsi DKI Jakarta terkait analisis hasil monev AN tahun 2021 jenjang SMP dan SMA yang dilakukan LPMP Provinsi DKI Jakarta. Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan bahwa secara umum pelaksanaan Asesmen Nasional tahun 2021 jenjang SMP dan SMA Provinsi DKI Jakarta telah berjalan dengan tertib sesuai POS AN. Meskipun masih terdapat pelanggaran ataupun kendala namun hanya sedikit dan tidak signifikan kejadiannya dibandingkan dengan keberhasilan pelaksanaan AN secara keseluruhan.

 

Materi terakhir adalah pembahasan oleh ibu Mira Josy Moestadi, S.H., M.Si. dari Pusat Asesmen Pendidikan BSKAP Kemdikbudristek. Beliau menyampaikan bahwa dengan beberapa hal yang terjadi serta adanya penjadwalan ulang, hasil pelaksanaan AN di Provinsi DKI Jakarta sudah baik, sesuai harapan. Meskipun ada kendala teknis namun pada saat pelaksanaan relatif lancar.

Kegiatan ini ditutup oleh ibu Upi Purnamasari, S.Si dengan menyampaikan bahwa hasil evaluasi pelaksanaan ANBK terkait kendala teknis, serta masukan-masukan yang diperoleh menjadi catatan berarti sebagai bahan perbaikan pelaksanaan di tahun mendatang. Mengingat hasil AN ini akan menjadi profil dan rapor pendidikan baik di tingkat Kabupaten/Kota ataupun di Provinsi DKI Jakarta, sehingga harus dikawal bersama oleh LPMP Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

 

 

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..