Aksi Tanggap Darurat Tsunami Banten

Di penghujung tahun 2018, Indonesia kembali berduka. Aktivitas erupsi gunung Anak Krakatau menyebabkan terjadinya tsunami yang melanda pesisir pantai Banten dan Lampung pada Sabtu malam (22 Desember 2018).  Sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada penyintas bencana tsunami di daerah Banten, LPMP DKI Jakarta melakukan Aksi Tanggap Darurat dari tanggal 28 s.d. 31 Desember 2018.

Pemberangkatan tim pertama dilakukan pada Jumat pagi, 28 Desember 2018. Termasuk di dalam tim relawan, Kepala Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi, Ibu Upi Purnamasari. Diawali dengan silahturrahmi ke LPMP Banten, tim relawan LPMP DKI Jakarta disambut oleh Kepala LPMP Banten, Bapak M. Salim Somad.  Setelah mendapat arahan dari beliau, tim relawan LPMP DKI Jakarta membawa donasi dalam bentuk sandang pangan menuju posko LPMP Banten yang terletak di SDN Labuan 3, dan berkoordinasi dengan tim LPMP Banten dalam pendistribusian donasi. Pada hari pertama ini sebagian bantuan langsung disalurkan ke posko penyintas yang berlokasi di SDN Labuan 6 dan warga di RW 07 Desa Labuan.

Pemberangkatan berikutnya, selain membawa bantuan sandang dan pangan, tim relawan juga membawa makanan siap santap untuk penyintas bencana yang disiapkan oleh Dharma Wanita LPMP DKI Jakarta dan warga Cibubur Garden. Juga bingkisan makanan ringan untuk anak-anak yang dititipkan melalui kampung dongeng (mitra psikososial LPMP Banten) yang berkegiatan di posko penyintas di lapangan futsal Desa Labuan.

Kemudian tim relawan LPMP DKI Jakarta yang diketuai oleh Bapak Harry Praja melanjutkan perjalanan ke kecamatan Sumur, Pandeglang, bersama dengan tim LPMP Banten di bawah komando Bapak Bahdeur. Titik pertama penyerahan bantuan adalah Posko Kp. Cihonje Rt 01/01 Desa Tunggal Jaya, kec. Sumur. Selain menyerahkan keperluan sandang pangan, tim juga membawa makanan siap santap. Selanjutnya tim relawan menuju SDN Tamanjaya 2. Lokasi ini bukan merupakan posko, melainkan sekolah yang terdampak tsunami dengan kerusakan parah, hal ini dikarenakan jarak sekolah dan bibir pantai yang cukup dekat, hanya berjarak 25 meter. Di sini tim bertemu pak Yana selaku Kepala SDN Tamanjaya 2, yang mendeskripsikan kondisi saat tsunami menghantam sekolah. Bantuan yang diberikan diperuntukkan PTK yang bertugas di sekolah ini.

          

Titik berkutnya adalah kediaman Kepala SDN Ujungjaya 2. Sebagian donasi dititipkan kepada beliau untuk didistribusikan ke daerah Tanjung Lame.  Selama kujungan ini, tim relawan juga berinteraksi bermain origami dengan anak-anak warga sekitar. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kp. Cisaat kecamatan Sumur, kabupaten Pandeglang. Donasi diserahkan ke Posko yang didirikan oleh para mahasiswa untuk membantu penyintas bencana. Di sini tim relawan juga sempat menghibur anak-anak warga sekitar dengan bermain origami. Perjalanan tim ini berakhir di Kp. Mesjid Kecamatan Sumur dengan penyerahan bantuan ke posko Rumah KAMMI Peduli Banten.

Tim dua relawan LPMP DKI Jakarta dipimpin oleh Kepala LPMP DKI Jakarta, Bapak Surya Fitri Nurulhuda.  Setelah menyerahkan bantuan sandang dan pangan serta makanan siap santap di posko SDN Labuan 3, perjalanan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan ke posko pesisir, Rt 05/03 Desa Sidamukti Kec. Sukaresmi.  Di sini terdapat 99 KK yang sebagian besar tinggal sangat dekat dengan pantai. Di RT ini, permukiman terbagi 2, ada yang sudah bertanggul batu dan ada yang belum. Di wilayah yang belum ada tanggul pemecah ombak, dari 50 rumah hanya tinggal 2 yang masih berdiri.

Semoga Allah SWT memberi kekuatan kepada saudara-saudara kita yang sedang mendapat cobaan. Dan tidak lupa, terimakasih yang tak terhingga kepada para donatur dan Dharma Wanita LPMP DKI Jakarta yang telah ikut berpartisipasi.

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK