Amunisi Untuk Petugas Pengumpulan Data PMP Tahun 2019

LPMP DKI Jakarta sebagai lembaga penjaminan mutu yang berada di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, mempunyai tugas dan fungsi dalam pembinaan yang sistematis dan terarah untuk peningkatan mutu pendidikan di Provinsi DKI Jakarta. Dalam implementasi program pemetaan mutu Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, LPMP berperan sebagai pelaksana teknis di provinsi untuk mengkoordinasikan kegiatan pemetaan mutu dengan Dinas Pendidikan, sosialisasi program pemetaan mutu ke pengawas sekolah, kepala sekolah, operator sekolah, dan seluruh satuan pendidikan pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK, sehingga bisa memastikan seluruh sekolah melaksanakan program pemetaan mutu yang pengumpulan datanya menggunakan aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan.

Untuk memastikan  seluruh sekolah melakukan pengisian aplikasi PMP dan memiliki rapor mutu tahun 2019 ini maka dilakukan kegiatan pelaksanaan pengumpulan data PMP di 383 titik satuan pendidikan di DKI Jakarta. Kegiatan ini dilakukan sebagai sosialisasi sekaligus penguatan konsep Pemetaan Mutu dan Rapor Mutu pada satuan pendidikan serta membantu mengatasi berbagai kendala yang muncul pada saat pengisian data PMP di sekolah.  Pada tahap Pelaksanaan Pengumpulan Data PMP ini petugas pengumpul data yang terdiri dari para operator Sudin dan operator kecamatan akan melakukan sosialisasi sekaligus pendampingan pengisian aplikasi PMP di satuan pendidikan.

Untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut, pada tanggal 20 September 2019 LPMP DKI Jakarta melaksanakan Pembekalan bagi Petugas Pengumpulan Data PMP tahun 2019. Kegiatan dibuka oleh kepala LPMP, Bapak Salim Somad, S.Kom, M.Pd, yang dalam sambutannya menyampaikan agar pada tahun 2019 ini seluruh sekolah di DKI Jakarta sudah dapat mengisi aplikasi PMP sehingga rapor mutu sekolah yang akan dihasilkan adalah yang sudah valid dan berkualitas.

Walaupun yang menjadi petugas hanya operator, tetapi pada kegiatan ini LPMP pun mengundang Kasatlak dari 44 Kecamatan di DKI Jakarta. Kasatlak diundang dengan tujuan agar adanya pemahaman strategi pelaksanaan pengumpulan datanya serta dapat berkoordinasi dengan operator, pengawas dan sekolah yang ada di wilayahnya untuk pengisian PMP tahun 2019.  Materi yang disampaikan oleh fasilitator LPMP tentang strategi pelaksanaan pengumpulan data diharapkan menjadi amunisi yang lengkap dan jitu untuk pengumpulan data PMP yang dilaksanakan pada tanggal 23 September sd 15 November 2019.

 

Selamat melaksanakan tugas bapak ibu operator….. Semoga langkahmu untuk membuat data pendidikan di DKI Jakarta menjadi ringan dan lancar dengan bekal yang kami sertakan… (DSL)

Daftar petugas dan 383 titik satuan pendidikan klik di sini

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta